Cara memulai karier lintas jurusan

Cara Memulai Karier Lintas Jurusan ala Eva Fatmawati


Terkadang hidup tidak berjalan sesuai dengan rencanamu. Misalnya, kamu lulus kuliah dari jurusan Teknik, tapi ketika kerja kamu menjadi digital marketer. Apakah itu memungkinkan? Tentu saja, bisa! Fenomena tersebut namanya adalah karier lintas jurusan. Menurut Dream Talent, memilih karier yang berbeda dengan jurusan sudah menjadi hal yang normal saat ini. Bahkan, itu bisa menjadi kesempatan bagus untukmu memperluas wawasan di luar apa yang sudah kamu dapat di kampus. 

Namun, tahukah kamu cara untuk memulai karier lintas jurusan? Karena jika kamu salah mengambil langkah, bukannya mendapat pekerjaan impian, tapi malah rugi. Duh, jangan sampai deh! Ingin tahu bagaimana cara berhasil memulai karier lintas jurusan? Yuk, kenalan dengan Eva Fatmawati dan tips sukses memulai karier lintas jurusannya bareng MinCheck di sini!

Eva Fatmawati, Influencer Cantik Career dan Self-Development

Be A POP Star Webinar DoCheck bersama Eva Fatmawati

Kalau kamu suka mengikuti topik karier di media sosial, pasti sudah gak asing dengan Eva Fatmawati. Saat ini, Eva bekerja sebagai bagian recruitment di Nurosoft Consulting. Dengan pengetahuan dan pengalamannya ini, tidak heran ia mampu menjelaskan dengan baik tentang cara menghadapi interview kerja, produktivitas, dan jurusan kuliah melalui konten di Instagram-nya (@aevafatma).

Belum lama ini, Eva berbagi tips tentang cara memulai karier lintas jurusan untuk para fresh graduates di acara Be A POP Star DoCheck. Webinar ini diadakan oleh DoCheck setiap minggu dan materi yang diberikan sangat bermanfaat untuk perkembangan diri dan produktivitasmu. Nah, di webinar tersebut Eva menyebutkan ada lima tahap untuk memulai karier lintas jurusan, yaitu: menentukan karier yang diinginkan, meningkatkan skill, perluas jaringan sosial, mencari alternatif pilihan karier, dan update informasi. Seperti apa cara penerapannya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

To-Do List Karier Lintas Jurusan ala Eva Fatmawati

Menurut Eva, penyebab orang-orang memilih bekerja di luar jurusannya adalah karena membutuhkan pemasukan, menemukan keahlian baru, menekuni hobi lama, menambah pengalaman, perubahan dunia yang cepat, dan lapangan kerja yang sesuai dengan program studi terbatas. Apakah kamu mengalami beberapa faktor ini? Jika iya, maka inilah saatnya untuk mempertimbangkan karier lintas jurusan. Bagaimana caranya? Yuk, perhatikan to-do list memulai karier lintas jurusan beserta pembahasannya berikut ini!

1. Tetapkan Karier Lintas Jurusan yang Diinginkan

Tentukan profesi yang ingin kamu raih sebelum pindah karier
Tentukan profesi yang ingin kamu raih sebelum pindah karier (Foto oleh Karolina Grabowska/ Pexels)

Sebelum kamu mengambil langkah untuk bekerja di bidang yang berbeda dengan jurusanmu, kamu harus menentukan dulu profesi apa yang kamu inginkan. Jadi, jangan gegabah untuk keluar dari perusahaan lama. Lantas, bagaimana caranya? Dilansir dari Indeed, ada lima cara menemukan karier yang tepat untukmu. Yuk, perhatikan tahapannya berikut ini!

  • Ketahui tujuan karier yang ingin kamu capai.
  • Analisis daftar karier tersebut.
  • Ikuti program magang atau freelance.
  • Jangan kaku! Kamu harus fleksibel.
  • Lakukan evaluasi.

2. Yuk, Tingkatkan Kemampuanmu!

Pelajari skill baru agar siap memulai karier lintas jurusan
Pelajari skill baru agar siap memulai karier lintas jurusan (Foto oleh Artem Podrez/ Pexels)

Jika pekerjaanmu saat ini atau nanti sesuai dengan jurusan kuliahmu, maka kemungkinan besar kamu sudah memiliki skills yang dibutuhkan. Namun, apabila kamu memilih karier lintas jurusan, maka kamu perlu untuk meningkatkan kemampuanmu. Untungnya, sekarang ada banyak pelatihan atau webinar online yang diselenggarakan oleh beberapa perusahaan besar. Jadi, kamu bisa menambah wawasan tanpa harus keluar rumah.

