fitur docheck

Fitur Kerja Bareng Aplikasi DoCheck, Bantu Tingkatkan Produktivitas!


Aplikasi DoCheck – Di lingkungan sekolah, kamu pasti pernah kan punya kelompok bareng teman atau rekan sekelas? Nah, biasanya ada 1 atau 2 teman kamu yang punya sifat malas dan sedikit berkontribusi untuk mengerjakan tugas kelompok tersebut, sehingga menghambat semua proses pekerjaan. Fenomena ini bisa disebut sebagai social loafing.

Dikutip dari verywellmind.com, social loafing berarti melakukan sedikit usaha/effort saat bekerja kelompok, karena menganggap anggota lain saja yang akan menyelesaikannya. Pemikiran seperti ini akan merugikan kelompok secara keseluruhan, sehingga dibutuhkan pembagian tugas dengan menggunakan tools untuk mengatur masing-masing tugas anggota. Dengan pembagian tugas, maka tiap anggota akan punya target dan tanggung jawab yang harus diselesaikan.

Nah, satu lagi permasalahan saat kerja kelompok atau ada project tertentu yang mengharuskan kerja berkelompok dengan teman/rekan, tapi bingung mau catat progresnya di mana? Terkadang, agar mudah diakses kapan dan di mana saja, kamu pasti butuh tools untuk melihat progres dari tugas tersebut.

Biasanya agar mudah dibawa kemana mana, tools ini harus ada pada handphone masing-masing orang. Nah, kamu bisa banget nih pakai Aplikasi to-do list DoCheck dan pakai fiturnya untuk kerja dan kolaborasi bareng rekan kamu. Jadi, gimana cara pakai Aplikasinya? Biar gak bingung, simak caranya berikut ini, ya.

Kerja Bareng dengan Teman di Fitur “Goals” Aplikasi DoCheck

fitur aplikasi docheck
Tambah rekan di fitur goals

Sebelum membuat goal, pastikan kamu sudah download dan login ke Aplikasi DoCheck, ya. Pada aplikasi ini, kamu bisa menambahkan rekan ke dalam fitur goals dan fitur task. Fitur goals berfungsi untuk mencatat tujuan besar, yang di dalamnya terdapat task kecil lainnya, sebagai pendukung tujuan tersebut. Berikut ini tata cara untuk berkolaborasi/ kerja berkelompok dengan rekan kamu menggunakan fitur goals:

Baca Juga: Fitur “Goals” DoCheck Bisa Bantu Wujudkan Resolusimu!

  1. Pada halaman Beranda, tekan tombol lingkaran hitam dengan tanda (+). Tombol ini berfungsi untuk membuat goal baru. Lalu, tulis judul goal kamu, misalnya “Rekam Album”.
  2. Selanjutnya, untuk deskripsi bisa kamu tulis sesuai dari goal rekam album, misalnya “Rekam album untuk full album yang akan dirilis bulan April”.
  3. Kamu bisa mengaktifkan pilihan publik atau tidak. Jika mode publik, maka goal kamu bisa dilihat semua orang. Tapi kalau tidak publik, hanya rekan yang kamu tambahkan dalam goal yang bisa melihatnya.
  4. Lalu, untuk bisa berkolaborasi dengan teman, kamu bisa menambahkan peserta pada grup/goal. Cari nama akun teman kamu dan tambahkan rekan dengan menekan tanda (+). Tunggu rekan mengkonfirmasi undangan kolaborasi, setelah itu baru bisa melihat task dan progres dari goal yang kamu buat. Kalau goal dirasa rahasia, jangan lupa menonaktifkan pilihan publik.
  5. Kalau kamu berperan sebagai pembuat/owner dari goal tersebut, kamu punya akses penuh terhadap goal tersebut. Tapi, rekan kamu hanya bisa mengedit dan menambahkan task.

Selain bisa digunakan pada fitur goals, fitur kolaborasi/kerja bareng teman ini juga punya beberapa maanfat untuk kamu.

Baca Juga: Aplikasi DoCheck: Makin Produktif dengan Fitur Task

Manfaat Fitur Kerja Bareng di Aplikasi DoCheck

fitur docheck
Photo By Artem Podrez From Pexels

Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan jika menggunakan apikasi DoCheck, antara lain:

  1. Jadwal kegiatan lebih terorganisir.
  2. Kamu akan dapat notifikasi bahwa task harus segera diselesaikan.
  3. Lebih mudah berkolaborasi/bekerja dengan rekan.
  4. Mendapat rekomendasi goals produktif yang bisa coba diterapkan.
  5. Mengurangi prokrastinasi, karena kamu akan terpacu mengerjakan task sesuai dengan tenggat waktunya.
  6. Melatih kedisiplinan.

Baca Juga: Prokrastinasi: Apa, Penyebab, dan Cara untuk Menghindarinya

Nah, itu dia penjelasan dan manfaat dari fitur kerja bareng di Aplikasi DoCheck. Jadi, agar lebih produktif dengan jadwal kegiatan yang terorganisir, jangan lupa download dan gunakan Aplikasi ini, ya. Tidak perlu khawatir, karena Aplikasi ini sudah bisa kamu download di Play Store maupun App Store, GRATIS! Tunggu apa lagi? Yuk, buat to-do list kamu sekarang.


Scroll to Top