Wajib Tahu! 7+ Dos & Don’ts dalam Kerja Sama Bisnis


Kerja sama bisnis atau partnership adalah hubungan yang wajar kamu temui dalam menjalin usaha. Bahkan, menjalin kerja sama dengan partner bisnis bisa jadi solusi bagi kamu yang ingin melebarkan usaha, lho. Kamu bisa meraih berbagai manfaat apabila menjalankan kerja sama dalam usahamu.

Beberapa peluang kerjasama usaha yang bisa kamu raih adalah peluang untuk mendapat bantuan dana, mempercepat jalannya suatu proyek, bahkan kamu bisa meraih pangsa pasar yang lebih luas.

Apakah kamu tertarik untuk coba menjalin kerja sama bisnis? Ketahui dulu apa saja hal yang perlu kamu lakukan dan hindari. MinCheck bakal bagikan dos and dont’s untuk kamu yang mau menjalin kerja sama usaha. Simak artikel ini sampai habis, ya!

Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Menjalin Kerja Sama Bisnis

Jika kamu berencana untuk mencari partner kerjasama usaha, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk menjaga hubungan baik dengan partner-mu. MinCheck sarankan kepadamu untuk coba melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Jalin Komunikasi Intens dengan Rekan Bisnis

Komunikasi intens sangat diperlukan dalam kerja sama bisnis.
Komunikasi intens sangat diperlukan dalam kerja sama bisnis. (Gambar Andrea Piacquadio via Pexels)

Ketika kamu menjalani hubungan dalam bentuk apapun, komunikasi yang baik adalah kuncinya. Begitu pun ketika kamu menjalin kerja sama bisnis. Kalau perlu, kamu bisa menjalin komunikasi rutin harian untuk sekedar sharing mengenai bisnis dan ide yang kamu punya. Maka dari itu, kamu perlu rajin berkomunikasi dengan partner bisnis. Menurut laman Ekrut, ada banyak hal yang bisa kamu raih dari komunikasi yang baik dengan rekan bisnis kamu. Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan:

  • Untuk memahami karakteristik dan jalan pikiran masing-masing.
  • Membangun chemistry.
  • Mempermudah kamu dalam penyelesaian konflik dan hambatan.
  • Saling meningkatkan motivasi.
  • Mengembangkan inovasi dalam pengembangan ide dan pengambilan keputusan.

Baca Juga: Cara Sederhana Meningkatkan Skill Komunikasi

2. Lakukan Effort yang Setara

Apakah kamu pernah merasa kalau kerja keras yang kamu lakukan tidak dibarengi dengan effort yang setara dari rekanmu? Jika kamu pernah merasakannya, seharusnya kamu juga lebih sadar untuk selalu memberikan effort maksimal dalam setiap kerja sama bisnis yang kamu jalin. Maka dari itu, berikan usaha dan kerja keras yang semaksimal mungkin dalam kerja sama yang kamu jalin.

Meskipun bidang yang kamu jalankan berbeda, kamu harus tetap memberikan kerja yang maksimal, ya, DoCheckers. Jangan sampai kamu justru terlalu mengandalkan orang lain dan tidak melakukan apa pun untuk berkontribusi dalam bisnis yang kamu jalin.

3. Hargai Setiap Perbedaan

Dalam sebuah hubungan antar personal, kamu tidak akan asing dengan yang namanya perbedaan. Ketika kamu menjalani kerja sama bisnis dengan seseorang dengan berbagai latar belakang yang berbeda denganmu, besar kemungkinan akan timbul perbedaan pendapat dan pandangan. Di situlah kamu perlu menunjukkan rasa hormat agar hubungan yang harmonis bisa tetap terjalin. Ternyata, menghargai pendapat orang lain itu ada manfaatnya juga, lho. Dilansir dari laman sodexo, terdapat beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan. Di antaranya adalah:

  • Memupuk rasa solidaritas dengan rekanmu.
  • Hak seseorang dalam mengutarakan pendapat bisa terpenuhi, sehingga dapat menumbuhkan rasa percaya dirinya pula.
  • Mendapat ide atau pandangan baru dari perspektif yang berbeda.

Jika kamu belum terbiasa untuk menerima perbedaan, kamu perlu melatih pola pikirmu supaya menjadi open minded. Hal ini juga akan bermanfaat bagi kamu dalam menjalin kerja sama bisnis karena kamu akan menjadi sosok yang bisa menerima perbedaan, optimis, dan kuat secara mental, lho.

