Mengenal Kiky Latif: Eksplorasi Pengalaman melalui Public Speaking

Mengenal Kiky Latif: Eksplorasi Pengalaman melalui Public Speaking


Eksplorasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk mengenali dan memahami suatu keadaan. Sayang sekali jika sebuah pengalaman hanya berlalu tanpa kita tahu ada suatu kualitas yang bisa kita dapatkan. Rizky Fauzi Latif, akrab disapa Kiky atau @kylatif, mengeksplorasi pengalamannya melalui public speaking. Kok bisa ya, maksudnya bagaimana?

Kiky berpendapat bahwa public speaking merupakan sebuah seni berbicara untuk menyampaikan pesan, ide, dan gagasan. Ketika seseorang memiliki segudang ilmu dan pengalaman, public speaking bisa membantunya tumbuh. Pengalaman dan ilmu yang tidak bisa disampaikan dan dibagikan pada orang lain lebih sulit untuk berkembang. Keterampilan berbicara mendorong seseorang untuk mengutarakan idenya sehingga bisa diterima dan diakui oleh orang lain.

Public speaking bukan sebuah kemampuan yang hanya bisa dipelajari oleh orang-orang tertentu. Kiky mengatakan bahwa semua jenis bidang pekerjaan membutuhkan keterampilan ini. Kegiatan ini juga tidak hanya tentang keterampilan berbicara di depan umum, namun bisa berbentuk percakapan sederhana dengan kolega, atasan, atau orang yang baru dikenal.

Eksplorasi Latar Belakang Pendidikan Kiky Latif yang “Gak Public Speaking Banget

Hayooo siapa disini yang masih berpikir bahwa keterampilan ini hanya untuk anak-anak komunikasi? Kita mungkin sering mengidentikkan public speaking dengan jurusan Hubungan Masyarakat atau Jurnalistik. Namun pria kelahiran 1998 ini mampu membuktikan bahwa kenyataannya tidak demikian. Kiky merupakan lulusan program studi Teknik Informatika, School of Computer Science, Universitas Bina Nusantara yang berfokus pada Artificial Intelligence. Sekilas, pendidikan Kiky tidak ada hubungannya dengan komunikasi dan public speaking.

Tapi, jangan salah ya. Kecakapan adalah aspek penting untuk menunjang kemampuan dan karir di masa depan. Bukan tanpa alasan, Kiky kemudian memutuskan untuk mengasah kemampuannya agar bisa mengoptimalkan apa yang telah ia pelajari sebagai sarjana teknik. Selain itu, eksplorasi keterampilan berbicara juga mengantarkannya pada banyak hal seperti yang akan kita bahas berikut ini.

Mengenal Kiky Latif:  Eksplorasi Pengalaman melalui Public Speaking

Baca Juga: Mau Lancar Public Speaking? Pastikan Dulu To Do List Ini!

Eksplorasi Banyak Bidang lewat Public Speaking

Disamping pekerjaannya sebagai seorang programmer, Kiky Latif lebih banyak dikenal sebagai content creator, penulis, dan mentor komunikasi. Hal itu dikarenakan aktivitasnya di Instagram, Youtube, dan Tiktok dalam memberikan konten seputar komunikasi. Kiky juga aktif menulis buku yang berisi tips membangun hubungan dan berbicara dengan percaya diri. Dalam mencapai posisinya yang sekarang, banyak hal yang dilakukan oleh Kiky Latif. Seperti mengikuti kelas public speaking, mempelajari teorinya, berlatih, kemudian mempraktikkannya.

Sering menjadi Guest Speaker di Berbagai Acara

Eksistensi Kiky Latif semakin diakui oleh banyak orang. Melalui kemampuan public speaking, dirinya sering diundang menjadi pembicara dalam berbagai jenis acara. Tema acara yang dihadiri oleh Kylatif biasanya seputar karir, pengembangan diri, pembuatan konten, kreativitas dan produktivitas. Tentunya tema-tema tersebut sejalan dengan manfaat yang dihasilkan dari kemampuan berbicara.

Baca Juga: Peran Besar Mendengarkan dalam Public Speaking

Membentuk Komunitas Muda Speak Up Academy

Usia muda bagi Kiky Latif yang masih 23 tahun bukanlah sebuah hambatan. Ia menyadari keluhan yang sering ditemukan terkait berbicara di depan umum adalah rasa takut dan gugup. Berangkat dari sana, Kiky memutuskan untuk membentuk komunitas yang bernama Muda Speak Up. Disana, Kiky memberikan wadah bagi anak-anak mudah untuk mengekspresikan diri melalui berbicara. Tak hanya mampu berbicara, anggota komunitas juga dituntut untuk mampu mengutarakan pendapat dengan percaya diri.

Menulis Buku seputar Public Speaking

Kegiatan lain yang dibangun atas dasar kemampuan public speaking-nya adalah menulis buku. Saat ini, Kiky telah menerbitkan 4 buah buku dalam format digital. Konten yang ia bawakan melalui bukunya adalah seputar komunikasi dan public speaking. Melalui buku, dirinya lebih mampu menyusun materi yang sebelumnya berusaha disampaikan melalui media sosial. Ini menjadi lebih mengasyikan karena materi lebih sistematis dan pembahasannya jauh lebih detail.

Baca Juga: Public Speaking, Cara Agar Tidak Nervous di Depan Umum

Sudah jelas kan bahwa melalui keterampilan berbicara dan komunikasi ini bisa mengantarkan seseorang pada dunia yang lebih luas. Proses penyampaian gagasan bisa membantu kita untuk lebih dikenal dan diakui kualitasnya oleh orang lain. Meski kamu berpikir kemampuan ini hanya sebagai penunjang, ternyata jika terus menerus diasah maka output-nya bisa jauh melebihi ekspektasi. Seperti yang dialami oleh Kylatif, yang kini dikenal sebagai content creator yang bergerak di bidang public speaking dan komunikasi.

Apakah kamu juga tertarik mengeksplorasi pengalamanmu melalui public speaking? Maka jangan buang-buang waktu lagi dan asah kemampuanmu dari sekarang! Docheck memberikan saran spesial untuk kamu yang ingin belajar langsung bersama @kylatif melalui #BeAPOPStarWebinar. Langsung saja daftar di bit.ly/BeAPOPStar2 sekarang juga. Ikuti juga komunitas Docheck untuk informasi seputar pengembangan diri dan webinar lainnya.

Baca Juga: Tips Public Speaking untuk Introvert (Ekstrovert Juga Wajib Tahu!)


Scroll to Top