berkarir-di-dunia-digital-marketing-terapkan-5-mindset-ini

5 Mindset Penting untuk Membangun Karir Digital Marketing


Tahukah kamu kalau karir digital marketing saat ini sedang naik daun dan banyak dicari oleh perusahan. Hal ini sejalan dengan pesatnya perkembangan media digital, terlihat dari perubahan kebiasaan masyarakat. Mulai dari kebiasaan belanja yang sudah mulai bergeser ke belanja online, belajar online, dan juga hiburan online.

Dengan berkembangnya media digital, kebutuhan perusahaan untuk melakukan pemasaran atau marketing secara digital semakin meningkat. Oleh karenanya peluang karir digital marketing semakin terbuka lebar. Seorang yang berkarir di digital marketing bertanggung jawab atas semua urusan yang berkaitan pemasaran produk dari suatu perusahaan melalui konten-konten di digital channel.

Konten di channel digital berfungsi sebagai media komunikasi antara produk dengan konsumen, dan bagaimana konten-konten yang diciptakan oleh digital marketer dipublikasikan? Seorang digital marketer dapat menggunakan berbagai channel digital untuk mempublikasikan dan mempromosikan produknya melalui media sosial, website, email, maupun iklan digital.

Tidak sampai disitu saja, seorang digital marketer juga harus mampu menganalisa, mengevaluasi, dan mengoptimalkan konten yang hendak dibuat. Tujuannya agar audiens / calon konsumen dapat mengenali produk kita, tertarik pada produk kita, mempertimbangkan untuk membeli produk kita, dan hingga membeli produk kita. Hingga pada akhirnya konsumen merasa puas dengan produk yang sudah mereka beli. 

Pilihan Peluang Karir Digital Marketing

Jadi apakah kamu tertatik untuk membangun karir digital marketing? jika kamu tertarik, simak beberapa pilihan peluang karir digital marketing yang sedang banyak dicari perusahaan berikut ini.

Social Media Specialist

Salah satu pilihan untuk karir digital marketing yang banyak peminatnya adalah social media specialist. Social Media Specialist bertanggung jawab untuk menjadi wakil perusahaan di channel sosial media seperti Instagram, Twitter, Facebook, Tiktok, Linkedin dan lain sebagainya. Sosmed spesialis bertugas untuk menyusun social media campaign, melakukan analisa audiens dan menyusun strategi konten.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Produktifnya Social Media Specialist

Content Strategist

Content strategist menjadi salah satu profesi karir digital marketing yang sedang populer di era digital saat ini. Pilihan karir content strategist berhubungan erat dengan digital marketing. Jadi seorang content strategist memiliki tanggung jawab untuk menentukan kebutuhan konten yang tepat dan menentukan channel digital untuk mendistribukannya. Tak hanya itu, seorang content strategist juga terlibat dalam perencanaan konten, produksi konten, dan juga analisa konten.

UI/UX Designer

ui ux designer
unsplash/@uxindo

Kamu pasti sering mendengar tentang user interface dan user experience kan? tapi apakah kamu sudah mengetahui apa itu UI/UX designer? User interface designer dan user experience designer sebenarnya merupakan dua role pekerjaan yang berbeda namun masih dalam satu lingkup yang sama. User interface mencakup segala aspek visual yang ditampilkan pada website dan aplikasi mobile seperti tata letak, warna, tipografi, desain. Sedangkan user experience bertanggung jawab untuk kepuasan user seperti melakukan riset bagi pengguna, membuat desain flow website atau mobile aplikasi.

Content Writer/Copy Writer

Mungkin kamu sudah tidak asing mendengar apa itu content writer dan copy writer. Content writer adalah salah satu profesi dalam karir digital marketing, content writer berperan dalam penulisan isi konten digital seperti blog atau website perusahaan. Salah satu profesi digital marketing ini juga sedang banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Sudah menjadi hal umum di era digital saat ini banyak orang mencari informasi melalui internet.

Content writer dibutuhkan perusahaan untuk melakukan pemasaran melalui media artikel, menyediakan informasi yang dibutuhkan user dan target pasar. Tak hanya itu, content writer juga wajib melakukan riset tentang topik apa yang akan dibahas dan informasi apa yang akan disampaikan kepada pembaca. Melalui hasil tulisan content writer, perusahaan bisa mendapatkan user atau konsumen baru.

