persiapan melamar kerja

Selain CV, Hal Ini Penting untuk Persiapan Melamar Kerja


Persiapan melamar kerja bagi para jobseeker sepertinya sudah tidak asing dengan berkas lamaran kerja seperti curriculum vitae atau CV. Saat pertama kali melamar pekerjaan, CV adalah sebuah berkas lamaran yang wajib banget diserahkan kepada perekrut. Persyaratan lamaran dan ketentuannya juga beragam tujuannya untuk membuat CV ini “dilirik” oleh HRD. Misalnya kamu bisa menggunakan CV ATS Friendly atau menambahkan berkas lain yang menunjang kualitas profil kamu.

CV memiliki manfaat untuk memudahkan perusahaan mengenali potensi calon pekerjannya dan menjadi syarat untuk melamar pekerjaan. Daya tarik dan profesionalitas seseorang bisa diperlihatkan melalui curriculum vitae. Namun, terkadang beberapa keterampilan belum cukup meyakinkan dengan hanya dituangkan ke dalam CV. Nah, persiapan ini menunjang CV kamu menonjolkan kualitas, kemampuan, serta keterampilan dirimu. Persiapan melamar kerja seperti apa yang perlu dipersiapkan?

Baca Juga: CV ATS Friendly, Selangkah Lebih Dekat Menarik Perhatian HRD

Persiapan Melamar Pekerjaan

Sekarang, kira-kira apa saja ya yang sebaiknya dipersiapkan untuk menunjang CV dalam persiapan melamar kerja? Berikut ini syarat untuk melamar pekerjaan yang bisa kamu buat untuk mengoptimalkan personal branding.

1. Portofolio

Portofolio merupakan wadah yang tepat untuk memberikan bukti atas kemampuan yang telah kita cantumkan di dalam CV. Selain untuk personal branding, kita juga bisa mengenali dan mengasah diri dengan cara mengumpulkan karya ke dalam satu tempat.

MinCheck punya beberapa tips nih untuk membuat portofolio. Pertama, pilihlah karya-karya terbaik yang kamu miliki. Akan lebih baik lagi apabila ditambah ulasan positif dari orang lain terkait karyamu juga. Misalnya screenshot komentar dalam media sosial atau website. Kedua, buat dalam format yang sederhana dan mudah dibaca. Ketiga, pastikan kamu memberikan karya terbaru ya! Tips terakhir, buatlah website atau blog agar karyamu bisa dibagikan disana.

2. Cover Letter

cover letter untuk dokumen melamar kerja
unsplash/@corinnekutz

Hayoo siapa di sini yang ketika melamar pekerjaan langsung kirim CV tanpa mengisi body email dengan “tepat”? Lebih parahnya lagi kalau body email dibiarkan kosong. Sebaiknya kamu mempersiapkan dokumen untuk melamar kerja dengan lengkap ya. Terdapat beberapa perlengkapan surat lamaran kerja yang bisa kamu tambahkan untuk membantu rekruter mengenali kamu dan potensi dirimu, salah satunya adalah cover letter. Salah satu manner untuk mengirimkan email saat melamar pekerjaan adalah dengan membuat cover letter loh. Mau tau cara membuatnya cover letter sebagai pelengkap surat lamaran kerja? Yuk, disimak!

Untuk membuat cover letter, berikut ini elemen-elemen yang tidak boleh kamu lewatkan:

  • Nama manajer perekrut atau kepala departemen yang membuka lowongan.
  • Perkenalan meliputi nama, alamat, dan kontak.
  • Informasi terkait informasi lowongan atau menyebutkan referensi jika kamu direkomendasikan seseorang.
  • Alasan kamu cocok dengan pekerjaan tersebut.
  • Penutupan berupa ucapan terima kasih dan salam kepada perekrut.

3. Media Sosial

Persiapan melamar kerja selanjutnya adalah dengan membangun blog atau sosial media, kamu juga bisa menjadikan media sosial sebagai portofolio loh. Caranya, rajin-rajin saja upload foto atau video yang bisa membangun personal branding. Misalnya kamu bagus di bidang desain, maka ini saatnya kamu menunjukkannya disana.

Saat ini, banyak perekrut yang mulai “kepo” dengan karakter pelamar kerja. Meski kamu tidak menuangkan karya disana, pastikan lindungi media sosialmu dengan baik. Artinya, jangan sampai kamu unggah hal-hal “aneh” yang merusak citramu disana. Sip?

Baca Juga: Yuk, Ubah Instagram Menjadi Portofolio!

4. Profil LinkedIn

Bukankah kita sering menemui CV yang didalamnya mencantumkan nama akun LinkedIn? Jika tidak, kita juga seringkali ditanyai profil LinkedIn oleh perekrut. Bukan tanpa alasan, tapi nyatanya LinkedIn ini punya peran untuk membangun personal branding seseorang. Jika kamu tidak melamar pun, banyak diantara para perekrut yang mencari jobseeker melalui LinkedIn. Jadi, persiapkan diri sebaik mungkin ya. Siapa tau kamu dilirik perektur melalui profil kamu.

Baca Juga: 5 Kiat Lengkapi Profil LinkedIn Agar Dilirik HRD

Sekarang, sudah tahu kan apa saja yang akan membuat CV kamu semakin optimal? Cek lagi persiapan melamar kerja kamu agar personal branding dan CV kamu bisa terlihat semakin berkualitas. Jika kamu masih mau menikmati informasi lainnya terkait karir dan pengembangan diri, jangan lewatkan untuk unduh aplikasi DoCheck lewat Google Playstore di sini.


Scroll to Top