mau-lancar-public-speaking?-pastikan-dulu-to-do-list-ini!

Mau Melatih Public Speaking? Pastikan Dulu To Do List Ini!


Be A POP Star Webinar – Kamis, 21 Oktober 2021 Be A POP Star Webinar DoCheck berhasil diselenggarakan dengan penuh antusias. Webinar dengan tema “Belajar Public Speaking untuk Memulai Karir” berhasil menarik perhatian 600 lebih peserta dari berbagai wilayah di Indonesia. Sebagai pemateri, Rizky Fauzi Latif juga turut menyukseskan acara melalui materi public speaking-nya yang menarik dan mudah dipahami.

DoCheck meeting zoom

Yuk, Kenal Lebih Dekat dengan Kylatif

Pria yang akrab disapa Kiky ini banyak dikenal publik sebagai seorang konten kreator dengan nama @kylatif. Di media sosial, Kylatif banyak memberikan tips dan trik seputar komunikasi. Selain itu, dirinya juga aktif menjadi mentor komunikasi, mengelola komunitas public speaking, menulis buku, dan menjadi seorang programmer. Bagaimana ya caranya seorang programmer bisa begitu aktif terjun dalam dunia public speaking?   

Tentunya Be A POP Star Webinar tidak melewatkan hal tersebut. Melalui kegiatan ini, Kylatif memberikan berbagai tips dan langkah-langkah untuk bisa berkembang melalui public speaking. Kiky menegaskan bahwa keterampilan ini sangat penting bagi setiap lapisan masyarakat, apapun profesinya, untuk bisa berkembang. Penasaran? Berikut ini To Do List ala Kylatif yang bisa kamu jadikan panduan untuk mengasah kemampuan public speaking milikmu.

Baca Juga: Mengenal Kiky Latif: Eksplorasi Pengalaman melalui Public Speaking

To Do List Melatih Public Speaking ala Kylatif

1. Self Awareness

https://www.amazon.com/Insight-Power-Self-Awareness-Self-Deluded-World/dp/1509839623

Hal pertama yang bisa kamu lakukan ternyata tidak muluk-muluk tapi merupakan landasan yang sangat mendasar. Ya, mengenali diri sendiri. Artinya, ini melibatkan pemahamanmu atas potensi, kelebihan dan kekurangan, serta pola pikir dirimu sendiri. Perlu kamu perhatikan bahwa memperbarui mindset menjadi growth mindset adalah penting. Kamu harus yakin bahwa selama berusaha, kamu pasti akan mampu berkembang. Dalam upaya mengenali diri sendiri, DoCheck merekomendasikan kamu untuk membaca buku The Power of Self-Awareness in a Self-Deluded World karya Tasha Eurich.

2. Bank of Knowledge

https://kylatif.com/ebook

Jangan sia-siakan waktumu dengan terlalu banyak melakukan kegiatan yang tidak bermanfaat. Mulai sekarang, perluas ilmu dan wawasan melalui kegiatan yang beragam. Checklist ini akan lebih mudah dilakukan apabila kamu sudah mengenali diri. Jika kamu sudah paham dengan hobi dan passion yang dimiliki, nantinya akan lebih mudah memutuskan kegiatan menyenangkan apa yang bisa membuatmu berkembang. Misalnya dengan membaca, menonton, berdiskusi, dan apa saja agar membuatmu lebih berwawasan. Tidak lupa, DoCheck memberikan rekomendasi ebook Seni Bicara Teratur karya Kylatif untuk menunjang poin ini.

Baca Juga: Memperlancar Public Speaking dengan To-do List ala Kylatif

3. Learn The Techniques

Selanjutnya, tingkatkan potensi dan kemampuan kamu dalam berbicara di depan umum adalah dengan mempelajari teknik-tekniknya. Seperti ikut komunitas, kursus, belajar dari yang expert, dan lain sebagainya. Hal ini cukup penting yang tujuannya untuk mengarahkan kamu dalam menyampaikan tutur kata dan materi yang baik dan juga menarik. 

Selain itu, teknik public speaking juga mengajari kamu untuk dapat merespon audiens dengan baik serta menjawab pertanyaan dari audiens dengan jelas. Lalu, kamu juga dapat mengetahui kondisi pada saat berbicara apakah kondusif atau tidak kondusif. Sehingga nantinya kamu dapat menemukan solusi untuk dapat mengembalikan kekondusifan acara. Satu catatan penting adalah sebanyak apapun ilmu public speaking yang kamu pelajari tapi tidak paham teknik praktisnya maka kemampuan kamu tidak akan berkembang. Sebagai penunjangnya, DoCheck merekomendasikan Toastmasters (https://www.toastmasters.org/) untuk membantumu lebih paham tentang teknik-teknik public speaking.

Baca Juga: Public Speaking, Cara Agar Tidak Nervous di Depan Umum

4. Practice Makes Perfect

Setelah kamu menerapkan to do list dari poin 1 sampai 3 tadi, hal yang tidak boleh kamu lewatkan adalah mempraktikkannya. Ambil kesempatan-kesempatan yang ada untuk dapat dijadikan pengalaman kamu dalam berbicara di depan umum. Jadikan kesempatan tersebut sebagai bentuk latihan untuk meningkatkan kualitas berbicara didepan publik kamu. Kunci utama dari public speaking menurut Kylatif ialah 6L (latihan, latihan, latihan, lagi-lagi-latihan). Untuk membantumu dalam praktiknya, DoCheck sarankan kamu untuk rutin menonton TEDx Talks di YouTube ya!

5. Support System

Terakhir, support system yang berfungsi untuk menjadi teman yang selalu mendukungmu dalam kondisi apapun. Ketika kamu disanjung, diapresiasi, dikritik, bahkan jika sampai dihujat, support system ini akan sangat membantu menumbuhkan rasa percaya diri. Selain itu, teman yang baik juga akan memberikan pengaruh positif terhadap kamu sehingga kemampuan kamu dalam public speaking akan terus berkembang. Pandailah untuk memilih teman serta jauhi lingkungan pertemanan  yang menurutmu berdampak negatif terhadap karir kamu.

Itulah 5 to do list penting ala Kylatif yang perlu kamu terapkan untuk bisa mengasah dan meningkatkan kemampuanmu dalam public speaking. Harapannya 5 to do list tersebut dapat membantu kamu agar bisa menjadi seorang public speaker yang handal di bidang yang kamu kuasai ya!

Jangan lupa untuk gabung ke komunitas DoCheck, untuk dapatkan informasi serta pengalaman menarik lainnya!

Baca Juga: Yuk Simak Soft Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja!


Scroll to Top