Apa Itu KOL DoCheck

Apa Itu KOL (Key Opinion Leader) dalam Bidang Marketing?


Ada istilah KOL (Key Opinion Leader) dalam bidang digital marketing dan sepertinya banyak yang belum tau penjelasan apa itu KOL. Banyak strategi dan cara yang dapat dipakai untuk mempromosikan suatu produk dan brand, salah satunya menggunakan KOL. Masih asing ya? Hm, kalau istilah influencer gimana? Kamu pasti pernah mendengarnya terutama bagi yang aktif di Instagram.

Banyak banget selebgram yang disebut sebagai influencers. KOL adalah sosok yang mirip dengan influencer tetapi berbeda. Dalam digital marketing, kalau menggunakan KOL sebagai sarana promosi, KOL tersebut biasanya masih berkaitan dengan produk yang dipromosikan. Misalnya, sebuah produk makanan mau dipasarkan, bisa saja mencari seseorang yang berprofesi sebagai chef, kritikus makanan, food vlogger, atau yang sejenisnya untuk menjadi KOL.

Penasaran lebih lanjut mengenai apa itu KOL dan manfaatnya? Baca artikel ini sampai habis ya.

Baca Juga: Berkarir di Dunia Digital Marketing? Terapkan 5 Mindset Ini!

Mengenal Lebih Jelas, Apa Itu KOL?

Key Opinion Leader

Dikutip dari Redcomm, Key Opinion Leader atau KOL adalah individu yang memiliki keahlian tertentu dan berpengaruh untuk orang lain sehingga konsumen bisa tertarik untuk membeli/memakai produk/brand/rekomendasi/layanan yang dipromosikan. Biasanya KOL nggak hanya aktif di dunia online, tetapi juga seseorang yang ahli di bidangnya. Maka dari itu, ia dipercaya untuk mempromosikan sesuatu karena kredibilitasnya.

Perbedaan KOL dan Influencer

Berbeda dengan influencer yang full-time bekerja di media sosial, KOL biasanya mempunyai pekerjaan lain dan tidak fokus di media sosialnya saja. Influencer biasanya eksis di dunia maya dan aktif menyapa orang dari berbagai daerah melalui konten. KOL tidak begitu karena biasanya ketenarannya terbatas, tidak sebesar influencer. Namun, ada juga KOL yang menjadi influencer juga.

Manfaat Menggunakan KOL Sebagai Strategi Marketing

KOL Strategi Marketing DoCheck
Photo by Campaign Creators on Unsplash

Sebagai orang yang dikenal ahli dalam bidangnya, KOL dapat memberi impact kepada orang yang mengikutinya. Ketika mereka mempromosikan sesuatu, orang yang melihat akan memiliki kecenderungan tertarik untuk mengikuti langkahnya. Ini menjadi suatu strategi yang baik untuk digital marketing.

Contohnya kasusnya, ada si Wanda yang terkenal banget sebagai model dan gaya fashion-nya yang unik. Sebuah brand baju mau menjadikannya sebagai KOL. Pada saat si Wanda menjadi KOL, Wanda bisa memberi informasi kepada pengikutnya bahwa baju tersebut layak untuk dibeli. Nah, orang yang melihat informasi tersebut bisa jadi tergerak untuk ikut membeli baju yang dipromosikan.

Apa saja manfaat menggunakan KOL untuk kepentingan marketing? Menurut Hubspot, berikut ini ada lima manfaat yang bisa didapatkan:

Baca Juga: Copywriting: Metode AIDA untuk Tingkatkan Penjualan

Membantu Mengarahkan Kepada Target yang Sesuai

Untuk membuat brand atau perusahaanmu menjadi lebih dikenal oleh orang lain, KOL mempunyai kemampuan untuk memberi dampak positif terhadap brand awareness. KOL adalah sosok yang dapat dipercaya oleh pengikutnya. Ketika ia mempromosikan brand/perusahaan, kamu dapat melihat dari hasil promosinya apakah sudah mencapai target audiensnya atau belum. Penting sekali untuk membuat brand/perusahaan lebih dikenal sehingga dapat berdampak terhadap keberlangsungan brand-nya.

Meningkatkan Penjualan

Keberhasilan dalam promosi akan berdampak terhadap penjualan suatu produk dari brand/perusahaan. Dari sebuah survey, ternyata 82% konsumen bilang akan mengikuti rekomendasi yang diberikan oleh orang yang ia ikuti di media sosial. Hal tersebut mendukung bahwa penggunaan KOL untuk strategi marketing dapat bekerja dengan baik untuk membuat suatu produk laku di pasaran.