Pengertian apa itu copy writer, copy writer sedikit berbeda dengan content writer, jika content writer membuat tulisan untuk channel digital website atau blog. Copy writer membuat tulisan untuk iklan, kalimat-kalimat singkat dalam konten, dan materi publisitas. Copy writer bertanggung jawab untuk merangkai kata dan konten kreatif dengan tujuan mempromosikan produk atau jasa.

Copy writer berhubungan erat dengan citra brand atau perusahaan. Copy writer fokus pada penulisan yang membuat tulisan untuk mempersuasi pembaca atau konsumen dan membuat mereka memutuskan membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan perusahaan.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Content Writer, Copywriter, dan UX Writer

Digital Ads Specialist

Mendengar kata ads yang berarti iklan, mungkin membuat kamu sudah menerka-nerka tentang role digital ads specialist. Salah satu profesi yang memiliki peran penting untuk melakukan riset dan eksekusi iklan di media digital. Digital ads specialist memiliki tanggung jawab untuk melakukan riset data pasar, membuat target iklan, melaksanakan eksekusi iklan dan mengevaluasinya. Media digital tidak hanya memiliki satu channel saja, melainkan ada beberapa channel yang berbeda.

Dengan adanya beberapa channel media digital yang berbeda tadi, seorang digital ads specialist wajib memahami setiap channelnya, karena teknis dan sistemnya yang tidak sama satu sama lain. Sebagai contoh channel ads digital yang familiar adalah google ads dan facebook ads. Seorang digital ads specialist akan berhubungan dengan copy writer dalam membuat ads creative yang efektif.

SEO Specialist

SEO atau search engine optimization adalah profesi digital marketing yang memiliki peran penting terhadap visibility website yang dikelolanya. Sederhananya seorang seo specialist memiliki tugas untuk menaikkan ranking website di mesin pencarian seperti google, bing, yandex. Selain itu seo specialist juga memiliki tanggung jawab atas traffic website setiap harinya, dan juga kesehatan website yang dikelolanya. SEO specialist juga menjadi salah satu profesi digital marketing yang paling banyak dibutuhkan perusahaan.

Nah itu tadi adalah beberapa macam profesi untuk karir digital marketing. Apakah kamu tertarik untuk terjun ke karir digital marketing? Jika iya kamu wajib mengetahui 5 mindset penting seorang digital marketer ini. Apa saja 5 mindset itu, simak penjelasannya berikut.

Mindset Penting untuk Karir Digital Marketing

Lantas, hal-hal apa saja ya yang harus kita miliki untuk menjadi seorang digital marketer yang profesional? Yang pertama kamu harus memiliki mindset yang terstruktur. Mindset sendiri merupakan pola pikir kita dalam menjalankan pekerjaan atau profesi yang kita miliki. Pada intinya, mindset ini dapat kita bentuk melalui kepercayaan diri kita sendiri.

Dalam membangun sebuah mindset yang baik memang bukanlah hal yang gampang tetapi bukan hal yang sulit juga! Agar dapat menjadi seorang digital marketer yang sukses dengan mindset yang baik, kamu dapat menerapkan beberapa mindset dibawah ini:

Baca Juga: Yuk Simak Soft Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja!

1. Mindset Detail Oriented

mindset detail oriented
unsplash/@thoughtcatalog

Untuk menjadi seorang digital marketer yang hasil kerjanya dapat berdampak besar bagi konsumen, kamu harus memperhatikan setiap detail yang kamu kerjakan atau menerapkan mindset berorientasi pada detail.

Alasannya agar konten/campaign yang kamu kerjakan memiliki landasan dan makna yang kuat. Contohnya seperti menganalisis needs & wants konsumen, menganalisis trend pasar, menyusun timeline dengan tepat, mempertimbangkan biaya yang dikeluarkan secara efisien, dan memperhatikan tingkat konversi di setiap channel-channel yang digunakan. Dengan berorientasi pada detail, kamu dapat mengambil keputusan dengan tepat karena didukung oleh data dan analisis yang mendalam.

