gaya hidup sehat dan benefitnya

Gaya Hidup Sehat: Pengertian dan Benefitnya


Akhir-akhir ini cuaca sedang nggak stabil, ya? Kadang tiba-tiba hujan, terus panas, terus hujan lagi. Hal ini sedikit banyak mempengaruhi kesehatanmu. Apalagi kalau kamu nggak menerapkan yang namanya gaya hidup sehat. Pasalnya, gaya hidupmu memiliki pengaruh yang besar terhadap kesehatanmu. Kalau kamu tidak ingin mudah sakit, kamu wajib menerapkan gaya hidup yang sehat.

Menerapkan gaya hidup ini gak semata-mata tanpa tujuan, tentu kamu akan mendapat benefitnya. Bukan hanya untuk kesehatan fisik, tetapi berguna bagi kesehatan mental. Apabila keduanya seimbang, kamu bisa jadi lebih produktif.

Apa itu Gaya Hidup Sehat?

Apa itu gaya hidup sehat?
Apa itu gaya hidup sehat? (Foto Tirachard Kumtanom via Pexels)

Sebetulnya apa sih yang dimaksud dengan gaya hidup sehat? Dilansir dari Halodoc, gaya hidup sehat merupakan sebuah komitmen jangka panjang untuk menjaga fungsi tubuh agar berdampak baik bagi kesehatan.

Nah, untuk menjaga gaya hidup yang satu ini kamu perlu menjaga asupan makanan yang bergizi, berolahraga, dan menghindari yang namanya stres.

Cara Menuju Gaya Hidup Sehat

Dilansir dari Alodokter, kamu bisa menerapkan berbagai cara untuk menerapkan gaya hidup sehat seperti berikut ini.

Rutin Check-up untuk Tahu Kondisi Kesehatan

Kamu perlu mengenali tubuhmu sendiri. Baiknya, kamu rutin melakukan check-up kepada dokter untuk mengetahui kondisi kesehatanmu. Hal ini perlu dilakukan agar kamu mengetahui asupan nutrisi yang tubuh kamu butuhkan. Selain itu, kamu bisa mengetahui penyakit yang sedang kamu derita. Better safe than sorry. Selain itu, kamu juga perlu beristirahat yang cukup agar fisikmu tetap fit.

Berolahraga

Setidaknya luangkan waktumu 10-15 menit untuk berolahraga. Tidak perlu olahraga yang ekstrem, cukup lakukan olahraga simpel yang bisa dipraktikkan di rumah. Dilansir dari Koinworks, berikut ini adalah daftar olahraga yang bisa kamu lakukan untuk menjaga healthy lifestyle, antara lain.

  • Berlari mengitari taman dekat rumah
  • Skipping setiap pagi
  • Workout from Home dengan meniru gerakan di Youtube
  • Gerakan yoga sederhana
  • Bersepeda

Perhatikan Makanan yang Kamu Konsumsi

Dilansir dari SehatQ, sayur mayur merupakan daftar makanan yang perlu kamu konsumsi setiap hari. Manfaat sayuran bagi tubuh pun tidak main-main, sayuran kaya akan vitamin yang baik untuk tubuh. Kamu bisa mengolah sayuran dengan cara ditumis, dikukus, bahkan dimakan mentah sesuai dengan selera.

Selain sayur, kamu juga bisa mengonsumsi buah-buahan. Namun sebaiknya konsumsi buah utuh daripada jus. Buah semangka, pir, jeruk, pisang, dan masih banyak lagi bisa kamu masukkan ke daftar menu makan harianmu.

Cukup Minum untuk Menghindari Dehidrasi

Minum air putih setidaknya 6-8 gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan cairanmu. Nah, kalau cairan tubuhmu terpenuhi, tubuhmu terhindar dari dehidrasi sehingga organ tubuh berfungsi dengan baik. Namun perlu kamu garisbawahi ya kalau minum yang dimaksud adalah meminum air putih. Alangkah lebih baik mengurangi minuman manis karena minuman tersebut juga gak baik buat kesehatanmu.

Mengelola Stres

Untuk mengelola stres, kamu bisa melakukan coping stress, yaitu cara mengatasi kekhawatiran karena sesuatu yang sulit dipecahkan. Coping stress sendiri bisa dilakukan dengan cara beristirahat, melakukan aktivitas yang kamu suka, melakukan komunikasi dengan orang terdekat. Pasalnya, kemampuan mengelola stres dengan baik dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mentalmu.

Benefit Gaya Hidup Sehat

Banyak banget benefit yang bisa kamu dapatkan dengan menerapkan gaya hidup yang sehat. Gaya hidup yang satu ini wajib banget kamu terapkan apalagi kalau kamu berada di usia produktif. Apa saja sih benefitnya? Simak ulasannya berikut ini.

Mencegah Timbulnya Berbagai Penyakit

Gaya hidup yang satu ini dapat mengurangi risiko timbulnya berbagai penyakit yang menyerang tubuh. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi dapat membantu menjaga daya tahan tubuh menjadi lebih kuat.

Menjaga Kesehatan Mental

Dilansir dari Cheerful Choices, gaya hidup sehat dapat membantu menjaga kesehatan mental. Kamu bisa menerapkan work-life balance agar kehidupan pribadi dan pekerjaan menjadi seimbang. Selain itu, istirahat yang cukup membuat otakmu ikut beristirahat sejenak dari hiruk pikuk pekerjaan. Dengan begitu, kamu bisa menjadi lebih fresh untuk menyambut hari esok.

Baca juga: Work-Life Balance: Keseimbangan Antara Kehidupan Personal dan Pekerjaan

Selain Menjaga Mental, Gaya Hidup Sehat Bisa Jaga Isi Dompet

Bayangkan kalau kamu harus pergi ke dokter untuk berobat dalam jangka waktu yang pendek, bisa-bisa kantongmu jebol. Dilansir dari Healthline, semakin sehat tubuhmu maka semakin kecil kemungkinan untuk menemui dokter. Kamu bisa menjaga keuanganmu dan mengalokasikan dana tersebut untuk hal lain, seperti melakukan hobi yang kamu suka.

Menjadi Lebih Bahagia

Kok bisa sih gaya hidup ini membuat hidupmu menjadi lebih bahagia? Pasalnya, dilansir dari Partnermd, ketika kamu sehat maka pikiranmu menjadi lebih positif dan tentunya hal ini akan berpengaruh pada mood kamu! Yes, let’s be happier with healthier lifestyle!

Gimana? kamu sudah siap untuk menjalani gaya hidup sehat? Kalau udah siap, yuk praktikkan tips dari MinCheck di atas! Kamu bisa buat goals healthy lifestyle versimu sendiri dan melihat progress-nya di aplikasi DoCheck lho. Aplikasi ini cocok banget buat membuat goals dan tasks yang akan kamu lakukan setiap hari. Kamu bisa download aplikasinya secaara gratis di Play Store dan App Store. Yuk sama-sama berubah menjadi lebih sehat dan produktif bareng DoCheck!

Baca juga: Rumus Produktif Farhan Jijima. Cek To-do Listnya!


Scroll to Top