buku project management

13 Rekomendasi Buku Project Management


Sistem project management memiliki tujuan untuk memaksimalkan target yang akan dicapai oleh perusahaan. Namun, tentunya tidak mudah, akan ada banyak kendala terjadi di lapangan. Masalah dan kendala tersebut bisa datang dari internal maupun eksternal.

Demi mengurangi risiko dalam memaksimalkan target perusahaan, kemampuan manajemen proyek wajib ditingkatkan. Caranya bisa dengan menimba pengalaman secara langsung. Jadi, sangat bagus terutama bagi kamu yang sudah pernah bekerja di bidang tersebut sejak lama.

Baca juga: Manajemen Proyek: Inilah 12 Kesalahan yang Sering Terjadi pada Manajemen Proyek

Realitanya, skill dalam mengatur dan mengelola proyek sangatlah kompleks. Pengalaman saja ternyata belum cukup. Kamu harus mempunyai kualitas berpikir bagus agar lebih mudah saat menjalankan berbagai kegiatan praktikal.

Lantas, apa yang sebaiknya kamu lakukan?

Belajar project management sangat penting apalagi sifatnya kontinyu yakni digali terus menerus. Ini bertujuan agar skill tersebut berkembang secara maksimal. Salah satu caranya yaitu dengan membaca buku-buku relevan mengenai manajemen proyek.

Rekomendasi Buku Project Management

Ada banyak sekali rekomendasi yang bisa kamu baca. Mulai dari buku berbahasa Indonesia sampai versi Inggris. Berikut ini 13 bacaan pilihan untuk mendukung wawasanmu di bidang tersebut, let’s check it out!

1. Advanced and Effective Project Management (Budi Suanda)

Sumber : https://manajemenproyekindonesia.com/wp-content/uploads/2017/01/Advanced-Effective-Project-Management.jpg

Buku project management Bahasa Indonesia ini sangat mudah dipahami isinya bahkan untuk diterapkan secara langsung. Pengarang nya saja asli Indonesia sehingga studi kasus yang diberikan lebih relevan dengan standar kondisi proyek di Indonesia.

Kelebihannya terletak pada penyajian bahasa sederhana, lugas dan tidak berbelit-belit. Konten hingga layout juga menarik sehingga pembaca tidak bosan. Sebagian besar referensinya mengacu pada PMBOK (Project Management Body of Knowledge) Edisi ke-5.

Budi Suanda melalui bukunya membantu proses pengelolaan proyek dalam negeri yang dianggap belum memadai. Salah satu sebab kegagalan tersebut yaitu kompetensi manajemen yang lemah.

2. Project Management: Absolute Beginner’s Guide (Gregory M. Horine)

Sumber : https://www.kobo.com/us/en/ebook/project-management-absolute-beginner-s-guide-2

Buku ini masih tersedia dalam versi Bahasa Inggris. Teori dalamnya terbukti masih relevan diterapkan di masa sekarang walaupun buku ini tergolong lama. Gregory, sang penulis merupakan profesional di bidang manajemen proyek dan teknologi bisnis.

Gregory membagikan ilmu kepada pemula berdasarkan pengalamannya selama belasan tahun. Bukunya fokus memandu pembaca untuk menemukan hal-hal yang mampu meningkatkan kualitas project management.

Proses belajar akan lebih mementingkan skill dan kualitas sistem manajemen proyek yang efektif. Pembahasan lain adalah tentang gaya kepemimpinan dan tren proyek paling paling ramai.

3. A Guide to the Project Management Body of Knowledge (PMI)

Sumber : http://amprojectpartners.com.au/wp-content/uploads/2020/06/smartmockups_kb65mrxq.jpg

Project Management Institute (PMI) adalah organisasi non profit yang menulis buku tersebut. Rekomendasi buku project management yang satu ini mudah kamu temukan di lapak online manapun. Jadi DoCheckers, kamu tidak perlu bersusah payah apalagi merogoh budget mahal untuk mendapatkannya.

