7 Karakteristik Creativepreneur yang Wajib Dimiliki


Setiap orang yang dapat meraih kesuksesan pasti memiliki berbagai karakteristik untuk mendorong mereka menuju kesuksesan. Tak peduli bidang apa pun yang kamu geluti, karakteristik yang kuat amat diperlukan untuk sukses. MinCheck salut, sih, dengan karakteristik para pengusaha yang merintis bisnisnya dari nol, apalagi seorang creativepreneur. MinCheck yakin pasti karakteristik creativepreneur sangat kuat, sih.

Bicara soal creativepreneurship, kamu sudah tahu belum apa itu creativepreneur? Menurut Oxford Learner’s Dictionaries, creativepreneur adalah seorang pengusaha yang bergerak di bidang kreatif. Dengan kata lain, seorang creative entrepreneur harus mampu mengombinasikan antara kreativitas dengan sisi bisnis atau komersialnya. Wah, kedengarannya menarik ya, DoCheckers? Terus, kira-kira karakteristik creativepreneur yang yang sukses itu apa saja, ya?

Karakteristik Creativepreneur yang Patut Diteladani

Kalau menurut kamu, apa saja, sih, karakteristik yang harus dimiliki seorang creativepreneur? Apakah harus punya pemikiran kreatif dan kemampuan untuk berinovasi? Apakah sifat pantang menyerah? Hmm, apa saja, ya? Akan tetapi, kalau dipikir-pikir, bidang creativepreneur itu kan sangat beragam, ya. Terlepas dari kemampuan yang harus mereka miliki sesuai dengan bidang yang digeluti, apa saja sih, karakteristik seorang creativepreneur?

Daripada kamu repot-repot mikir dan searching, MinCheck sudah siapkan, nih, list karakteristik creativepreneur sukses yang bisa kamu teladani. Terutama, buat kamu yang ingin terjun ke dunia usaha kreatif. Simak artikel ini sampai habis, ya!

1. Karakteristik Creativepreneurship yang utama: Kreatif dan Inovatif

Creativepreneurship harus kreatif dan inovatif.
Seorang creativepreneur harus kreatif dan inovatif. Gambar Pixabay via Pexels.

Baca Juga: Penting Untuk Membuat Konten, Ini Cara Tingkatkan Kreativitas

Kalau sifat yang satu ini, sepertinya sudah pasti dimiliki oleh seorang creativepreneur, sih. Kemampuan untuk berinovasi memang sangat diperlukan untuk dapat bersaing dengan pebisnis lain. Akan tetapi, seorang creativepreneurship dengan karakteristik yang mampu berinovasi saja rasanya tak cukup. Mungkin kamu sering melihat seorang yang kreatif dan inovatif, tetapi ia tak bisa men-deliver idenya dengan baik. Alhasil, ide cemerlang hasil kreasi dan inovasi tersebut menjadi sia-sia, seakan tak ada harganya.

By the way, Pandji Pragiwaksono juga salah satu contoh orang yang memiliki karakteristik creativepreneur yang bisa kamu contoh, lho. Jika kamu ingin mengembangkan ide kreatif dan inovatif, kamu bisa melakukannya dengan hal-hal simpel seperti menonton kanal YouTube mengenai pengembangan diri yang dapat memotivasi kamu.

Baca Juga: Produktif dengan Menonton Video 5 YouTube Channel Ini

2. Tidak Takut Gagal dan Berani Mencoba

Karakteristik creativepreneur yang satu ini sebenarnya masih berhubungan dengan poin pertama di atas. Bayangkan, apabila seseorang memiliki minat, bakat, dan pemahaman di bidang bisnis kreatif, tetapi tak berani memulai atau mencoba. Kira-kira, apa yang akan terjadi, DoCheckers? Benar, tidak akan terjadi apa-apa. Namun, minat dan bakat yang dimilikinya akan terbuang sia-sia hanya karena ia takut gagal, sehingga tak berani mencoba menjalankan bisnisnya.

Kalau menurut MinCheck, takut untuk gagal itu sebenarnya wajar, sih. Namun, kamu juga perlu ingat kalau kegagalan itu adalah suatu proses yang perlu kamu rasakan ketika baru mencoba hal yang baru. Sederhananya, sih, anggap saja kegagalan sebagai sebuah hambatan yang perlu kamu lewati. Lagipula, setiap hal yang kamu geluti, pasti akan menemui hambatan juga pada akhirnya, bukan? Itu semua tergantung apakah kamu bisa bangkit dari hambatan itu atau tidak. Kalau kata para motivator, sih, kesuksesan hanya untuk mereka yang berani mencoba.

3. Pantang Menyerah dan Mau Berkembang adalah Karakteristik Creativepreneur Sejati

Creativepreneur harus pantang menyerah
Creativepreneur harus memiliki sifat pantang menyerah agar bisa terus mengembangkan diri dan usahanya. Gambar Allan Mas via Pexels.

Jika kamu ingin menjadi seseorang yang sukses, kamu perlu memiliki keinginan untuk terus berkembang. Ketika dihadapkan dengan kritikan, seorang creativepreneur dengan karakteristik yang baik, serta mental yang kuat justru akan dengan senang hati untuk menerimanya. Hal itu dikarenakan ia sudah menganggap bahwa kritik yang disampaikan itu adalah bentuk saran atau masukan untuk memajukan bisnisnya. Terlepas dari sepedas apa kritik yang diberikan kepadanya.

