cara-atur-manajemen-waktu-biar-nggak-gampang-stress

Tips Manajemen Waktu Saat Bekerja Biar Nggak Gampang Stress


Apakah diantara kalian pernah mengalami stres karena kewalahan menangani beberapa pekerjaan dalam waktu yang berdekatan? Hal tersebut kerap terjadi pada orang-orang yang tidak mampu mengatur manajemen waktu nya dengan baik. Dengan adanya tips manajemen waktu yang baik, kamu akan mendapatkan banyak sekali manfaat, baik untuk diri sendiri maupun kepada orang lain.

Manfaat Manajemen Waktu

Manajemen waktu dapat meningkatkan kefokusan kamu ketika dalam bekerja, sehingga tidak mengganggu aktivitas-aktivitas lainnya. Selain itu, tips manajemen waktu menjadi salah satu skill penting yang harus dimiliki oleh semua orang, dimana kita harus mampu merencanakan, mengorganisir, dan mengontrol waktu secara efektif dalam aktivitas sehari-hari.

Tips Manajemen Waktu

Manajemen waktu dapat terus kamu kembangkan dan tingkatkan. Maka dari itu, terdapat beberapa cara yang dapat kamu ikuti untuk meningkatkan kemampuan manajemen waktu agar lebih efektif. Tips manajemen waktu yang dapat kamu lakukan diantaranya;

1. Manajemen Waktu dengan Planning To Do List

tips manajemen waktu dengan to do list
unsplash/@kellysikkema

Pertama-tama yang mesti kamu lakukan untuk tips manajemen waktu yang baik adalah membuat daftar rencana pekerjaan-pekerjaan apa saja yang akan dikerjakan. Kamu dapat membuat daftar tersebut secara harian atau mingguan. Yang jelas, tujuan dari dibuatnya daftar rencana pekerjaan ini adalah agar memudahkan kamu untuk mengingat tugas apa yang sudah dikerjakan maupun belum dikerjakan.

Baca Juga: 5 Keunggulan Membuat To-do List, Bentuk Nyata Hargai Waktu

2. Menyusun Skala Prioritas Pekerjaan

Langkah kedua untuk tips manajemen waktu yang baik yaitu menyusun skala prioritas pekerjaan. Kamu dapat menyusun beberapa pekerjaan yang kamu harus lakukan dalam satu hari atau lebih. Lalu, kamu dapat mengurutkan beberapa pekerjaan tersebut berdasarkan 3 kriteria.

Kriteria nya antara lain; jumlah waktu yang dihabiskan untuk mengerjakan pekerjaan tersebut, tingkat kesulitan pengerjaan, dan tingkat kepentingan pekerjaan tersebut. Satu lagi, jika kamu akan melakukan langkah ini, jangan lupa dengan deadline yang telah ditentukan ya!

3. Fokus dan Jangan Menunda-nunda Pekerjaan

Ketika kamu mendapatkan pekerjaan yang jumlahnya banyak, sebisa mungkin untuk langsung mengerjakannya satu-persatu. Jangan sampai kamu menunda pekerjaan tersebut, karena jika kamu terlalu sering menunda pekerjaan maka akan berdampak buruk ke pekerjaan lainnya. Selain itu, bagi kamu yang mengatasi pekerjaan yang banyak dengan multitasking, ada hal yang mesti kamu pertimbangkan nih.

Memang multitasking dapat mempersingkat waktu kerjamu menjadi lebih efisien. Tetapi sisi negatifnya adalah, kamu tidak akan terlihat semakin produktif karena pekerjaan yang kamu kerjakan hasilnya kurang maksimal. Selain itu, kamu akan lebih cepat lelah dan stres karena terlalu sibuk mengerjakan beberapa pekerjaan secara bersamaan.

4. Membuat Target Manajemen Waktu Pribadi

tips manajemen waktu pribadi
unsplash/@goumbik

Agar pekerjaan kamu dapat diselesaikan secara tepat waktu, hal yang harus dilakukan adalah membuat target waktu pribadi pada pekerjaan kamu. Dengan ini, maka kamu akan selalu fokus terhadap apa yang sedang dikerjakan dan hasilnya pun akan maksimal. Tetapi, hal ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang pekerjaannya tidak memiliki deadline yang telah ditentukan oleh atasannya.

