alasan karyawan resign

Catat Ini Dia Jadwal SNBT 2023, Jangan Sampai Lupa!


Jadwal SNBT 2023 sudah keluar dan pelaksanaanya tinggal menghitung hari. SNBT 2023 ini dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C tahun 2021, 2022, dan 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023). 

UTBK-SNBT merupakan syarat utama untuk mengikuti Seleksi Nasional Berbasis Tes pada PTN Akademik, PTN Vokasi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN). Berikut jadwal SNBT 2023 yang wajib kamu ketahui agar tidak ketinggalan:

Jadwal Penting SNBT 2023

jadwal snbt 2023
Jangan lupa catat jadwal SNBT 2023 (Foto via Freepik)

Pelaksanaan UTBK-SNBT 2023 tinggal sebentar lagi nih, Docheckers. Catat jadwal pelaksanaan UTBK SNBT 2023 berikut ini:

1. Pembuatan Akun SNPMB: 16 Februari ā€“ 03 Maret 2023
2. Sosialisasi UTBK SNBT: 01 Desember 2022 – 14 April 2023
3. Pendaftaran UTBK SNBT: 23 Maret – 14 April 2023
4. Pelaksanaan UTBK Gelombang I: 08 – 14 Mei 2023
5. Pelaksanaan UTBK Gelombang II: 22 – 28 Mei 2023
6. Pengumuman Hasil SNBT: 20 Juni 2023
7. Masa Unduh Sertifikat UTBK: 26 Juni – 31 Juli 2023

*) Seluruh kegiatan pada hari yang sudah ditentukan diakhiri pada pukul 15.00 WIB.

Baca juga: Persiapan Ujian: Eksistensi Ujian dan Cara Menghadapinya

Ketentuan yang Dapat Mengikuti SNBT 2023

Secara umum peserta yang dapat mengikuti SNBT 2023 memiliki ketentuan sebagai berikut:

1. Peserta SNBT hanya diperbolehkan mengikuti UTBK sebanyak satu kali 
2. Hasil UTBK hanya untuk mendaftar pendaftaran SNBT 2023. 
3. SNBT 2023 dilakukan berdasarkan hasil UTBK dan dapat ditambah dengan kriteria lain sesuai dengan ketentuan PTN Akademik, PTN Vokasi, atau PTKIN yang bersangkutan

Syarat Pendaftaran 

Dilansir dari laman Kemendikbud RI, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendaftar SNBT 2023. Jika kamu hendak akan mengikuti SNBT 2023, jangan lupa untuk memperhatikan syarat pendaftaran ini ya:

1. Pendaftar memiliki Akun SNPMB

Pembuatan Akun SNPMB bagi siswa sudah dimulai sejak pada 15 Februari-03 Maret 2023 pada laman Portal SNPMB. Sekolah dan Siswa yang sudah mengikuti uji coba kedua/lanjutan pembuatan Akun SNPMB dan berhasil, tidak perlu membuat akun SNPMB lagi. 

2. Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK)

Jika kamu Warga Negara Indonesia (WNI), kamu bisa cek KTP dan KK untuk melihat Nomor Induk Kependudukan (NIK)

3. Surat Keterangan Masih Siswa

Siswa SMA/MA/SMK/sederajat calon lulusan tahun 2023 harus memiliki Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 atau peserta didik Paket C tahun 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023).

Catatan: Surat Keterangan Siswa Kelas 12 disertai dengan: Foto terbaru (berwarna), stempel/cap sekolah, tanda tangan Kepala Sekolah.

Baca juga: 7 Tips Agar Fokus Saat Ujian, Yuk Coba Terapin!

4. Memiliki Ijazah Jika Sudah Lulus

Siswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2021 dan 2022 atau lulusan Paket C tahun 2021 dan 2022 harus memiliki ijazah dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023). Bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri harus memiliki ijazah yang sudah disetarakan.

5. Peserta yang Tidak Lulus jalur SNBP 2023

Kamu yang tidak lulus jalur SNBP 2023 atau SNMPTN pada tahun 2021, atau 2022 bisa mengikuti SNBT 2023.

6. Sehat

Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

7. Memilki Portofolio untuk Peserta Jurusan Tertentu

Bagi peserta yang memilih program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio. Portofolio adalah hasil karya atau kemampuan kamu sebagai bukti kamu layak untuk mendaftar di jurusan dan PTN yang kamu inginkan. Isi portofolio bisa disesuaikan dengan jurusan yang kamu daftar. Misalnya, jika kamu mendaftar di Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD), maka portofolio yang bisa kamu lampirkan yaitu hasil gambar kamu.

8. Surat Pernyataan bagi Peserta Tuna Netra 

Bagi peserta tuna netra wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra. Hal ini dilakukan agar nanti kamu mendapatkan fasilitator yang akan membantu kamu dalam mengisikan dan membaca soal. Jadi, jangan lupa untuk melampirkannya.