Buku karangan PMI ini pun mempunyai keistimewaan tersendiri. Teorinya juga digunakan sebagai materi dasar di sekolah maupun perguruan tinggi.

Keunggulan pertama terletak pada penggunaan bahasa standar yang pasti dipahami oleh pembaca pemula. Buku ini terasa hebat karena dilengkapi dengan data, diagram berisi input dan output secara jelas.

Beberapa aspek dibahas seperti perencanaan proyek, eksekusi, monitoring, sistem kontrol, hingga proses penutupan. Tak kalah penting persoalan mengidentifikasi stakeholders dan collect requirements.

4. Super Project Manager (Dana P. Mulyoto)

Sumber: https://ebooks.gramedia.com/id/buku/super-project-manager

Selanjutnya, buku project management Bahasa Indonesia yang juga menjadi pegangan wajib. Para praktisi manajemen proyek pasti tau tentang bacaan ini. Terlebih lagi penulisnya merupakan seorang profesional berpengalaman dan memiliki sertifikasi internasional.

Penulis memasukkan informasi tentang PMBOK edisi ke-6 dengan bahasa ringan. Ada 10 area manajemen proyek yang menjadi pembahasan utama, di antaranya 50 sub proses, serta 5 grup.

Kamu akan mengerti tentang bagaimana cara menilai kinerja dalam proses tersebut. Tersedia pula tips jitu meraih sertifikasi supaya skill mu meningkat. Misalnya seperti lolos Project Management Institute (PMI) di Amerika Serikat.

5. Manajemen Pengendalian Proyek (Sugiyanto)

Sumber: https://ebooks.gramedia.com/id/buku/manajemen-pengendalian-proyek

Teori project management lain bisa kamu pelajari melalui buku karangan Sugiyanto. Menurutnya, mengelola proyek itu bersifat kompleks, mempunyai banyak keterbatasan mulai dari anggaran, waktu hingga sumber daya.

Oleh sebab itulah, buku ini membahas tentang kebutuhan terpenting selama mengurus proyek. Mulai dari perencanaan sampai memastikan jalannya kegiatan selesai secara efisien.

Jadi hambatan lapangan dapat teratasi tanpa menimbulkan risiko. Selain itu perusahaan juga mampu menyelesaikan proyek secara on time dan berkualitas.

6. Scrum: The Art of Doing Twice the Work in Half Time (Jeff Sutherland)

Sumber : https://www.amazon.co.uk/Scrum-Doing-Twice-Work-Half/dp/1847941109?asin=B00I52D6KQ&revisionId=5e94ec55&format=1&depth=1

Jeff adalah seorang ahli manajemen proyek agile. Dia pun mencetuskan metode scrum lalu membagikan ilmunya melalui buku ini. Scrum sendiri merupakan sebuah teori kerja untuk mengatur jalannya proyek.

Pada penerapan nya, metode ini memang lebih sering digunakan pada piranti lunak. Walaupun begitu, Scrum bersifat fleksibel sehingga cocok juga untuk produk bersifat kompleks.

Sedangkan dalam bukunya, Jeff berbagi pandangan tentang Scrum. Jadi pemula dapat belajar serta menerapkan metodologi tersebut sesuai kondisi lapangannya masing-masing.

Banyak pembaca memberikan review menarik. Mereka mengaku Scrum bisa menjadi alternatif metodologi yang produktif untuk perusahaan berbasis high-tech.

7. Making Things Happen: Mastering Project Management (Scott Berkun)

Sumber : https://www.kobo.com/us/en/ebook/making-things-happen

Dari macam macam buku project management, rekomendasi ini menawarkan berbagai topik terbaru. Menariknya, penulis memberikan esai-esai personal dengan gaya bahasa ringan.

Topik penting di dalamnya mengulas tentang proses membuat keputusan dan ide. Seorang pemimpin proyek amat penting mempelajari teori kepemimpinan seperti mengambil kepercayaan karyawan. Bahkan terdapat trik supaya kamu bisa mendapatkan banyak dukungan.

