extrovert-vs-introvert-mana-yang-bisa-public-speaking?

Tips Public Speaking untuk Introvert (Ekstrovert Juga Wajib Tahu!)


Public speaking yang baik tidak hanya bisa dikuasai oleh orang berkepribadian ekstrovert. Kamu yang memiliki kepribadian introvert bisa menguasainya dengan tips public speaking untuk introvert berikut. Apa saja tips public speakingnya? Simak sampai habis ya DoCheckers!

Banyak orang yang berpendapat bahwa kemampuan public speaking hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kepribadian ekstrovert. Bagi mereka, berbicara di depan banyak orang merupakan hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, seorang ekstrovert belum tentu melakukan public speaking dengan baik dan benar.

Introvert Bisa Jago Public Speaking

Bahkan, menurut penelitian yang dilakukan oleh Susan Cain dalam tayangan Why Introverts Make Great Public Speakers, mengungkapkan bahwa seorang introvert ternyata memiliki potensi lebih besar untuk menjadi seorang public speaker yang luar biasa.

Di sisi lain public speaking merupakan salah satu bentuk komunikasi verbal yang pada dasarnya wajib untuk semua orang pahami. Apalagi, di dalam dunia pekerjaan maupun pendidikan, kemampuan public speaking penting dimiliki untuk bisa melakukan aktivitasnya jadi lebih mudah. Seperti yang dikatakan sebelumnya, orang yang memiliki kepribadian ekstrovert belum tentu mampu melakukan public speaking dengan baik.

Salah satu penyebabnya adalah tidak semua orang yang berkepribadian ekstrovert memiliki sikap yang pemberani, cerewet, dan dominan. Banyak diantara mereka yang juga merasa malu saat berbicara di depan banyak umum apalagi saat bertemu orang baru.

Hal tersebut juga sering dialami oleh seorang introvert. Pada kenyataannya dirinya sering mengalami kesulitan di awal saat ingin berbicara di depan umum. Ia juga terkadang memiliki pola pikir dan perasaan yang terancam saat berada di sebuah kerumunan atau sebagai pusat perhatian. Mereka merasa khawatir dengan persepsi dan respon yang tidak diinginkan dari orang lain. Sehingga mereka bersikap tegang dan grogi saat berbicara.

Tapi bukan berarti hal tersebut selamanya terjadi dan tidak ada solusinya. Ada beberapa tips public speaking untuk introvert nih yang bisa kamu lakukan biar kamu nggak grogi lagi saat public speaking. Nah, tips public speaking untuk introvert ini bisa kamu lakukan meskipun kamu memiliki kepribadian ekstrovert biar kamu makin lancar berbicara di depan umum!

Tips Public Speaking untuk Introvert

Berikut tips public speaking untuk introvert yang bisa kamu praktekkan untuk mengasah kemampuan public speaking dengan tujuan menunjang perkembangan pendidikan dan karir. Berikut tips lengkap public speaking untuk introvert.

Baca Juga: Memulai Karir? Coba Belajar Public Speaking – #BeAPOPStarWebinar bersama @kylatif

1. Kuasai Topik yang Kamu Ingin Sampaikan Saat Public Speaking

Hal pertama yang mesti kamu siapkan sebelum berbicara atau presentasi di depan banyak orang adalah menguasai topik dan materi yang ingin kamu sampaikan. Jika kamu sudah menguasai topik yang ingin kamu sampaikan, percayalah kamu tidak akan mengalami kesulitan saat berbicara dan otomatis rasa percaya dirimu juga akan bertambah. Selain itu juga, jika kamu termasuk orang yang sedikit pelupa, kamu bisa membawa catatan kecil berisi poin-poin penting yang ingin kamu sampaikan saat berbicara.