Baca Juga: Sulit Menerima Perbedaan? Kenali Apa Itu Open Minded

4. Siapkan Exit Plan dari Kerja Sama Bisnis

Siapkan exit plan untuk berjaga-jaga.
Siapkan exit plan untuk berjaga-jaga. (Gambar monicore via Pexels)

Memang benar kalau kamu perlu memiliki sikap optimis dalam memandang peluang kerja sama usaha. Akan tetapi, nggak ada salahnya untuk memiliki exit plan atau rencana cadangan apabila kerja sama bisnis yang kamu lakukan gagal. Akan tetapi, jika kamu ingin sedikit lebih aman, susun perjanjian kerja sama yang mengikat untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Hal yang Tidak Boleh Kamu Lakukan Ketika Menjalin Kerja Sama Bisnis

Dalam bekerja sama, tentu ada juga hal-hal yang sebaiknya kamu hindari. Apa saja hal-hal yang tidak boleh kamu lakukan? Simak list berikut ini, ya!

1. Jangan Jalin Kerja Sama Bisnis dengan Orang yang Tidak Kamu Ketahui

Hubungan kerja sama dalam bisnis memungkinkan kamu untuk tidak hanya bekerja dengan orang-orang yang kamu kenali, tetapi juga dengan orang asing. Tentunya, kamu tidak mau kerja sama yang kamu bangun berujung buntung, kan? Oleh karena itu, MinCheck sarankan untuk mencari tahu dulu background calon partner kamu. Lebih bagus lagi jika kamu pernah bekerja sama dengannya dalam suatu proyek tertentu. Dengan demikian, kamu tidak hanya mengetahui background calon rekanmu, tetapi juga bagaimana kinerjanya dalam bekerja. Setelah itu, barulah kamu bisa menaruh kepercayaan.

2. Jangan Menyerah pada Rekanmu

Jika kamu menemukan konflik, jangan terburu-buru untuk memutus hubungan. Apabila kamu mempunyai komunikasi yang baik dengan rekanmu sejak awal, kamu bisa mendiskusikan problematika yang ada terlebih dahulu. Dengan demikian, kamu bisa lebih tahu dulu soal permasalahannya. Misalnya, rekan bisnismu memiliki berbagai urusan lain, sehingga tidak memiliki waktu untuk mengurus bisnismu. Jika begitu, kamu perlu memintanya untuk lebih bisa mengatur waktu agar bisnis yang kamu dan rekanmu jalankan bisa terus berjalan dengan baik.

Baca Juga: Tips Manajemen Waktu Saat Bekerja Biar Nggak Gampang Stress

Sementara itu, jika kamu tak bisa menemukan solusi dari suatu permasalahan dengan rekanmu, kamu baru boleh mengambil tindakan yang lebih keras. Kamu tak perlu terlalu khawatir karena hal seperti ini wajar terjadi dalam kerja sama bisnis.

3. Jangan Terlalu Mengedepankan Unsur Kekerabatan dan Pertemanan

Salah satu masalah yang biasa ditemui dalam kerja sama bisnis adalah tak bisa lepas dari unsur kekerabatan atau pertemanan. Alhasil, kamu jadi kerap merasa sungkan dengan partner bisnismu, baik dari segi pengambilan keputusan ataupun hanya untuk menegur rekanmu. Memang benar kamu perlu menerima segala perbedaan, tetapi bukan berarti kamu nggak boleh menyanggah pendapat orang lain, ya! Jika kamu punya memiliki gagasan lain, cobalah untuk menyampaikannya dengan cara yang baik.

4. Jangan Sampai Kehilangan Kepercayaan

Jangan sampai kamu dan rekanmu kehilangan kepercayaan.
Jangan sampai kamu dan rekanmu kehilangan kepercayaan. (Gambar Yan Krukov via Pexels)

Sebuah hubungan kerja sama bisnis tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak dilengkapi dengan kepercayaan. Pernahkah kamu merasa tidak yakin dengan apa yang dilakukan rekanmu? Hasilnya, kamu malah stres dan takut sendiri karena tidak percaya dengan apa yang dilakukan rekanmu. Contoh lainnya, rekanmu telah berulang kali melakukan kesalahan, sehingga kamu perlahan kehilangan kepercayaan. Tentunya, kamu tidak ingin memercayakan bisnismu kepada orang yang sudah tidak kamu percaya lagi, kan?

Namun, hal tersebut juga berlaku sebaliknya. Maka dari itu, kamu perlu memiliki fondasi kepercayaan yang kokoh dengan rekan bisnismu agar bisa mencapai kesuksesan dalam bisnis sesuai yang kamu inginkan.

Sekarang kamu sudah lebih tahu tentang apa saja hal yang perlu dilakukan dan tidak boleh dilakukan saat menjalin hubungan kerja sama bisnis, kan? Agar tidak lupa, kamu bisa mencatat seluruh dos & don’ts yang MinCheck bagikan di atas. Kamu bisa menggunakan aplikasi DoCheck untuk mencatatnya, lho. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk mengatur kegiatan kamu sehari-hari, misalnya untuk mencatat jadwal meeting dengan rekan bisnismu, dan masih banyak lagi. Unduh DoCheck di Play Store dan App Store sekarang juga.


Scroll to Top