Wah, keren banget, kan? Kamu juga seharusnya menanamkan mental seperti ini, nih, DoCheckers. Jangan menganggap kritikan sebagai sesuatu yang berusaha kamu hindari, tetapi anggaplah itu sebagai masukan atau dorongan untuk membuatmu semakin berkembang. Bahkan, menurut laman Harvard Business Review, penerimaan kritik yang baik dapat memicu kamu untuk menumbuhkan kreativitas, lho. Kalau mau jadi orang yang sukses, MinCheck rasa kamu perlu menjadi pribadi yang open minded dahulu agar bisa menerima perbedaan pendapat.

Baca Juga: Sulit Menerima Perbedaan? Kenali Apa Itu Open Minded

4. Jujur dengan Diri Sendiri dan Orang Lain

Pernahkah kamu melihat seorang creativepreneur yang tidak jujur? Ia mengaku bahwa karya yang dihasilkannya adalah hasil jeri payahnya sendiri, tetapi sebenarnya merupakan hasil curian karya orang lain. Entah dari ide dan konsepnya, bahkan sampai keseluruhannya. Maka dari itu, seorang creativepreneur harus memiliki karakteristik sebagai seorang yang jujur.

5. Bisa Melihat Peluang

Karakteristik creativepreneur selanjutnya adalah mampu melihat peluang bisnis dengan baik. Tentunya, nyaris tak mungkin untuk menggeluti bisnis yang tak terdapat saingannya. Akan tetapi, seorang pengusaha yang baik tidak akan takut dengan hambatan ini. Sebaliknya, kamu justru akan semakin terpacu untuk berinovasi dan menghasilkan sesuatu dapat membuat usahamu berbeda dari sainganmu. Bahkan, kamu juga memiliki peluang untuk melampauinya.

Nyatanya, kepekaanmu untuk melihat berbagai peluang yang ada hanya akan menguntungkanmu untuk menemukan dan mengeksekusi ide serta inovasi barumu. Lebih baik lagi jika kamu bisa mengeksplor ide peluang yang belum tersentuh orang lain. Kalau kata Pandji Pragiwaksono sih, sedikit lebih beda lebih baik daripada sedikit lebih baik“.

6. Hybrid Skill

Untuk memulai langkah menjadi seorang creativepreneur sukses, kamu dituntut untuk memiliki beberapa keahlian berbeda. Terutama jika kamu masih merintis bisnis, sih. Hal ini dipelrukan agar kamu bisa menarik perhatian calon konsumen atau klien agar tertarik dengan produk atau jasa kreatif yang kamu sediakan. Misalnya, kamu adalah seorang graphic designer yang berbakat. Akan tetapi, kamu tidak bisa memasarkan produk atau jasamu. Maka, percuma juga, kan? Mau bagaimanapun, tetap tidak ada yang melirik kamu karena tidak ada yang tahu.

Sementara itu, jika kamu paling tidak mengerti basic ilmu untuk memasarkan produk dan jasamu sebagai seorang desainer grafis, kamu akan lebih mudah untuk mendapat tawaran kerja, bukan? Nggak cuma itu, kamu juga bisa mengombinasikan kemampuan yang kamu miliki dengan kemampuan berupa soft skill dan hard skill lainnya, lho. Misalnya, seperti content writing ataupun copywriting. Sudah mulai terbayang peluang cuan-nya yang lebih besar belum?

Baca Juga: Kenali Perbedaan Content Writer, Copywriter, dan UX Writer

7. Peduli dengan Pelanggan

Seorang creativepreneur juga harus peduli dengan pelanggannya.
Seorang creativepreneur juga harus peduli dengan pelanggannya. Gambar Pixabay via Pexels.

Selain itu, karakteristik creativepreneur lainnya yang harus kamu miliki adalah peduli dengan pelanggan. Sebaik apapun inovasi dan perencanaan yang kamu lakukan, tak akan ada gunanya apabila kamu tak memperhatikan pelanggan. Ada kalanya kamu sebagai seorang pengusaha untuk memahami kebutuhan dan keluhan pelanggan. Dengan demikian, kamu bisa membuat para pelanggan merasa nyaman dan dipedulikan. Alhasil, kamu berkesempatan mendapat seorang pelanggan yang loyal dengan usahamu, sekaligus menjalin networking.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan feedback langsung dari para pelanggan mengenai hasil kerja dan produkmu. Kamu jadi bisa tahu dimana letak kekurangannya dan apa saja yang perlu diperbaiki.

Menjadi seorang creativepreneur dengan karakteristik yang mendukung memang tak mudah. Akan tetapi, kamu bisa kok melatih semua karakteristik creativepreneur yang MinCheck bagikan di atas. Ingat baik-baik ya, DoCheckers, kalau there’s always room for improvement. Kalau menurut MinCheck sih, kamu hanya perlu jalani saja apa yang kamu yakini dan senangi untuk sekarang. Perlahan, karakteristik seorang creativepreneur dalam dirimu pasti akan muncul sendiri dibarengi dengan pengalamanmu yang semakin banyak.

Baca Juga: Membuat To Do List untuk Capai Goals, Gimana Caranya?

Apakah kamu sudah lebih mengetahui tentang apa itu creativepreneur dan karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang creativepreneur? Jika kamu ingin menjadi seorang creativepreneur sukses, susunlah rencana dan berbagai hal yang perlu kamu lakukan dengan membuat to-do list. Gunakan aplikasi DoCheck untuk menyusun to-do list dan capai goals pribadimu. Download DoCheck di Play Store dan App Store sekarang juga.


Scroll to Top