Selain itu, hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuanmu menurut Work It Daily adalah kamu harus mencoba mencari mentor atau seseorang yang bekerja di bidang yang kamu inginkan, berani mengambil tantangan, rajin membaca dan mencoba menyelesaikan masalah sendiri, serta carilah teman lintas jurusan yang dapat membantumu.   

Baca juga: 5 Cara Melatih Interpersonal Skills, Wajib Dicoba!

3. Terus Perluas Jaringan Sosialmu

Yuk, kenalan dengan teman baru!
Yuk, kenalan dengan teman baru! (Foto oleh Alexander Suhorucov/ Pexels)

Tahukah kamu bahwa kesempatan bekerja itu bisa didapat dari teman-temanmu. Oleh karena itu, sangat penting untukmu memperluas jaringan sosial. Selain itu, dilansir dari BetterUp, koneksi yang kamu miliki dapat kamu manfaatkan untuk mendapat ilmu dan nasihat seputar karier. Kedua hal ini bisa menjadi bekalmu menuju kesuksesan! Jika kamu ingin mencoba, kamu bisa mulai dengan LinkedIn untuk menambah jaringan sosial profesional. 

4. Cari Alternatif Pilihan Karier Lintas Jurusan

Mempunyai pilihan karier yang lain akan bagus untukmu
Mempunyai pilihan karier yang lain akan bagus untukmu (Foto oleh Pixabay/ Pexels)

Selalu menyiapkan rencana cadangan adalah strategi yang bagus dari Eva Fatmawati. Karena sebagai manusia, kamu tidak akan tahu tentang masa depan. Oleh sebab itu, kamu harus buat perencanaan karier yang matang dan jangan terlalu fokus pada satu profesi! Kamu juga harus memikirkan pilihan karier lainnya.

Dikutip dari Skillset, membuat dan rajin memperbarui perencanaan karier adalah kunci untuk mendapat karier impian. Bagaimana bisa? Karena strategi yang kamu buat ini dapat membantu menentukan arah kariermu dan mengetahui langkah yang perlu kamu lakukan untuk mencapai tujuan tersebut.

Baca juga: Cara Asik dan Praktis Buat Career Plan, Yuk Dicoba!

5. Jangan Lupa Selalu Update Informasi!

Ingat, perbarui selalu informasi tentang karier lintas jurusan impianmu!
Ingat, perbarui selalu informasi tentang karier lintas jurusan impianmu! (Foto oleh M&W Studios/ Pexels)

Berkat perkembangan teknologi, penyebaran dan pembaruan informasi jadi semakin cepat. Misalnya, perusahaan A membuka lowongan kerja untuk beberapa posisi. Ketika rekruter menyebarkan iklan lowongan tersebut ke media sosial, beberapa menit kemudian kamu akan segera menerima informasi tersebut. Karena itulah, jangan lupa untuk selalu update dengan informasi terkini! Baik itu tentang lowongan pekerjaan maupun pelatihan. Supaya kamu tidak tertinggal dengan yang lain.

Eva menyarankan untuk mencari informasi terbaru melalui media sosial seperti TikTok, Instagram, dan YouTube. Jadi, platform ini tidak hanya untuk hiburan, tapi juga untuk mendapat wawasan baru. Kemudian, menurut Digital Bisa, tempat terbaik untuk mencari kesempatan kerja adalah di Indeed, LinkedIn, JobStreet, Kalibrr, dan UrbanHire.

Demikian cara memulai karier lintas jurusan ala Eva Fatmawati. Sekarang kamu sudah tidak perlu bingung untuk menata karier masa depanmu. Karena semua langkahnya sudah dijabarkan dengan lengkap.

Jika kamu ingin menyimpan to-do list ini di hpmu, MinCheck kasih tahu nih caranya! Kamu tinggal download aplikasi DoCheck di Play Store atau App Store, lalu tinggal klik simpan to-do list Eva Fatmawati di DoCheck. Gampang, ‘kan? Yuk, coba sekarang!  

Baca juga: Ingin Berpindah Karier? Ikuti 5 Tips Ini Agar Berhasil!


Scroll to Top