manfaat dari hobi mendengarkan musik

Hobi Mendengarkan Musik? Ini Loh Manfaatnya Untukmu!


Ketika kamu sedang sedih atau gembira, mendengarkan musik memang enak, ya! Karena ada banyak lagu-lagu yang dapat mewakilkan persaanmu. Contohnya, saat kamu galau, kamu mendengarkan lagu dari Tulus. Sedangkan, ketika gembira, kamu menyanyikan lagu “Happy” dari Pharrel Williams. Pengalaman seperti ini, tidak bisa digantikan dengan aktivitas yang lain. Oleh sebab itu, banyak orang yang memiliki hobi mendengarkan musik.

Selain itu, dilansir dari Hello Sehat, hobi mendengarkan musik memiliki segudang manfaat untukmu. Di antaranya adalah musik membantu perkembangan otak, berpikir kreatif, belajar bahasa baru, dan mengingatkanmu dengan memori yang lama. Wah, ternyata hobi ini berguna sekali untuk otak ya! Penasaran dengan bagaimana otak merespon musik dan manfaat lainnya? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Bagaimana Otak Merespon Musik?

Respon otak terhadap musik
Respon otak terhadap musik (Foto oleh MART PRODUCTION/ Pexels)

Dikutip dari Harvard Health Publishing, ketika kamu mendengarkan musik, suara tersebut mengaktifkan beberapa bagian jaringan otak. Tidak hanya bagian auditori, tapi juga emosi, memori, dan sistem motorik. Semuanya bekerja secara bersamaan dan selaras. Oleh karena itu, badanmu akan bergoyang saat mendengarkan musik. Hebatnya lagi, University of Central Florida menyatakan efek musik pada pasien yang terkena penyakit alzheimer sangat luar biasa.

Saat pasien tersebut didengarkan lagu kesukaan mereka, memori yang sempat terpendam kembali muncul lagi. Efek tersebut berlangsung selama 10 menit, bahkan ketika musiknya berhenti pun pasien tersebut masih bisa mengingat kenangan lama mereka. Hal ini terbukti dari hasil MRI (Magnetic Resonance Imaging) yang menunjukkan beberapa bagian otak terlihat aktif ketika mendengarkan musik.

Jenis Lagu yang Baik Untuk Otak

Hobi mendengarkan musik klasik baik untuk otakmu
Hobi mendengarkan musik klasik baik untuk otakmu (Foto oleh Pixabay/ Pexels)

Seperti yang kamu tahu, musik memiliki beragam genre. Mulai dari klasik, pop, rock, jazz, dan masih banyak lagi. Namun, kamu tahu gak musik seperti apa yang bagus untuk otakmu? Menurut Vaughn College, musik klasik seperti Mozart dan Bach dapat meningkatkan kinerja otak dan membantumu belajar matematika. Kok bisa sih? Beberapa penelitian menunjukkan ketika kamu mendengarkan lagu Bach yang memiliki 60 beats per menit, efek yang kamu rasakan adalah stres berkurang dan meningkatkan rasa relaksasi pada dirimu. Jadi, kamu dapat berpikir dengan baik dan menyelesaikan tugas dengan cepat. Sedangkan, pada lagu Mozart, otak akan mengalami peningkatan pada bagian spasial, sehingga memudahkanmu untuk menyelesaikan masalah logis. Hebat banget, ya!

Manfaat Hobi Mendengarkan Musik

Setelah kamu mengetahui respon otak terhadap musik dan hasil penelitiannya, kamu pasti semakin penasaran ‘kan? Manfaat lain yang akan kamu dapat dari mendengarkan musik. Nah, berikut ini MinCheck kumpulkan efek positif hobi mendengarkan musik. Ayo, simak baik-baik!

