produktif selama wfa

Menjaga Produktivitas Selama WFA, Simak Tipsnya!


WFA kini menjadi salah satu sistem kerja yang sedang tren. Beberapa perusahaan menerapkan sistem kerja work from anywhere karena berbagai pertimbangan, seperti keuntungannya bagi perusahaan dan pekerja. Namun yang menjadi PR bagi pekerja, kamu dituntut untuk tetap menjaga produktivitas selama WFA. Kalau kamu gak bisa membagi waktu dengan baik, kamu bisa kewalahan dengan pekerjaanmu.

Kelemahan dari WFA sendiri adalah bisa menurunkan produktivitas kalau kamu gak bisa memanajemen waktu dengan baik. Namun di lain sisi, WFA memberikan keuntungan karena fleksibilitasnya. Kelemahan dan keuntungan dari sistem kerja ini dapat menjadi pertimbangan kariermu. Kira-kira apakah sistem kerja seperti WFA cocok dengan dirimu?

Tips Menjaga Produktivitas Selama WFA

Menjaga produktivitas selama WFA memang nggak semudah yang dibayangkan. Kamu perlu punya keterampilan dalam memanajemen waktu. Kamu perlu mengatur waktu antara pekerjaan dan kehidupan pribadi biar nggak tabrakan. Lalu, gimana sih caranya mengatur waktu biar tetap produktif selama WFA? Sini, MinCheck bagikan tipsnya. Simak baik-baik dan baca artikelnya sampai habis, ya!

1. Buat To-do List Selama WFA Biar Produktivitas Terjaga

Buat to-do list untuk menajaga produktivitas selama WFA.
Buat to-do list untuk menajaga produktivitas selama WFA. (Foto Ivan Samkov via Pexels)

Biar nggak jadi berantakan, kamu perlu membuat to-do list pekerjaan yang akan kamu kerjakan dalam sehari. Pastikan mengurutkan pekerjaan sesuai dengan skala prioritas. Dikutip dari Mind Tools, kamu bisa menempatkan tugas yang paling penting di urutan paling atas, lalu tugas yang paling tidak penting atau tidak urgent di urutan paling bawah. Hal ini untuk mengatur efektivitas kerjamu.

Gunakan aplikasi to-do list agar menjadi lebih simpel. Aplikasi DoCheck bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membuat to-do list harianmu selama WFA. Aplikasi yang satu ini dilengkapi fitur goals, tasks, progress, bahkan reminder agar tidak ada pekerjaan yang terlewat.

2. Disiplin Saat WFA Hukumnya Wajib

Tetap disiplin waktu dan berkomitmen. (Foto Aphiwat chuangchoem via Pexels)

Bagaimana caranya kamu bisa produktif kalau kamu sendiri nggak bisa disiplin? Oleh karena itu, disiplin waktu saat WFA hukumnya wajib! Kamu bisa membuat komitmen untuk tidak terdistraksi dengan urusan pribadi selama WFA. Sebagai contoh, kamu harus menyelesaikan satu desain konten Instagram dalam satu hari. Kamu harus berkomitmen untuk tidak ‘tergiur’ bermain ke luar bersama teman-teman.

Disiplin pada diri sendiri membuatmu menjadi pribadi yang produktif dan bekualitas. Sebetulnya, gak salah kok kalau kamu mau santai atau leha-leha sebentar. Namun, jangan sampai kamu menjadi tidak produktif dan fokus bersenang-senang tanpa hasil.

Baca Juga: Work From Home: Cara Agar Tetap Produktif Sekaligus Menyenangkan

3. Tentukan Ruang Kerja yang Nyaman

Ruang kerja yang nyaman untuk menjaga produktivitas selama WFA.
Ruang kerja yang nyaman untuk menjaga produktivitas selama WFA. (Foto Serpstat via Pexels)

Ruang kerja yang nyaman membuat kamu lebih fokus. Di sinilah letak keistimewaan WFA, kamu bisa eksplor tempat nyaman untuk bekerja selain di rumah atau kantor. Sesuaikan ruang kerja dengan cara kerjamu biar makin nyaman.

Sebagai contoh, kalau kamu adalah pribadi yang gampang terdistraksi, usahakan untuk memilih tempat yang jauh dari keramaian. Alih-alih fokus, keramaian bisa mengganggu kinerja dan produktivitasmu. Namun, kalau kamu suka cara kerja sambil diskusi, bisa banget WFA bareng teman di coffee shop. Bakal seru untuk tukar ide!

4. Sempatkan Waktu untuk Istirahat

Istirahat sejenak karena WFA butuh tenaga!
Istirahat sejenak karena WFA butuh tenaga! (Foto Kaboompics.com via Pexels)

Dilansir dari Indeed, kamu harus menjaga kesehatanmu untuk menjaga produktivitas selama WFA. Bekerja membutuhkan energi dan tubuh yang fit. Sepadat apapun pekerjaanmu, cobalah untuk rileks sejenak dengan melakukan hal yang kamu suka.

Kalau kamu memaksakan bekerja padahal otak kamu sudah terlampau lelah, kamu bisa mengalami yang namanya burnout. Alih-alih pekerjaanmu berkualitas, burnout menyebabkan produktivitasmu menjadi menurun. Duh, jangan sampai, deh!

5. Tahu Batasan dan Kemampuan Diri

Sesekali meet-up bareng rekan kerja untuk tukar ide.
Sesekali meet-up bareng rekan kerja untuk tukar ide. (Foto Christina Morillo via Pexels)

Seperti yang disinggung di atas, kamu tidak perlu memaksakan diri kalau dirasa sudah tidak kuat. Kamu harus tahu batasan waktu dalam merampungkan pekerjaanmu. Kalau tidak begitu urgent, usahakan untuk bekerja sesuai jam kerja. Nah, di sinilah pentingnya membuat to-do list agar semuanya menjadi terstruktur dan gak berantakan.

Selain itu, kalau kamu merasa stuck dengan pekerjaanmu, tidak perlu sungkan untuk meminta bantuan dari rekan kerja meskipun berjauhan. Sesekali meet-up dengan rekan kerja bisa mengurangi kejenuhan juga, lho!

6. Cek Sosmed Seperlunya

Menjaga produktivitas selama WFA dengan scrolling sosmed seperlunya.
Menjaga produktivitas selama WFA dengan scrolling sosmed seperlunya. (Foto Pixabay via Pexels)

Hindari penggunaan sosmed yang berlebihan. Pasalnya, sosial media memberikan efek candu yang membuat kamu ingin selalu mengeceknya lagi dan lagi. Cek sosmedmu seperlunya, misalnya ketika waktu istirahat makan.

Produktif gak melulu harus memantau layar laptop atau komputer untuk bekerja. Namun, menghasilkan sesuatu sesuai dengan rencana. Selama WFA, kamu tetap boleh scrolling sosmed, asal gak berlebihan!

Nah, itulah tips menjaga produktivitas selama WFA. Perlu MinCheck tekankan kalau to-do list itu penting banget selama WFA. Gunakan tools yang simpel seperti DoCheck biar WFA-mu makin lancar. Saatnya ucapkan selamat tinggal pada penggunaan to-do list manual di buku catatan~

Aplikasi DoCheck ini bisa didownload di Play Store dan App Store secara gratis. Kamu gak perlu bayar, tinggal nikmati dan manfaatkan fiturnya. Mantap banget gak siiiiih? Cus download~

Baca juga: Gagal Produktif, Kok Bisa Sih? Yuk Intip Alasannya!


Scroll to Top