2. Digital Marketing Fokus pada Value

mindset digital marketing fokus pada value
unsplash/@uxindo

Value merupakan bagian paling penting dalam melakukan sebuah branding produk. Dengan menciptakan value, maka target konsumen dapat menumbuhkan persepsi terhadap produk/perusahaan kita. Sebagai contoh, apa yang pertama kali ada di benakmu mengenai brand air mineral? Pasti jawabannya Aqua bukan? kesimpulannya, Aqua dapat menyampaikan value mereka dengan baik sehingga audiens memiliki persepsi bahwa air mineral identik dengan Aqua.

Artinya jika seorang digital marketer ingin produk atau perusahaannya dikenal dan melekat dengan konsumen, maka mindset yang mesti kamu terapkan adalah fokus pada value. Jangan terpaku dengan berapa banyak  profit yang kamu dapatkan dari hasil konten/campaign yang telah kamu buat, tetapi fokuslah pada value apa yang kamu sampaikan kepada audiens. Sehingga akhirnya audiens tertarik dengan produk kamu dan audiens akan memiliki persepsi yang positif terhadap produk/perusahaan kamu.

Nah, pada saat itu juga, tingkat penjualan pun akan semakin meningkat dan profit yang kamu dapat pun akan semakin besar.

Baca Juga: Bidang Pekerjaan yang Banyak Dicari Tahun 2022

3. Digital Marketer Berpikir secara Strategis

memiliki mindset strategis
unsplash/@aristocratie

Tidak jauh berbeda dengan berorientasi pada detail, seorang digital marketer yang profesional pasti memiliki rencana tentang bagaimana konten/campaign yang hendak mereka buat dapat berjalan dengan sukses. Rencana tersebut dirancang untuk menjangkau target pasar yang diinginkan. 

Untuk dapat merancang dan mengeksekusi rencana tersebut dengan baik, sangat penting untuk memiliki mindset berpikir secara strategis. Ada beberapa langkah penting dalam menyusun sebuah plan untuk melakukan branding terhadap produk/perusahaan, diantaranya; 

  • Kamu harus menentukan channel-channel apa saja yang paling cocok untuk melakukan branding produk kamu  
  • Rancang konsep konten/campaign kamu dengan rinci dan terstruktur sesuai dengan channel-channel yang telah kamu tentukan
  • Sebelum membuat konten pastikan kamu melakukan riset dan analisis yang mendalam menggunakan tools yang dapat membantu kamu
  • Setelah itu, kamu harus memikirkan bagaimana caranya mengoptimalkan konten yang kamu buat, contoh yang kamu bisa lakukan seperti Search Engine Optimization, beriklan melalui Google Ads/Facebook Ads/Display Ads.

4. Mempunyai Mindset yang Kreatif dan Inovatif

mindset wajib untuk karir digital marketing
unsplash/@dragos126

Mempunyai mindset yang kreatif dan inovatif sangat diperlukan jika kamu adalah seorang digital marketer atau yang ingin berkarir didunia digital marketing. Tujuannya adalah agar konten/campaign yang kita buat untuk mempromosikan suatu produk dapat dikemas secara menarik dan memiliki banyak value.

Baca Juga: 7 Pekerjaan yang Menjanjikan dan Banyak Diperlukan

5. Belajar dari Kegagalan

mindset penting untuk digital marketing
unsplash/@brett_jordan

Kegagalan merupakan pengalaman untuk menuju kesuksesan. Seseorang yang sukses harus menjadikan kegagalannya menjadi pengalaman yang berharga agar kegagalan tersebut bisa diperbaiki dan tidak akan diulangi lagi.

Apalagi ditambah dengan ketatnya persaingan bisnis di era digital ini, membuat seorang digital marketer dituntut untuk selalu belajar, memiliki mindset pantang menyerah, dan mudah beradaptasi pada perubahan.

Dengan semakin ketatnya persaingan bisnis antar perusahaan di era digital ini, maka peran seorang digital marketer di sebuah perusahaan sangatlah berpengaruh besar. Jadi, ayo bangun mindset kamu dari sekarang ya! Bagi kamu yang ingin saling sharing untuk mengembangkan potensi diri kamu, yuk daftar buat gabung komunitas Docheck disini ya.

Baca Juga: Apa Itu KOL (Key Opinion Leader) dalam Bidang Marketing?


Scroll to Top