9. Hasil UTBK

Hasil UTBK 2023 hanya berlaku untuk mengikuti SNBT dan penerimaan PTN 2023. Jika hasil UTBK belum menembus PTN impian, hasil UTBK-SNBT ini tidak dapat digunakan lagi untuk syarat penerimaan kampus lain.

Materi UTBK-SNBT 2023

1. Tes Potensi Skolastik (TPS)

TPS mengukur Kemampuan Kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Dalam TPS yang akan diuji adalah Kemampuan Penalaran Umum, Kemampuan Kuantitatif, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaan Matematika Dasar.

2. Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris

Mengukur kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan berbagai jenis teks untuk menyelesaikan masalah dan mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia agar dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat.

3. Penalaran Matematika

Mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta, dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan warga dunia.

Baca juga: Perbedaan Saintek dan Soshum serta Daftar Jurusan Kuliahnya

Tips Agar Tidak Lupa Jadwal SNBT 2023

Lupa adalah sifat alami manusia namun sangat bisa dicegah. Jangan sampai jadwal penting seperti jadwal SNBT 2023 kamu terlupakan karena ini adalah salah satu cara untuk masuk PTN impian. Bayangkan jika lupa, aduh kamu harus menunggu tahun berikutnya untuk daftar dan berkuliah di kampus impian. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu untuk tidak melupakan jadwal penting:

1. Buatlah Daftar Jadwal

Tulislah jadwal dalam sebuah buku catatan atau kalender sehingga kamu dapat melihatnya setiap hari dan mengingat tanggal penting. Jika kamu menulis di buku, tulislah jadwal penting tersebut berurutan sesuai dengan tanggalnya dan pastikan semua tanggalnya sudah sesuai. Namun, jika kamu menulisnya di kalender fisik, jangan lupa untuk melingkari tanggalnya juga.

2. Gunakan Alarm

Kamu bisa atur alarm di smartphone untuk memberitahu kamu tentang jadwal penting. Alarm mempunyai suara yang nyaring, jadi kemungkinan kamu lupa atau terlambat dipastikan resikonya kecil karena alarm akan terus berdering sampai kamu benar-benar mematikannya sendiri.

3. Gunakan Aplikasi To-do List

jadwal snbt 2023
Gunakan aplikasi to-do list agar lebih praktis dan ada pengingatnya dibanding dengan menulisnya (Foto via Freepik)

Kamu bisa menggunakan aplikasi to-do list untuk mengingatkan jadwal pentingmu. Aplikasi to-do list yang bisa kamu gunakan yaitu Docheck karena sangat praktis dan mudah digunakan. Di aplikasi Docheck, kamu bisa membuat jadwal harian dengan memasukkan kegiatan dan deadline-nya. Nanti, setelah waktunya tiba Docheck bantu ingetin. Download aplikasi Docheck di App Store dan Play Store biar kamu ga kelupaan jadwal penting SNBT 2023.

4. Buat Pengingat

Tempelkan pengingat di tempat yang sering kamu lihat seperti di meja belajar, cermin atau di pintu kamar. Kamu bisa memanfaatkan sticky notes untuk menempelkan jadwal tersebut.

5. Buat Kebiasaan

Buatlah kebiasaan untuk melihat jadwal setiap hari pada waktu yang sama, seperti pada pagi hari setelah bangun tidur atau sebelum tidur di malam hari. Letakkan jadwal tersebut di tempat yang strategi satau di handphone kamu, agar selalu terlihat olehmu. Jadi, resiko untuk lupa semakin sedikit.

6. Minta Bantuan

Jika kamu merasa kesulitan mengingat jadwal, mintalah bantuan teman atau keluarga untuk mengingatkan kamu tentang jadwal penting. Berilah mereka catatan kecil mengenai jadwal pentingmu, terutama keluarga di rumah. Hal ini bisa menjadi opsi terakhir untuk jaga-jaga, jikalau kamu tidak bisa melakukan tips di atas.

Penutup

Nah itu dia jadwal SNBT 2023 dari awal pendaftaran sampai pemberitahuan kelulusan. Catat tanggalnya agar kamu tidak lupa dan yang paling penting adalah persiapkan dirimu mulai dari dokumen, materi, kesehatan fisik dan mental, dan sebagai. Gunakan tips di atas juga untuk menghindari lupa dari jadwal-jadwal penting ujian penting masuk PTN kamu kali ini, ya.

Jangan sampai kamu lupa karena jika kamu lupa, kamu harus menunggu sampai tahun depan untuk mengikutinya lagi. Semangat dan semoga berhasil!


Terbaru

Kategori

Scroll to Top