coping stress

Arti Coping Stress dan Cara Terbaik Mengatasinya


Kamu pasti pernah kan merasa kewalahan dan kebingungan saat melakukan suatu kegiatan? Di saat seperti ini, kamu akan mencoba memikirkan bagaimana menyelesaikannya, atau kalau masih terasa sulit dilakukan malah menjadi beban pada otak kamu. Kalau hal ini sudah terjadi, biasanya akan muncul rasa kurang percaya diri, overthinking, hingga stres. Semua hal buruk ini bisa diatasi dengan coping stress. Lalu, apa itu coping stress?

Coping stress terdiri dari 2 kata, yaitu coping dan stress. Dikutip dari kamus, kata coping mempunya arti yaitu mengatasi dan kata stress berarti mengkhawatirkan sesuatu karena situasi yang sulit. Sehingga, coping stress berarti cara mengatasi kekekhawatiran karena situasi yang sulit dipecahkan.

Beberapa penyebab seseorang mengalami stress, antara lain karena trauma di masa lalu, tekanan dari lingkungan, hingga perundungan. Dari penyebab tadi, akan menimbulkan berbagai perubahan sikap seseorang, seperti cemas, takut, marah, sulit bersosialisasi, masalah kesehatan, dan masih banyak lagi dampak negatifnya.

Jadi, untuk mengatasi segala kemungkinan buruk dari stress, seseorang bisa melakukan coping stress. Berikut ini beberapa cara untuk membantu mengatasi dan mengurangi beban yang disebabkan oleh stress. Simak, ya!

Baca Juga: Tips Manajemen Waktu Saat Bekerja Biar Nggak Gampang Stress

Beristirahat dengan Tidak Menonton dan Membaca Informasi Berita

coping stress
Photo By Andrea Piacquadio From Pexels

Menjadi orang yang up-to-date memang penting, tapi kalau sedang banyak pikiran dan stress, kamu butuh mengistirahatkan pikiran dari segala informasi yang ada. Istirahat akan membuat otak kamu tidak bekerja terlalu sering karena menerima informasi dari luar, yang malah akan memperburuk kondisi perasaan kamu.

Menurut psikolog, kalau terus menerus mengonsumsi infromasi berita negatif daripada positif, akan menjadi toxic untuk diri sendiri dan apa yang kamu dengar akan berdampak pada mood. Kalau kamu merasa masih butuh mendapatkan informasi, batasi waktu akses membuka berita dan pilihlah informasi yang tidak menimbulkan kecemasan lagi.

Menjaga Kesehatan Diri

coping stress
Photo By Tirachard Kumtanom From Pexels

Apa yang kamu makan, akan berpengaruh pada mood dan tubuh kamu sendiri. Pilihlah makanan bergizi favorit kamu dan konsumsi secara rutin. Saat stress, tubuh akan lebih cepat lelah, maka dari itu istirahat yang cukup perlu kamu lakukan. Hindari juga mengonsumsi alkohol dan barang terlarang lainnya, bukannya menghilangkan stress, tapi malah memperburuk kondisi diri sendiri.

Baca Juga: Arti Self-healing dan Cara Terbaik Melakukannya

Kamu juga bisa meningkatkan kebugaran tubuh dan mencoba menghilangkan pikiran mengganggu dengan melakukan olahraga yang intens. Dengan begini, pikiran kamu akan lebih jernih dan lebih bisa mengontrol diri dari stress. Olahraga yang bisa kamu coba, antara lain jalan cepat santai atau jalan cepat, menari, yoga, tai chi, badminton, hingga tennis.

Luangkan Waktu Untuk Aktivitas Favorit

coping stress
Photo By Andrea Piacquadio From Pexels

Meluangkan waktu untuk kegiatan favorit bisa mengurangi perasaan stress, karena otak kamu tidak terus menerus memikirkan hal negatif. Kegiatan yang bisa kamu lakukan, seperti jalan-jalan, berenang, baca buku, bermain game, memasak, bernyanyi, menari, yoga, dan lainnya.

Lakukan kegiatan ini secara rutin, agar dapat mengurangi stress secara maksimal, namun tetap dengan membatasi intensitasnya. Jika tidak, kamu malah akan menunda pekerjaan atau yang biasa disebut prokrastinasi. Dari sifat prokrastinasi ini akan bertambah buruk, karena kamu juga akan merasakan efek zeigarnik, yaitu merasa tidak tenang karena teringat pekerjaan yang belum selesai.

Baca Juga: Hobi Bermanfaat yang Bikin Kamu Lebih Cerdas!

Terhubung dengan Orang Lain

Photo By Alex Green From Pexels

Jangan ragu untuk berbagi cerita tentang masalah yang kamu hadapi pada orang yang bisa dipercaya, seperti keluarga, sahabat, hingga psikolog. Mungkin setelah mendengar cerita kamu, mereka akan memberikan saran yang membangun untuk masalah yang kamu hadapi.

Kamu juga akan merasa lebih tenang, setelah menceritakannya pada orang lain. Karena yang kamu butuhkan yaitu berbagi cerita tentang keluh kesah kamu. Terus lakukan hal ini sampai kamu merasa lebih rileks dan tenang.

Nah, itulah arti dari coping stress dan cara mengatasinya yang bisa kamu coba terapkan. Agar lebih maksimal dalam mengatasinya, kamu bisa buat list kegiatan yang akan dilakukan dengan to-do list. Kalau kamu mau buat to-do list, bisa banget pakai aplikasi DoCheck. Selain banyak fitur menarik, aplikasi ini juga gratis, loh. Tunggu apa lagi? Yuk, pakai DoCheck dan download aplikasinya.

Download aplikasi DoCheck untuk Android di sini.

Download aplikasi DoCheck untuk iOS di sini.


Scroll to Top