soft skill dunia kerja

10 Soft Skill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja Supaya Sukses


Masa transisi dari kuliah ke dunia kerja memang bikin mumet. Apakah kamu sedang mengalami yang namanya susah cari kerja? Memang betul, mencari kerja di zaman sekarang gak semudah membalikkan telapak tangan. Selain harus mempunyai hard skill, kamu pun harus mempunyai soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

Dilansir dari Skill Academy, hard skill merupakan skill yang bisa dipelajari dan terukur. Hard skill bisa dilatih dan dibentuk melalui berbagai cara misalnya dengan mengikuti pelatihan khusus, kursus, dan webinar. Contoh hard skill seperti skill desain, marketing, public speaking, kemampuan berbahasa asing, dan kemampuan terukur lainnya.

Apa itu Soft Skill?

Sementara itu, soft skill merupakan kemampuan interpersonal yang dimiliki oleh seseorang. Singkatnya pengertian soft skill adalah kemampuan seseorang yang mencerminkan kemampuan emosional secara mendasar, kesadaran diri dan koseptual. Contoh soft skill dalam dunia kerja seperti kemampuan berkomunikasi dengan baik, kecerdasan emosional, mampu memanajemen waktu dengan baik. Soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja lebih sulit terukur karena bersifat subjektif.

Pengertian Soft Skill Menurut Para Ahli

Biar kamu paham lebih dalam mengenai apa itu soft skill, berikut MinCheck akan berikan pemaparan pengertian soft skill menurut para ahli. Pengertian soft skill menurut para ahli juga berbeda-beda loh DoCheckers. Yuk, simak satu per satu.

  • Pengertian soft skill menurut Aprianto (2014), soft skill merupakan kemampuan sosial untuk berinteraksi dengan orang lain termasuk juga untuk mengelola pekerjaannya.
  • Purwoastuti dan Wayani (2015), soft skill adalah keterampilan perilaku personal dan interpersonal yang membantu untuk mengembangkan kinerja seseorang.
  • Sailah (2008), soft skill merupakan keterampilan seseorang saat melakukan hubungan dengan orang lain. Termasuk mengatur keterampilan dirinya sendiri supaya performa kerjanya dapat berkembang secara maksimal.
  • Putra (2005), pengertian soft skill disini merupakan kemampuan dalam melaksanakan interaksi sosial serta pendidikan kepribadian. Hal ini didapat dari berbagai keterampilan khusus yang dapat membantu untuk meraih kesuksesan.
  • O’Brien (2002), soft skill merupakan keahlian yang terdiri dari enam komponen, termasuk kemampuan komunikasi, organisasi, kepemimpinan, usaha, kerja sama dan etika.

Soft Skill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja

soft skill yang dbutuhkan dalam dunia kerja
Soft skill apa saja yang dibutuhkan di dunia kerja? (Foto Tirachard Kumtanom via Pexels)

Ngomongin soal soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja, MinCheck merangkum list contoh soft skill dalam dunia kerja yang perlu kamu punya supaya dapat membantu suksesnya karir kamu. Simak baik-baik dan baca artikelnya sampai selesai, ya!

Baca Juga: Terampil dengan Soft Skills ala Ananza Prili

1. Attitude, Soft Skill yang Harus Dimiliki

Meksipun kamu punya keahlian yang banyak, tapi rasanya akan percuma kalau kamu tidak memiliki attitude yang baik. Sopan santun merupakan salah satu soft skill dunia kerja yang perlu kamu punya. Kamu harus tahu cara menghormati orang lain, menghargai pendapat orang lain, menyesuaikan tutur kata kepada rekan kerja, atasan, sampai klien.

Sopan santun kadang dianggap sepele, namun sebetulnya sangat krusial. Jangan pernah pelit untuk mengucapkan terima kasih, maaf, dan tolong. Menggunakan tiga kata tersebut menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang memiliki attitude yang baik.

2. Empati, Soft Skill Penting di Dunia Kerja

Dilansir dari Indeed, empati merupakan salah satu soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Mampu membaca situasi dan menghargai perasaan orang lain merupakan soft skill dunia kerja yang perlu kamu punya. Sebetulnya, empati tidak hanya dibutuhkan di dunia kerja, tetapi berlaku untuk seumur hidup.

Dengan berempati, kamu bisa lebih waspada dalam menjaga sikap dan tidak seenaknya kepada orang lain termasuk rekan kerja. Empati juga membantu kamu dalam beradaptasi di lingkungan kerja.

3. Komunikasi

Soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja selanjutnya adalah komunikasi yang baik. Kenapa sih kamu perlu memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik di dunia kerja? Jawabannya simpel, kemampuan berkomunikasi membantu kamu untuk memperlancar kerjasama dengan rekan kerja.

Selain itu, kemampuan berkomunikasi yang baik dapat meminimalisir kesalahpahaman. Dengan begitu, komunikasi dengan tim menjadi lebih baik dan target tercapai.

Baca Juga: Cara Sederhana Meningkatkan Skill Komunikasi

4. Kecerdasan Emosional

Pasti kamu gak asing dengan tes psikologi sebelum masuk ke dunia kerja. Tes ini gak semata-mata dibuat tanpa tujuan. Tes psikologi digunakan untuk mengetahui kecerdasan emosional seseorang.

Dilansir dari Hello Sehat, kecerdasan emosional membantu kamu untuk membuat keputusan dan menyelesaikan masalah dengan baik di dunia kerja. Selain itu, kecerdasan emosional membantumu untuk mampu bekerja di bawah tekanan. Kecerdasan emosional merupakan salah satu contoh soft skill dalam dunia kerja yang penting untuk dikuasai.