1. Hobi Mendengarkan Musik Memperkuat Ingatan

Daya ingat meningkat dengan mendengarkan lagu favorit
Daya ingat meningkat dengan mendengarkan lagu favorit (Foto oleh Dominika Roseclay/ Pexels)

Dilansir dari Children Music Workshop, beberapa peneliti menyatakan bahwa musik dapat membantumu untuk mengingat kembali informasi dengan baik. Namun, itu tergantung pada jenis musik yang kamu dengarkan. Apa maksudnya? Jadi, pada sebuah penelitian partisipan diminta untuk mengingat huruf bahasa Jepang. Partisipan yang sudah biasa dengan musik dapat mengingat huruf-huruf tersebut ketika mendengarkan musik yang netral. Kemudian, saat diberikan ujian memori, mereka bisa menjawab soal dengan lancar ketika mendengarkan musik yang ceria.

2. Ingin Bebas Stres? Coba Dengarkan Musik!

Lebih bahagia dengan hobi mendengarkan musik
Lebih bahagia dengan hobi mendengarkan musik (Foto oleh Tirachard Kumtanom/ Pexels)

Urusan pekerjaan dan tugas sering kali membuat pusing dan stres. Meskipun demikian, kamu jangan khawatir! Dikutip dari SehatQ, musik dapat membantu menghilangkan stres yang membebani pikiran. Bagaimana bisa? Jadi, alunan suara yang masuk ke telingamu akan diantarkan oleh tubuh sebagai rangsangan otak untuk melepaskan senyawa dopamine (zat kimia yang membuatmu gembira). Oleh karena itu, banyak terapis yang menyarankan untuk mendegarkan musik saat kamu dilanda stres.

3. Hobi Mendengarkan Musik Dapat Bantu Dietmu

Sukses diet dengan musik, mau coba?
Sukses diet dengan musik, mau coba? (Foto oleh Total Shape/ Pexels)

Siapa sih yang gak mau memiliki tubuh ideal? Semua orang pasti ingin! Namun, proses untuk mendapatkan tubuh yang diinginkan sangatlah sulit. Banyak orang melakukan berbagai macam diet, tapi tetap saja tidak berhasil. Lantas, apa yang harus dilakukan? Menurut North Shore University Health System, solusi dari masalah ini adalah hobi mendengarkan musik dengan lampu redup. Kok bisa? Jadi, kondisi makan tersebut dapat membuatmu menyantap makanan dengan perlahan dan akhirnya merasa kenyang dengan cepat. Dengan begitu, makanan yang kamu konsumsi pun menjadi sedikit.

4. Awet Muda dengan Musik!

Tunda penuaan otak dengan hobi mendengarkan musik
Tunda penuaan otak dengan hobi mendengarkan musik (Foto oleh Andrea Piacquadio/ Pexels)

Kamu pasti terkejut saat membaca judul di atas yang menyatakan “musik dapat membuat awet muda”. Fakta ini benar adanya, loh! Dilansir dari Prime Women, musik dapat mengaktifkan jaringan-jaringan pada otak seperti sistem motorik, pusat kreativitas, bahasa, dan memori. Dengan aktifnya jaringan tersebut, otakmu akan terus bertumbuh dan awet muda. Contohnya, kamu jadi tidak mudah lupa, lebih kreatif, dan mampu berpikir secara logis dengan baik. Meskipun usia tubuhmu sudah tidak muda lagi. Wow, keren banget ya!

Itu dia serba-serbi hobi mendengarkan musik. Mulai dari bagaimana otak merespon musik, rekomendasi lagu yang bagus untuk otak, dan manfaat lainnya dari musik. Sekarang, kamu tidak akan anggap remeh hobi yang satu ini.

Jika kamu ingin mencoba menjadi musisi atau belajar bermain instrumen musik, MinCheck punya rekomendasi aplikasi yang bisa bantu kamu loh! Nama aplikasinya adalah DoCheck. Di sini, kamu bisa menemukan to-do list bermain alat musik dan membangun studio. Wah, lengkap banget ya! Jadi, tunggu apalagi? Yuk, download DoCheck sekarang di Play Store dan App Store!

Baca juga: Hobi Bermanfaat yang Bikin Kamu Lebih Cerdas!


Scroll to Top