Scott Berkun banyak membahas hal sederhana hingga paling krusial. Terlebih lagi adanya pengalaman penulis sebagai pemimpin project management di tiga industri besar yakni MSN, Windows dan Internet Explorer.

8. Project Management for Non-Project Managers (Jack Ferraro)

Sumber: https://www.kobo.com/gr/en/ebook/project-management-for-non-project-managers-1

Buku selanjutnya mengulas tentang rahasia kesuksesan para project manager. Para pemula dapat belajar dari pengalaman sang penulis. Jack Ferraro adalah konsultan dan instruktur bagi American Management Association.

Melalui bukunya, penulis mengungkap hubungan antara project manager dan functional managers. Dari sinilah kamu dapat mengetahui perbedaan keduanya untuk mendukung perkembangan performa tim proyek.

Kamu akan paham dalam waktu singkat. Pasalnya buku ini menjelaskan tentang step by step atau panduan proses manajemen proyek. Apalagi kamu berniat ingin menjadi manajer kompeten!

Pembaca akan menemukan bagian penting lainnya. Salah satunya tentang teknik analisis bisnis, struktur pemecahan pekerjaan, teknik bekerja secara bertahap, dsb.

Kamu tidak akan bosan selama membaca buku ini. Terdapat panduan urut yang menerangkan secara gamblang. Studi kasus sebagai bukti nyata tentang perkembangan proyek-proyek tertentu. Beberapa gambar ilustrasi membuat penjelasan di tiap halaman semakin menarik dan detail.

9. Project Management Case Studies (Harold Kerzner)

Sumber: https://www.kobo.com/ww/en/ebook/project-management-case-studies-1

Level bacaan ini intermediate sehingga pemula yang sudah agak mahir bisa mencobanya. Karangan Kerzner termasuk buku terbaik di dunia karena menawarkan ilmu-ilmu proyek manajerial paling efektif.

Kamu akan menemukan studi kasus nyata dari perusahaan-perusahaan besar. Adapun contoh perusahaan tersebut seperti Motorola, The Olympics, Disney, dan Airbus.

Jadi teori-teori dasar sudah tidak ada lagi dalam buku tersebut. Pembaca dapat berpikir kritis dan mendalam tentang mengelola proyek-proyek besar.

Hal menarik lain muncul karena Kerzner mengusung metodologi Scrum dan Agile. Edisi ke-5 ini pun fokus relevan dengan standar PMP Certification Exam yang terakhir.

10. Manajemen Proyek dengan PERT atau CPM (Elis Ratna Wulan)

Sumber : https://s3-ap-southeast-1.amazonaws.com/ebook-previews/57374/207547/1.jpg

Cara jadi project manager memang butuh proses panjang. Ilmu dari dasar teori dan skill harus berkembang mengikuti kebutuhan proyek. Buku karangan Elis Ratna memang cocok bagi calon manajer yang ingin mengelola proyek besar.

Kamu perlu belajar bagaimana merencanakan sebuah sistem, berkoordinasi dengan tim, membuat jadwal lalu pelaksanaan. Banyak perusahaan dunia menggunakan dua sistem manajemen yaitu Program Evaluation and Reviewer Techniques (PERT) dan Critical Path Method (CPM)

Jika kamu belum pernah mendengarnya maka cobalah membaca buku ini. Kedua sistem tersebut penting untuk mengoptimalkan kinerja proyek. Kamu juga dapat meminimalisir terjadinya kegagalan selama produksi.

Pekerjaan akan berjalan lebih sistematis, efektif dan efisien. Hal ini bertujuan agar proyek cepat selesai namun tetap menerapkan kualitas kinerja yang bagus.

11. Be Fast or Be Gone: Racing the Clock with Critical Chain Project Management (Andreas Scherer)

Sumber :https://www.amazon.com/Be-Fast-Gone-Critical Management/dp/1934979074?asin=1934979074&revisionId=&format=4&depth=1

Rupanya buku karangan Scherer sangat direkomendasikan untuk pemula. Terlebih lagi jika kamu juga gemar membaca novel non fiksi. Lalu apa hubungannya dengan bacaan manajemen proyek?