5. Positive Thinking

Memang gak selamanya hidup berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Namun, hal ini bukan menjadi alasan untuk berpikiran negatif. Selalu berpikir dan bersikap positif di dunia kerja membuat kamu mendapatkan energi positif dan bisa meningkatkan produktivitas kerja.

Bayangin kalau kamu terus-terusan negative thinking, bukan hanya batinmu yang lelah tapi fisikmu bisa jadi ikutan lelah. Dilansir dari Halodoc, pikiran negatif dapat mengalihkan fokus dan menghabiskan energi sehingga kamu mudah merasa cemas dan tertekan.

6. Inisiatif yang Tinggi

Inisiatif adalah kemampuan melakukan sesuatu tanpa disuruh. Dalam artian, kamu melakukan pekerjaan tanpa harus disuruh terlebih dahulu. Soft skill dunia kerja yang satu ini juga gak kalah penting di dunia kerja. Dilansir dari Youth Employment, inisiatif di dunia kerja dapat membuat kamu berkembang karena memungkinkan kamu untuk memperhatikan hal-hal yang orang lain gak perhatikan.

7. Profesionalisme, Soft Skill Dunia Kerja yang Krusial

Dunia kerja bisa disebut sebagai dunia profesional. Gak ada lagi yang namanya lepas tanggung jawab. Kamu memiliki tanggung jawab penuh atas yang kamu kerjakan. MinCheck mau mengingatkan nih, untuk menjadi profesional kamu tidak boleh mencampur urusan pribadi dengan urusan kerja. Tetap profesional biar hasil kerja maksimal!

8. Problem Solving

Problem solving merupakan contoh soft skill yang harus dimiliki. Problem solving merupakan skill untuk melakukan identifikasi dan analisa sehingga menemukan cara untuk mengatasi suatu masalah yang sedang dihadapi. Pada dasarnya soft skill problem solving ini berkaitan erat dengan kemampuan-kemampuan lain seperti melakukan analisa, research, kreativitas, komunikasi, kerja sama tim, berpikir kritis dan kemampuan untuk mengambil keputusan.

Perusahaan sangat menghargai seseorang yang memiliki soft skill problem solving ini, untuk itu kamu bisa belajar salah satu contoh soft skill yang satu ini. Dengan tujuan kamu akan menjadi kandidat pilihan saat proses recruitment dan saat bekerja, kamu menjadi orang yang begitu dibutuhkan perusahaan.

9. Leadership

Leadership adalah soft skill atau kemampuan yang dapat mempengaruhi, mengarahkan, dan memotivasi orang lain agar dapat menyelesaikan tugas untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Namun, leadership lebih dari mendorong orang lain untuk melakukan suatu tugas. Leadership dalam bisnis bersifat demokratis yang artinya memberikan kesempatan kepada seluruh anggota atau pekerja tanpa terkecuali dan tidak menimbulkan anarki.

Untuk menjadi seseorang yang memiliki soft skill leadership, kamu harus memiliki beberapa sikap ini, yang pertama adalah sikap kebijaksanaan, lalu sikap keberanian, keterampilan sosial, disiplin tingkat tinggi dan kemampuan untuk bersikap dalam pengambilan keputusan. Dengan memiliki kemamuan leadership ini, kamu akan meningkatkan kecerdasan emosional, meningkatkan persona pribadi yang kuat, dan siap untuk menjadi pemimpin didalam tim kerjamu.

10. Kemampuan Adaptasi

Kemampuan beradaptasi menjadi salah satu soft skill yang harus dimiliki untuk menunjang karir kamu, kemampuan ini sangat dibutuhkan supaya dapat menyesuaikan dengan lingkungan baru atau lingkungan yang berubah-ubah. Di dunia kerja, memiliki kemampuan beradaptasi akan membantu kamu untuk cepat menyesuaikan dengan lingkungan perusahaan yang baru, orang atau teman-teman baru, budaya kerja di perusahaan baru hingga sistem kerja perusahaan.

Dengan penyesuaian yang cepat, akan membuat kamu menjadi lebih produktif dalam bekerja dan mengurangi rasa tertekan dari dalam diri sendiri. Kemampuan adaptasi ini tidak hanya dibutuhkan untuk kamu yang baru pindah perusahaan, karena dalam dunia kerja perubahan bisa saja terjadi secara tiba-tiba. Jadi kemampuan beradaptasi menjadi salah satu soft skill yang harus dimiliki ya.

Nah, itu tadi adalah macam-macam soft skill yang dibutuhkan dalam dunia kerja agar karir kamu bisa sukses. Pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan baik sebelum melamar pekerjaan. Hard skill dan soft skill harus balance agar kamu menjadi pribadi yang berkualitas.

Baca juga: 5 Kebiasaan untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Selain itu, jangan pernah bosan untuk mengembangkan diri. Saat ini ada aplikasi DoCheck yang siap membantu kamu dalam mengembangkan diri. Aplikasi DoCheck dilengkapi berbagai template goals dari KOL yang bisa menjadi inspirasi kamu. Tinggal download aplikasinya, terus copy templatenya, deh! Aplikasi DoCheck bisa kamu download di Play Store dan App Store secara gratis. Tunggu apalagi, yuk bikin goalsmu sekarang. Kembangkan potensi dan bakatmu bersama DoCheck!


Scroll to Top