metode kaizen

Metode Kaizen: Pengertian dan Cara Menerapkannya


Kaizen merupakan metode yang banyak dipraktikan di berbagai perusahaan. Kaizen berasal dari bahasa jepang yang memiliki makna perbaikan atau perubahan ke arah yang lebih baik.

Apabila kamu tertarik untuk menggunakan metode ini, usahakan kamu dan tim harus kompak dan konsisten menerapkannya. Sebab, kunci kesuksesan metode ini akan berhasil apabila semua elemen sudah melaksanakannya, bukan hanya bergantung pada satu individu.

Penasaran bagaimana cara menerapkan metode kaizen? Ketahui lebih lanjut artikel Docheck ini!

Apa Itu Metode Kaizen?

Melansir dari lucidchart.com, kaizen kerap kali dijadikan model strategi bisnis pada sebuah perusahaan untuk melakukan perubahan mulai dari hal kecil, tetapi dilakukan secara konsisten supaya menjadi lebih baik dalam operasi perusahaan.

Perubahan ini dapat dipraktikan dari langkah-langkah manufaktur hingga produktivitas, inventaris, atau masalah kontrol kualitas.

Menurut Kartalegal, kaizen lebih tepat disebut sebagai budaya perusahaan. Hal tersebut disebabkan kaizen bersumber pada komunikasi dan kerja sama di antara seluruh pihak perusahaan.

Apabila kaizen diterapkan di perusahaan dapat menjadikan proses produksi lebih baik dan teratur.

Ada dua bentuk penerapan dari filosofi kaizen, di antaranya adalah:

1. Perencanaan

Sebagai perencanaan, kaizen membuat kerangka yang bertujuan untuk meningkatkan bagian tertentu pada perusahaan.

Upaya ini akan menjadikan seluruh bagian perusahaan, tetapi fokus dari perencanaan ini ada pada tim product development.

2. Filosofi perusahaan

Kaizen sudah banyak diterapkan untuk culture perusahaan.

Dari metode kaizen kita belajar bahwa semua karyawan secara aktif turut hadir dalam proses kemajuan perusahaan.

Kaizen mengubah keadaan karyawan yang terlibat menjadi lebih baik. Apabila metode ini diterapkan dengan benar, maka akan melengkapi tiga kebutuhan esensial karyawan sebagai berikut :

  • Koneksi dengan organisasi atau perusahaan yang lebih maju.
  • Peluang untuk berpikir kritis dengan cara yang kreatif dan sederhana.
  • Rasa memiliki dan kesadaran selama proses berlangsung.

Keterlibatan yang aktif mempunyai akibat yang baik pada pertumbuhan bisnis dan kesuksesan.

Sudah bisa dibayangkan bukan? Apabila seluruh elemen perusahaan berperan secara aktif pasti dengan mudah perusahaan akan lebih gampang untuk mencapai tujuan.

Kamu masih bingung untuk mengelola SDM di perusahaanmu? Segera terhubung dengan WOOL sekarang juga untuk mendapatkan solusi dari semua kecemasanmu.

WOOL adalah platform untuk membantu perusahaanmu agar memiliki lingkungan yang positif, culture perusahaan yang baik hingga membantu merencanakan tim hebat yang cocok dengan visi misi perusahaanmu.

Cara Menerapkan Filosofi Kaizen

Jangan berkecil hati apabila perusahaan yang kamu kelola belum terlalu besar, sebab kaizen bisa diterapkan mulai dari tim yang berskala kecil.

Ini beberapa bocoran yang bisa kamu terapkan dari filosofi kaizen menurut Lucidchart.

1. Analisis kinerja saat ini

Apabila tim yang kamu pimpin ingin lebih baik, lakukan peninjauan terhadap kinerja timmu saat ini. Kamu dapat memakai performance appraisal sebagai acuan untuk menjalankan analisis.

Kemudian, coba untuk bersikap kritis saat analisis. Sikap tersebut akan berakibat pada perubahan yang berjangka lama.

2. Mulailah dari hal kecil

Apakah kamu pernah mengalami saat akan membuat rancangan, ide yang kamu fokuskan adalah ide yang besar?

Hal tersebut tidak salah, namun alangkah lebih baik apabila kamu memulainya dari hal kecil yang berdampak besar.

Ide sederhana seperti datang ke kantor dan mengerjakan tugas tepat waktu dapat berdampak besar lho DhoChekers.

Mulai semangati timmu untuk terus berubah ke arah yang lebih baik ya.

3. Buatlah lingkungan yang suportif

Untuk mendapatkan performa kerja yang stabil dan bagus. Kamu perlu membuat lingkungan yang suportif dan tidak takut untuk berpendapat.

Hingga mereka merasa nyaman untuk mengeluarkan saran. Beri tim kamu tanggapan yang positif dan feeback yang baik. Sekalipun saran tersebut tidak diterima.

4. Buang ekspektasi untuk menjadi sempurna

Metodologi kaizen bukan tercipta untuk menyempurnakan sistem atau proses, melainkan untuk menjadikan sistem atau proses tersebut agar lebih baik dan sesuai.

Baik ataupun buruk prosesnya selalu ada cara untuk memperbaiki.

5. Akui kesuksesan

Apresiasi keberhasilan pencapaian tanpa peduli seberapa banyak dan sedikitnya.

Apabila kamu mempunyai anggota tim yang sungguh-sungguh menunjang kinerja perusahaan itulah anggota tim yang perlu kamu apresiasi.

6. Coba metode manajemen yang lain

Kaizen adalah metode untuk selalu mencari cara agar terjadi peningkatan. Tetapi apabila cara tersebut kamu rasa kurang efektif,  kamu boleh mencari cara lain.

Penutup

Itulah arti dan cara penerapan metode kaizen sebagai rekomendasi untuk membuat tim atau perussahaanmu lebih baik.

Untuk menciptakan perusahaan dan lingkungan yang nyaman, terlebih dahulu kamu harus menerapkan kira-kira metode apa yang paling cocok untuk perusahaanmu.

Maka dari itu, jangan lupa untuk mengecek performa kerja perusahaan terlebih dahulu.


Terbaru

Kategori

Scroll to Top