Baca Juga: Metode Kanban: Manajemen Pekerjaan dengan Sistem Visual

5. Proaktif dan Inisiatif saat Bekerja

Pada saat bekerja kita diharuskan untuk mampu berkomunikasi dengan banyak orang. Maka dari itu, kemampuan berkomunikasi dengan baik sangat dibutuhkan untuk menunjang kelancaran saat bekerja. Jika kamu dapat membangun relasi yang baik sesama rekan kerja, maka pekerjaan pun akan semakin mudah untuk diselesaikan.

Selain itu sikap inisiatif sangat diperlukan ketika saat bekerja. Contohnya adalah ketika kamu telah menyelesaikan semua pekerjaan dan masih memiliki sisa waktu yang lebih. Kondisinya adalah ketika kamu melihat ada beberapa pekerjaan di kantor yang masih belum selesai, kamu dapat berinisiatif untuk membantu mengerjakannya.

6. Membangun Motivasi untuk Diri Sendiri

Setiap pekerjaan pasti memiliki tantangan dan rintangannya tersendiri, baik itu dari faktor internal maupun eksternal. Dalam menghadapi kedua hal tersebut, kamu mesti memiliki motivasi untuk diri sendiri agar selalu semangat dan tangguh ketika sedang bekerja.

Dengan adanya motivasi di dalam diri kamu, kamu akan lebih semakin produktif saat bekerja. Selain itu, kamu juga semakin bisa mengenali kemampuan diri sendiri dalam bekerja dan dapat mengendalikan batas kemampuan tersebut.

Baca Juga:
Buku Self-improvement: Bacaan Untuk Motivasi Diri
7+ Tanda Demotivasi Kerja yang Perlu Kamu Waspadai

7. Hadapi Semua Tantangan dengan Tenang dan Pasti

Sebesar apapun tekanan yang kamu hadapi ketika saat bekerja, kunci utamanya adalah bersikap tenang dan yakin akan kapasitas diri sendiri. Hadapi semua pekerjaanmu dengan pasti dan jangan terburu-buru, agar waktu yang kamu habiskan untuk bekerja tidak terbuang sia-sia.

8. Meluangkan Waktu untuk Beristirahat

coffee break salah satu cara manajemen waktu yang baik
unsplash/@maltehelmhold

Terakhir dan tidak boleh dilupakan adalah wajib meluangkan waktu untuk beristirahat. Jangan terlalu paksakan diri kamu untuk selalu bekerja secara berlebihan. Istirahat secara teratur dapat meningkatkan kinerja otak dan pikiran menjadi lebih rileks. Secara tidak langsung, produktivitas pun akan semakin meningkat karena kamu memiliki energi yang lebih banyak.

Selain itu, jika kamu merasa suntuk dan ingin mengembalikan semangat bekerja secara sesaat. Kamu boleh melakukan break selama 10-15 menit untuk melakukan stretching, mendengarkan musik, atau hal lainnya yang dapat mengembalikan semangat asalkan selama tidak mengganggu jalannya pekerjaan kamu.

Manajemen waktu yang baik perlu adanya kesadaran dari diri sendiri. Intinya, seberapa besar usaha kamu untuk mengatur dan menjaga perilaku serta gaya hidup secara teratur. Diatas tadi merupakan beberapa cara yang dapat kamu ikuti untuk tips manajemen waktu kamu. Semua cara tersebut memiliki peran pentingnya masing-masing untuk mengefektifkan manajemen waktu kamu, namun semuanya saling berkesinambungan dan saling mendukung satu sama lain.

Jika kamu ingin melengkapi manajemen waktumu dengan pulang kerja tepat waktu, kamu bisa cek artikel tentang manfaat pulang tenggo ya!

Baca Juga: Arti Self-healing dan Cara Terbaik Melakukannya


Scroll to Top