ingin-membangun-karir-hingga-sukses?-coba-bikin-to-do-list-ini!

Ingin Membangun Karir Hingga Sukses? Coba To-Do List Ini!


DoCheck Soft Launching – Kamis, 28 Oktober 2021 DoCheck Soft Launching berhasil diselenggarakan dengan penuh antusias. Acara yang bertemakan “Sumpah, Pemuda Itu Penting” berhasil menarik perhatian 2.000 lebih peserta dari berbagai wilayah di Indonesia. Acara ini juga diisi oleh Indra Sugiarto sebagai pemateri yang juga turut menyukseskan acara melalui materi tentang membangun karir menggunakan to-do list yang efektif dan mudah dipahami.

Pria yang akrab disapa Indra ini merupakan lulusan S1 Kimia dan S2 Manajemen Bisnis yang keduanya ia tempuh di Institut Pertanian Bogor. Indra dikenal sebagai salah satu motivator ternama di Indonesia khususnya untuk kalangan anak muda. Selain motivator, ia juga merupakan penulis, influencer, dan CEO dari PT. Inspirasi Masuk Kampus atau yang biasa kita kenal di media sosial yaitu @masukkampus. Selama karirnya, pada Januari 2019 ia telah sukses mengeluarkan 3 buku kategori self improvement yang menjadi best seller diantaranya Teman Berjuang, Tumbuh Dari Luka, dan Berlari Di Tengah Hujan.

Baca juga: Kenal Lebih Dekat bersama Indra Sugiarto, Motivator Panutan Anak Muda!

Bicara soal @masukkampus, Masuk Kampus merupakan ekosistem platform persiapan kuliah terlengkap dan terbesar di Indonesia. Hingga 2021 ini, @masukkampus telah memiliki lebih dari 10 account dukungan seperti @masukkampus_news, @masuk.cpns, @masuk.kedinasan, dan lainnya. Lalu bagaimana sih rahasia Indra Sugiarto dalam membangun karirnya hingga sesukses sekarang? Buat kamu yang nggak sempat ikutan webinarnya kemarin, nih DoCheck rangkum beberapa to-do list penting dari Indra Sugiarto yang bisa kamu jadikan pelajaran kedepannya.

1. First to-do list, Detail and Well Prepared

To-do list pertama yang penting kamu pegang adalah selalu memperhatikan hal-hal sedetail mungkin. Dengan memperhatikan sesuatu secara detail itu artinya kamu memahami dasar atau basic dari apa yang dikerjakan. Contohnya seperti memperbaiki penulisan yang typo. Selain itu, kamu juga penting memiliki sikap well prepared, agar kamu dapat selalu fokus dan siap ketika hendak mengerjakan sesuatu. Contohnya seperti menyiapkan materi meeting dengan baik dan tepat waktu dalam bekerja.

2. Project sebagai Portfolio

Anggaplah setiap project yang diberikan atau yang sedang dikerjakan sebagai portfolio dalam CV kamu. Jangan sampai, kamu menganggap project atau tugas hanya sebagai beban atau rutinitas pekerjaan semata, tetapi kamu bisa ceritakan dalam CV agar lebih impactful ketika melamar di perusahaan lain.

3. Tantangan Baru untuk Tumbuh

Jadikan tantangan yang kamu dapatkan sebagai cara untuk bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik untuk meningkatkan karir. Hadapi tantangan tersebut, jangan takut akan ketidaktahuan-mu, tetapi jadikan hal tersebut sebagai pembelajaran kedepannya. Contohnya kamu belum paham tentang bagaimana cara negosiasi dengan klien, menulis copywriting dengan benar, hal tersebut bisa dikuasai dengan praktik dan latihan secara terus menerus. Hasilnya, kamu akan mendapatkan pengalaman yang lebih banyak dan skill yang dimiliki pun akan semakin terasah.

4. Jadikan Atasan sebagai Mentor

To-do list ke-4 ini sangat penting untuk dilakukan bagi yang baru lulus atau fresh graduate. Ketika pertama kali bekerja, jadikan atasan kamu sebagai mentor yang dapat membimbing kamu. Jadikan ia tempat kamu belajar dan tempat dimana menanyakan ‘kenapa’ dan ‘bagaimana’. Maka dari itu, dengan pengalaman dan ilmu yang dia miliki, ia bisa menjawab segala kebingungan atau ketidaktahuan yang kamu alami ketika bekerja. Selain itu juga, hal ini dapat memperkuat komunikasi dan hubungan antara kamu dan atasan, sehingga kamu dapat semakin nyaman ketika bekerja.

5. Critical Thinking dan Proaktif

Dalam membangun karir, perlu memiliki sikap yang proaktif dan pemikiran yang kritis. Jangan hanya bertanya, tetapi kamu juga harus bisa memberikan solusi atau ide alternatif dalam mengatasi sebuah masalah ketika bekerja. Sikap berpikir kritis dan proaktif ini sangat penting untuk menjaga komunikasi antar rekan kerja dan atasan. Jangan sampai kamu bersikap cuek, pasif, atau apatis terhadap lingkungan kantor.

6. Last to-do list, Integritas

To-do list terakhir yaitu, integritas adalah segalanya, yang artinya kamu harus berkomitmen atas kepercayaan yang telah diberikan. Jika kamu berada di lingkungan pekerjaan yang positif dan sesuai dengan visi dan misi kamu, jagalah kepercayaan yang sudah diberikan. Karena, untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan visi diri sendiri itu tidaklah mudah.

Baca juga: Rumus Produktif Farhan Jijima, Cek To-do Listnya!

Itulah 6 to-do list yang bisa kamu terapkan dalam proses membangun karir agar bisa sukses. Ada satu quotes dari Indra Sugiarto yang dapat memotivasi kamu dalam berkarir yaitu “Putuskanlah untuk mempelajari hal baru setiap hari. Putuskanlah untuk memilih bertumbuh bersama tantangan yang datang. Putuskanlah untuk bertumbuh bersama perusahaan dimanapun kamu berkarir. Karena setiap tahun usia kamu sangatlah berharga dalam berkarir. Kamu tidak akan pernah mengulang usia yang sama”. 

Baca juga: 5 Keunggulan Membuat To-do List, Bentuk Nyata Hargai Waktu.

Jangan lupa pakai aplikasi DoCheck untuk memudahkan kamu membuat to-do list dalam membangun karir kamu! Download sekarang di Play Store, gratis!


Scroll to Top