hobi nyentrik jarang dilirik

Hobi Nyentrik yang Jarang Dilirik, Pernah Dengar?


Akhir-akhir ini MinCheck lagi senang mantengin Youtube. Surprisingly, MinCheck menemukan satu konten menarik mengenai salah satu komedian yang lagi naik daun, yaitu Dustin Tiffani. Setelah menyimak lebih jauh, ternyata Dustin punya hobi nyentrik, lho. Komedian yang satu ini punya hobi ikutan kuis di Twitter dan mendengarkan radio. Dewi fortuna sepertinya sedang berada di pihak Dustin, dari situlah Dustin Tiffani mulai masuk TV dan tampil di berbagai acara. Wihhh keren, ya?

Biasanya hobi dilakukan untuk mengisi waktu luang dan kesenangan semata. Namun, tahukah kamu kalau terdapat berbagai hobi nyentrik di belahan di dunia ini? Apakah hobi kamu salah satunya? Yuk, check this out!

Baca juga: Perbedaan Passion dan Hobi, Yuk Cari Tahu Perbedaannya!

Hobi Nyentrik yang Jarang Dilirik

Hobi nyentrik yang sudah jarang dilirik, hmm apa saja tuh?
Hobi nyentrik yang sudah jarang dilirik, hmm apa saja tuh? (Foto Donald Tong via Pexels)

Ngomongin soal kata nyentrik, dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia nyentrik memiliki arti berperilaku, bergaya eksentrik, aneh, tidak wajar. Lalu, apa saja sih yang termasuk ke dalam hobi tersebut? Yuk simak ulasan dari MinCheck dan jangan skip artikelnya, ya!

1. Filateli, Hobi Nyentrik yang Jarang Dilirik Lagi

Filatelis, si kolektor perangko.
Filatelis, si kolektor perangko. (Foto Bich Tran via Pexels)

Dilansir dari Tirto, tanggal 29 Maret merupakan hari peringatan filateli. Filateli sendiri merupakan hobi atau aktivitas mengumpulkan perangko atau benda pos lainnya. Namun jangan salah, semakin lama usia koleksinya maka semakin tinggi pula harganya.

Kemudahan dalam berkomunikasi saat ini membuat hobi mengumpulkan perangko sedikit terlupakan. Hmm.. mungkin kalau kamu berada di tahun-tahun sebelum ada alat komunikasi seperti smartphone masih bisa relate, ya?

Baca juga: Hobi Memasak? Aplikasi DoCheck Bisa Bantu Catat Resep

2. Mengoleksi Tanda Tangan

Hobi ngumpulin tanda tangan? Ini salah satu hobi yang cukup nyentrik.
Hobi ngumpulin tanda tangan? Ini salah satu hobi yang cukup nyentrik. (Foto Pixabay via Pexels)

Sebetulnya hobi mengoleksi tanda tangan tuh nggak lekang oleh waktu. Namun bagi sebagian orang hobi yang satu ini mungkin dianggap tidak ada faedahnya. Eits, balik lagi pada pribadi masing-masing, sesuai dengan definisinya kalau hobi itu dilakukan untuk bersenang-senang. Kalau kamu suka dengan hobi tersebut, kenapa nggak? Sah-sah saja, kok. MinCheck pun akan senang kalau dapat tanda tangan musisi yang MinCheck suka.

Andi Istiabudi bahkan memenangkan rekor muri sebagai kolektor tanda tangan terbanyak. Andi memiliki hobi mengoleksi 576 tandatangan tokoh terkenal. Hobi tersebut digeluti sejak dia berada di bangku SMA pada tahun 2000. Gokil, niat banget, ya?

3. Berburu Giveaway

Suka berburu giveaway di Instagram?
Suka berburu giveaway di Instagram? (Foto cottonbro via Pexels)

Nah, hobi yang satu ini juga gak kalah nyentrik. Berburu giveaway biasanya dilakukan melalui Twitter, namun sekarang giveaway bisa dilakukan melalui sosial media seperti Instagram. Biasanya, syarat ikut giveaway bermacam-macam, seperti harus follow, retweet atau repost, mention akun teman, like postingan, dan lain-lain. Kalau kamu sedang hoki, kamu bisa dapat hadiah lho! Hadiah yang ditawarkan pun nggak main-main, dimulai dari yang receh sampai gadget dengan harga fantastis. Mantap!

Sebetulnya, kenapa sih ada yang namanya giveaway? Dilansir dari Skill Academy, giveaway adalah teknik marketing suatu perusahaan atau brand untuk berinteraksi dengan audiens. Selain itu, apa saja keuntungan dari mengadakan giveaway ini?

  • Meningkatkan engagement antara brand dengan audiens
  • Menambah jumlah followers
  • Meningkatkan brand awareness
  • Lebih hemat biaya dan waktu

4. Cosplay

Hobi cosplay juga termasuk hobi yang nyentrik.
Hobi cosplay juga termasuk hobi yang nyentrik. (Foto meijii via Pexels)

Dilansir dari Superapp, cosplay biasanya dikaitkan dengan peragaan kostum. Cosplay sendiri adalah peragaan kostum yang biasanya menyerupai tokoh fiksi, kartun, anime, manga, dan lain-lain. Cosplay pun nggak sesederhana yang kamu bayangkan. Perlu skill make-up juga lho agar kamu benar-benar mirip dengan tokoh yang kamu peragakan.

Masih dilansir dari Superapp, bayaran untuk seorang cosplayer pun nggak main-main. Cosplayer yang terkenal seperti Lola Zieta bahkan bisa mendapatkan bayaran hingga milyaran. Tahun 2020, Lola meraup pendapatan hingga 1,2 miliar. Wuihhh, gede banget, ya?

Baca Juga: Mengenal Cosplay, Hobi Unik dari Jepang

5. Mengoleksi Action Figure

Mengoleksi action figure merupakan hobi yang cukup nyentrik.
Mengoleksi action figure merupakan hobi yang cukup nyentrik. (Foto Melike Benli via Pexels)

Pernahkah kamu terkesima dengan salah satu action figure saat menonton sebuah film atau series? Ternyata, ada lho orang yang senang mengoleksi action figure untuk kesenangan semata. Namun hobi nyentrik yang satu ini merogoh kocek yang tidak sedikit. Dilansir dari Jakarta Notebook, beberapa kolektor menjadikan hobi ini sebagai investasi karena action figure yang dibeli dapat dijual kembali nantinya.

Nah, itulah sederet hobi nyentrik yang sekarang udah jarang dilirik. Hobi-hobi di atas ternyata memiliki penggemar tertentu. Kalau kamu mau coba, boleh banget! Gak ada salahnya kan coba hal baru?

Ngomongin soal hal baru, kamu bisa lho simpan hobi nyentrik ini di goals aplikasi DoCheck. Dalam goals yang kamu buat, kamu bisa bikin list tasks yang perlu kamu lakukan. Yuk cobain aplikasi DoCheck sebagai aplikasi pengembangan diri kamu. Selain itu, kamu juga bisa lihat goals dari para KOL terkenal. Pas banget buat kamu yang butuh inspirasi dan to-do list harian.

DoCheck juga dilengkapi fitur reminder biar kamu gak kelewat goals dan taskmu. Yuk download aplikasinya secara gratis di Play Store dan App Store.

Baca juga: Sederet Hobi yang Menghasilkan Cuan bagi Pelajar


Scroll to Top