keuntungan wfa

Yuk Cari Tahu Keuntungan WFA, Sistem Kerja yang Lagi Hits!


Saat ini, work from anywhere atau disingkat WFA sedang happening banget. Tidak bisa dipungkiri kalau pandemi Covid-19 selama kurang lebih dua tahun memberi dampak yang besar ke dalam berbagai sektor, salah satunya dari sistem kerja perusahaan. Sistem kerja perusahaan ini pun bermacam-macam, seperti Work From Home, Work From Office, dan yang terbaru adalah Work From Anywhere. Bila dilihat dari berbagai sudut pandang, WFA memiliki keuntungan bagi pekerja. Selain untuk pekerja, WFA juga memberi keuntungan bagi perusahaan.

Dilansir dari Glints, lowongan WFA tumbuh 690,6 % sepanjang Januari 2020-Maret 2022. Hal ini membuktikan bahwa sistem kerja seperti ini banyak diminati. Untuk job seeker dan pekerja, kamu bisa mendapat peluang besar dengan adanya sistem kerja WFA. Sistem kerja ini memungkinkan kamu untuk bekerja dari mana saja. Sebagai contoh, perusahaan yang kamu lamar berada di Jakarta, kamu bisa bekerja di tempat yang lain. Asik banget, kan?

Keuntungan WFA Alias Work From Anywhere

Keuntungan WFA, semuanya serba fleksibel!
Keuntungan WFA, semuanya serba fleksibel! (Foto Anna Shvets via Pexels)

Konon katanya, WFA bisa memberikan fleksibilitas bagi pekerja. Bagi kamu yang tertarik untuk bekerja dari mana saja, bisa banget lamar kerjaan WFA. Yuk intip apa saja keuntungan WFA! MinCheck ulas satu-satu, ya~

WFA Bikin Kamu Lebih Hemat

Dengan adanya WFA, kamu bisa menghemat biaya transportasi karena kamu gak perlu mengeluarkan ongkos untuk pulang-pergi dari rumah atau kosan menuju ke kantor. Selain itu, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya ekstra untuk fasilitas kantor.

Baik dari sisi pekerja dan perusahaan sama-sama untung. Oleh karena itu, sekarang perusahaan berbondong-bondong untuk menerapkan sistem kerja hits yang satu ini. Bukan untuk tren, tapi untuk meminimalisir pengeluaran pekerja dan perusahaan.

Waktu Kerja jadi Fleksibel

Apakah kamu ingin waktu kerja yang fleksibel? WFA jawabannya! Dilansir dari Buffer, 97% responden dalam report mereka mengatakan sangat merekomendasikan WFA karena fleksibilitasnya. Kamu bisa menyesuaikan waktu produktif kamu dan tidak perlu bekerja dari jam 8 pagi hingga 5 sore. Namun, perlu digarisbawahi kalau waktu kerja yang fleksibel tidak boleh menurunkan produktivitas kerjamu, ya!

Seperti bekerja pada umumnya, kamu harus bertanggung jawab terhadap pekerjaanmu. Jangan sampai kerjaan kamu gak selesai-selesai dan malah jadi berantakan. Kalau sudah begini, kamu jadi repot sendiri. Pintar-pintar lah dalam memanajemen waktu.

Menciptakan Work-Life Balance dengan WFA

Siapa yang tidak menginginkan work-life balance? Semua orang pasti mengidam-idamkan hal tersebut. Dengan adanya WFA, kamu gak melulu melihat layar laptop atau handphone. Kamu bisa curi-curi waktu senggangmu untuk sekadar istirahat atau melakukan hal yang kamu suka. Dilansir dari Indeed, WFA dapat menciptakan work-life balance karena fleksibilitas kerjanya. Kamu bisa mengatur sendiri kapan memulai pekerjaan dan mengakhiri waktu kerja.

Sebagai contoh, kamu sudah bekerja selama satu jam. Nah, gak ada salahnya kan untuk take a break lima menit untuk meregangkan otot? Atau kamu bisa menyeduh secangkir kopi untuk beristirahat sejenak. Jangan sampai kerja, kerja, kerja, tipes~

Keuntungan WFA untuk Eksplor Berbagai Course

Kamu gak mau kan kalau ilmu yang kamu punya hanya itu-itu saja? Pastinya kamu ingin karier kamu berkembang dan gak mau stuck di satu tempat. Nah, untuk mengembangkan kariermu, kamu bisa eksplor berbagai course yang kamu minati.

Di sela-sela waktu istirahat, kamu bisa ikuti course untuk menambah skill-mu. Berbeda dengan WFO yang mengharuskan kamu menghabiskan banyak waktu di kantor, waktu senggang ketika WFA bisa digunakan untuk ikut pelatihan, webinar, dan semacamnya. Seru, kan?

Itulah keuntungan kerja WFA yang bisa jadi pertimbangan kamu untuk berkarier. Nah, karena banyaknya job WFA, kamu bisa membuat list pekerjaan WFA yang akan kamu apply. Biar gak kelupaan, kamu bisa simpan list pekerjaan tersebut di aplikasi DoCheck. Yuk download aplikasi DoCheck di Play Store dan App Store secara gratis! Mari sama-sama jadi pribadi yang produktif, potensial, dan berkembang bersama DoCheck.

Baca juga: Passion dalam Bekerja, Bagaimana Cara Menemukannya?


Scroll to Top