Memperluas Jangkauan Target

Seorang KOL merupakan ahli di bidangnya yang berarti memiliki kelompok audiens yang sejenis. Promosi sebuah brand/perusahaan melalui KOL akan menyebar ke kelompok audiens tersebut. Kamu bisa mengetahui apakah jangkauan audiensnya sudah sesuai target atau belum dari hasil kerja samanya. Misalnya, tidak perlu bersusah payah membagikan flyer di jalan, cukup bekerja sama dengan KOL dengan followers sekian ratus ribu, sekelompok audiens akan mengenali brand/perusahaanmu. Semakin banyak KOL, semakin luas pula jangkauan target yang didapat.

Baca Juga: Fitur “Goals” DoCheck Bisa Bantu Wujudkan Resolusimu!

To-do List KOL DoCheck

Sebagai KOL, memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan audiens penting sekali. Tidak semata-mata karena ia memiliki followers yang banyak, lantas orang-orang akan langsung mengikuti apa yang ia rekomendasikan. Bagaimana KOL tersebut mempromosikan sesuatu berperan penting sekali. Kamu bisa juga belajar tuh dari cara KOL yang kamu tau, cara-cara mengemas informasi dengan unik dan menarik sehingga orang tertarik.

KOL pun memiliki kredibilitas yang perlu dijaga untuk memastikan bahwa dirinya dapat dipercaya. Memiliki keahlian di satu bidang tidak mudah. Ada kerja keras yang berperan dalam proses mempertahankan kemampuan dan pengetahuannya sehingga ia menjadi seorang ahli.

Dari penjelasan mengenai KOL dan manfaatnya dalam marketing bisa dilihat kalau KOL berperan penting untuk mempromosikan sesuatu. Begitu juga dengan penyebaran informasi yang berguna, seperti macam-macam to-do list yang bisa membantu hidupmu. Fyi, DoCheck udah bekerja sama dengan banyak KOL dengan to-do list menarik lho! Mungkin kamu tau DoCheck berkat nama-nama berikut:

1. Adrian Chandra
2. Decky Sastra
3. Diah Nurayu
4. Dian Sudiono
5. Esther Natalia
6. Farhan Jijima
7. Ghania Harsono
8. Indra Sugiarto
9. Kylatif
10. Levina Purnamadewi
11. MomoChan
12. Vina Muliana
13. Zhafira Aqyla

Setiap KOL punya to-do list sendiri untuk dibagikan kepada kamu. Siapa tau kamu mau copy template to-do list mereka, ada fitur rekomendasi yang bisa kamu gunakan. Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka DoCheck dan Scroll ke Bawah

Pertama, buka aplikasi DoCheck dan scroll ke bawah sampai muncul Rekomendasi. Setelah itu klik Lihat Lainnya.

Step 1 Tampilan Utama DoCheck
Tampilan Utama DoCheck.

2. Cari Nama KOL yang Diinginkan

Setelah muncul menu Template Goals, cari Template Goals To-do List KOL yang kamu inginkan. Ketik nama KOL tersebut dan akan muncul seperti di bawah ini. Kamu bisa klik di pilihan Template yang ada.

Step 2 Cari Nama KOL DoCheck Apa Itu KOL
Step 2 Cari Nama KOL

3. Copy Template To-do List KOL

Akan muncul tampilan lengkap to-do list milik KOL yang dipilih. Setelah itu, kamu bisa copy Template Goal-nya agar nggak perlu capek membuat ulang. Klik ikon hijau di pojok kanan bawah dan tampilan akan langsung berubah seperti di sebelah kanan. To-do list sudah siap digunakan deh.

Step 3 Copy Template Apa Itu KOL DoCheck
Step 3 Copy Template KOL

4. Cek di Goals Saya

Setelah disalin, kamu bisa cek Goal / To-do list tersebut di tampilan utama. Klik tulisan Lihat Lainnya di sebelah Goal Saya, scroll ke bawah atau cari nama KOL-nya, akan muncul langsung Goal-nya. Kamu bisa menyunting Goal tersebut dan menyesuaikannya dengan kebutuhanmu lho.

Step 4 Lihat di Goals Saya DoCheck
Lihat di Goals Saya

Gimana? Mudah kan untuk menemukan to-do list KOL di DoCheck? Mau salin template Goal atau to-do list ala KOL DoCheck? Nikmati fitur-fitur menarik penunjang produktivitasmu. Segera download aplikasinya di Google Play Store atau App Store, gratis!


Scroll to Top