Baca Juga: Public Speaking, Cara Agar Tidak Nervous di Depan Umum

2. Coba untuk Tidak Menatap Langsung Pandangan Mata Audiens

Tips selanjutnya adalah, jika kamu merasa malu dan tegang saat berbicara di depan banyak orang, cobalah untuk tidak menatap langsung pandangan mata audiens. Namun, bukan berarti kamu melihat ke arah yang tidak benar ya, tapi kamu dapat mengarahkan pandangan kamu ke arah dahi atau hidung audiens. Dengan begitu, pandangan kamu akan tertuju pada wajah mereka tanpa harus kontak mata langsung dengan mereka.

Baca Juga: Anxiety dan Cara Mengatasinya melalui Meditasi

3. Berlatih Public Speaking di Depan Cermin

latihan public speaking didepan cermin
unsplash/@carolineveronez

Lalu, agar kemampuan berbicara kamu semakin baik, kamu bisa melakukan latihan berbicara dengan diri sendiri di depan cermin. Manfaat dari latihan ini adalah kamu dapat melatih artikulasi bicara yang kamu ucapkan, melatih ekspresi wajah yang harus ditunjukkan, dan melatih tempo berbicara.

4. Berbicara Perlahan

Cara atau tips public speaking untuk kamu yang introvert adalah berbicara perlahan. Mengapa kamu harus berbicara secara perlahan? Tujuan kamu berbicara perlahan adalah supaya artikulasi kamu terdengar jelas oleh audiens. Jika artikulasi kamu terdengar jelas oleh audiens maka pesan yang ingin kamu sampaikan dapat lebih mudah dipahami dan diterima.

Coba bayangkan jika kamu gugup dan artikulasi bicara kamu terlalu cepat, kalimat yang ingin kamu sampaikan bisa terbata-bata. Audiens menjadi sulit untuk memahami pesan atau poin apa yang ingin kamu sampaikan.

Untuk itu kamu bisa berlatih untuk berbicara dengan intonasi yang tidak terlalu cepat dan artikulasi yang jelas. Jika dalam kamu berbicara seketika gugup atau grogi, cobalah untuk berhenti sejenak, tarik nafas. Baru kemudian melanjutkan pembicaraan. Ketika audiens mudah memahami pesan yang kamu berikan, tentu mereka akan tertarik untuk terus mendengarkan apa yang akan kamu sampaikan.

5. Pegang Bolpoin atau Catatan Kecil

Tips public speaking untuk introvert yang terakhir adalah cobalah untuk memegang suatu benda saat diatas panggung. Mudahnya kamu bisa memegang bolpoin atau catatan kecil. Apa pentingnya memegang benda saat sedang berbicara didepan banyaknya audiens?

Untuk kamu yang masih sering merasa gugup atau grogi, memegang benda akan membuat tangan kamu terasa tidak kosong.

Dengan begitu kamu bisa sedikit mengalihkan pikiran-pikiran negatif yang ada ketika kamu sedang berbicara. Salah satu manfaat kamu memegang catatan adalah kamu bisa melihat poin-poin apa saja yang akan kamu sampaikan. Sehingga kamu tidak keluar dari topik yang sedang dibawakan.

Itulah beberapa tips public speaking untuk introvert. Namun tips public speaking ini tidak hanya terbatas untuk kepribadian introvert, untuk kamu yang memiliki kepribadian ekstrovert, kamu juga bisa menerapkan tips public speaking ini. Karena pada dasarnya berbicara di depan banyak orang bukan suatu hal yang menakutkan, asalkan kamu percaya akan kemampuanmu dan paham tentang apa yang dibicarakan, pasti kamu bisa melakukannya!

Baca Juga: Peran Besar Mendengarkan dalam Public Speaking

Mau tau tips lainnya mengenai public speaking? Jangan lupa untuk join webinar bersama Kiky Latif tanggal 21 Oktober, jam 7 malam live on Zoom! Tunggu apa lagi, daftar di link berikut ya Be A POP Star Webinar.


Terbaru

Kategori

Scroll to Top