Kisah nyata melatarbelakangi penulisan buku tersebut. Ada dua karakter bernama Mike Knight dan Tim. Kamu akan asyik sendiri karena seperti membaca Chicken Soup for the Soul.

Tim adalah anak Mike yang menderita kanker otak. Mike memutuskan berhenti dari pekerjaan kemudian membantu perusahaan obat-obatan untuk menjual obat kanker secara cepat.

Dari sinilah proses Mike menjadi manajer proyek penjualan obat. Ada tips project management terbaik selama proses tersebut. Pembaca dapat mempelajari cara-cara cerdas tersebut. Buku ini mampu memberikan banyak ilmu walaupun bergaya narasi cerita.

Baca juga: 11 Metode Project Management untuk Mempermudah Pekerjaanmu

12. Project Management Lite: Just Enough to Get the Job Done… Nothing More (Juana Clark Craig)

Sumber : http://ebooks4free2read.blogspot.com/2019/02/project-management-lite.html

Bacaan ini cukup tipis karena mengandung 138 halaman saja. Kamu lebih cepat menyelesaikannya bahkan dalam waktu sehari. Bobot ilmu di dalamnya sangat padat walau bukunya tipis.

Craig membuat terminologi sederhana dengan catatan, lembar kerja serta mini project. Penulis mampu menyingkat ilmu secara efisien karena dia berpengalaman selama 25 tahun.

Pembaca yang belum mengetahui apapun tentang manajemen proyek dapat belajar tanpa ketakutan. Kamu belajar tentang cara merancang, memulai, mengelola, dan menghadapi kemungkinan risiko.

Buku ini tidak tersedia dalam Bahasa Indonesia. Jika kamu tertarik membeli maka harus memesannya lewat Amazon. Bacaan ini juga terdapat versi pdf sehingga dapat kamu temukan di internet.

13. The Fast Forward MBA in Project Management (Eric Verzuh)

Sumber : https://www.amazon.co.uk/Fast-Forward-MBA-Project-Management/dp/1119086574?asin=1119086574&revisionId=&format=4&depth=1

Buku karangan Verzuh adalah salah satu rekomendasi terbaik. Penulisnya saja merupakan pemimpin dari proyek perusahaan Versatile, United States.

Verzuh dan timnya menghabiskan lebih dari 20 tahun untuk mengembangkan pekerjaan berkualitas. Adapun contoh perusahaan besar tersebut seperti GE Capital, Adobe Systems Inc., Nordstrom dan Boeing Company.

Verzuh membagikan strategi sukses menggunakan gaya penyampaian menarik. Dia fokus pada panduan kerja berdasarkan realita, manajemen metode, teknik dan peralatan.

Pembaca mudah menangkap informasi di dalamnya karena mengandung penjelasan sistematik. Edisi terbarunya sendiri memiliki bab tentang proyek agile, tips lolos PMP, dsb.

Penutup

Itulah 13 rekomendasi buku project management di atas yang banyak mendapatkan review tinggi dari pembaca.Seorang manajer profesional harus terus mengembangkan skill– nya. Penting buat kamu membaca buku-buku tersebut agar project management yang kamu jalani bisa lebih lancar.

Baca juga: Penting untuk Kesuksesan Proyek Perusahaan, Kenali Metode Project Management

Bagi pemula, mulailah belajar teori dasarnya terlebih dahulu. Hal itu akan mempermudah proses berpikir sebelum melakukan praktik ke lapangan. Keberhasilan project management ada di tangan tim yang profesional!

By the way, kamu bisa membuat list bacaan yang MinCheck sebutkan di atas, lho. Kamu bisa membuatnya di aplikasi DoCheck. Aplikasi yang satu ini bisa kamu download secara gratis di Play Store dan App Store.


Terbaru

Kategori

Scroll to Top