Pulang tenggo, why not?

Pulang Tenggo, Definisi dan Manfaatnya


Ada banyak sekali karakter karyawan di dunia kerja, salah satunya si selalu pulang tepat waktu alias tenggo. Istilah ini sendiri berarti teng jam pulang dan go langsung meluncur pulang kerja tepat waktu. Ibaratnya, kamu pulang kerja jam 5 sore, kamu pulang tepat waktu di jam 5 sore. Tapi sayangnya, tak jarang kebiasaan ini mendapat pandangan negatif karena dinilai tidak bekerja keras. Sehingga, karyawan masih malu untuk melakukan hal ini.

Dilansir dari Entrepeneur, bekerja lebih dari jam kerja membuat produktivitasmu menurun. Oleh karena itu working overtime juga gak bagus apabila dilakukan secara berulang. Usut punya usut, pulang tenggo memberi manfaat lho untuk diri kamu. Apa saja sih manfaatnya? Simak ya berikut ini!

Pulang Tenggo Membuat Kamu Lebih Disiplin

Latihan disiplin dengan pulang tenggo.
Latihan disiplin dengan pulang tenggo. (Foto Tima Miroshnichenko via Pexels)

Pulang tenggo ‘memaksa’ dirimu untuk disiplin waktu. Berangkat dan pulang tepat waktu tidak lagi membuat kamu kewalahan karena menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Gak bakal ada lagi kerjaan yang belum selesai, gak ada lagi notif atau digangguin sama rekan kantor kalau kerjaanmu selesai.

Untuk mendisiplinkan diri, kamu bisa membuat to-do list pekerjaan agar semuanya bisa selesai tepat waktu. Kamu bisa pakai aplikasi to-do list seperti DoCheck dan mencatat list pekerjaanmu tiap harinya. Urutkan pekerjaanmu dari yang terpenting. MinCheck selalu update to-do list pekerjaan setiap harinya biar gak kewalahan dan pulang jadi on time, deh!

Baca juga : 5 Kebiasaan untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja

Punya Banyak Waktu untuk Istirahat

Tidur cukup untuk tambah energimu! (Foto Miriam Alonso via Pexels)

Mungkin kamu tidak asing dengan kalimat ‘kerja, kerja, kerja, tipes’. Apabila kamu selalu kerja melebihi waktu kerja, energimu lama-lama bisa habis. Pulang tenggo memberi kamu banyak waktu untuk istirahat. Setelah lelah seharian bekerja, kamu bisa lanjut beristirahat atau me time. Tubuhmu bukan robot yang bisa terus bekerja setiap waktu. Selain itu, pulang tenggo membuat kamu dapat melakukan hobi yang kamu suka, misalnya nonton film atau membaca buku.

Berkumpul dengan Orang Terdekat

Curhat bareng teman buat melepas stres. (Foto Elle Hughes via Pexels)
Curhat bareng teman buat melepas stres. (Foto Elle Hughes via Pexels)

Berkumpul dengan orang terdekat bisa kasih energi positif buat kamu, lho. Apabila kamu memiliki teman dekat, kamu bisa meluangkan waktu untuk nongkrong. Dilansir dari Halodoc, memiliki teman dekat dapat mengurangi stres. Mencurahkan isi hati kepada teman bisa bikin lega gak sih? Kalau zaman sekarang namanya sambat bareng!

Pulang Tenggo bikin Kamu Punya Waktu untuk Persiapkan Pekerjaan Esok Hari

List kerjaan buat esok hari. (Foto Tima Miroshnichenko via Pexels)
List kerjaan buat esok hari. (Foto Tima Miroshnichenko via Pexels)

Bikin to-do list untuk pekerjaan hari esok dapat meningkatkan produktivitas. Pasalnya, kamu bisa merinci pekerjaan yang akan kamu kerjakan esok hari. Seringkali beban dan tekanan di tempat kerja bikin kamu kewalahan. Maka, nggak ada salahnya kok untuk pulang tepat waktu. Namun dengan catatan, semua pekerjaan selesai dan masuk kerja tepat waktu.

Yuk belajar disiplin biar kamu bisa pulang tenggo! Bikin list kerjaanmu pakai aplikasi DoCheck biar produktivitasmu makin meningkat. Aplikasinya bisa kamu download di Play Store dan App Store. Gratis tis tis tis!


Scroll to Top