hobi cosplay

Mengenal Cosplay, Hobi Unik dari Jepang


Berbicara soal hobi, apakah kamu punya hobi yang kamu suka? Kalau kamu melakukan hal tersebut, akan timbul energi positif, bahkan bisa membuat stresmu mereda. MinCheck punya salah satu hobi yang bisa membuat MinCheck senang, yaitu mendengarkan musik. Hobi setiap orang tentu beragam, ada yang hobinya umum seperti dengar musik seperti MinCheck, sampai hobi yang unik atau nyeleneh. Ada satu hobi unik orang Indonesia yang terinspirasi dari pop culture Jepang, hobi tersebut adalah cosplay.

Tidak bisa dipungkiri kalau pop culture Jepang sudah menjadi bagian dari generasi muda saat ini. Kamu mungkin familier dengan anime, manga, musik J-pop. Pop culture Jepang mempunyai tempat tersendiri di hati penggemarnya. Apakah kamu salah satunya?

Apa itu Cosplay?

Apa itu cosplay?
Apa itu cosplay? (Foto meijii via Pexels)

Cosplay sendiri berasal dari kata costume dan play yang berarti memperagakan suatu tokoh melalui sebuah kostum. Istilah cosplay pertama kali diciptakan Nobuyuki Takahashi dan Studio Hard karena dia terkesan dengan orang-orang yang memakai kostum di pagelaran Konvensi Fiksi Ilmiah Dunia pada tahun 1984 di Los Angeles. Dilansir dari Japanese Station, sekarang cosplay menjadi bisnis besar di Jepang. Bahkan, dengan bermunculannya acara cosplay membuat cosplay menjadi fenomena internasional.

Dilansir dari Cosplayer Indonesia, cosplay adalah hobi yang mahal karena cosplayer memerlukan banyak properti pendukung seperti kostum yang ingin diperankan, wig yang sesuai dengan karakter yang diperankan, hingga aksesoris pendukung lainnya.

Jenis-Jenis Cosplay

Ternyata terdapat beberapa jenis-jenis cosplay yang perlu kamu ketahui. Hmm, apa saja ya? Berikut ini adalah jenis-jenis cosplay di Indonesia:

  • Cosplay Original
  • Anime atau Manga
  • Game
  • Cosplay Gothic
  • Cosplay Tokusastsu

Wahh, ternyata cosplay itu sangat beragam ya? Apakah kamu tertarik untuk mencoba?

Setelah mengetahui cosplay dan jenis-jenis cosplay, MinCheck ingin sharing kalau cosplay gak sekadar gaya-gayaan. Bahkan hobi ini bisa jadi ladang uang, lho. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa cosplayer terkenal yang bahkan bisa go internasional. Wuihhh, keren banget, kan? Siapa saja sih cosplayer tersebut?

Cosplayer yang Mengharumkan Bangsa Indonesia

Foto Sherlintsu via Instagram

Seperti yang MinCheck sebutkan di atas, terdapat beberapa cosplayer asal Indonesia yang sudah mengharumkan nama bangsa Indonesia. Berikut ini daftar cosplayer tersebut.

  • Ryan CYD
  • Sherlin Tsu
  • Lola Zieta
  • Punipun
  • Mayuna Reena

Belajar Soft Skill Lewat Hobi Cosplay

Kamu bisa belajar soft skill lewat hobi cosplay.
Kamu bisa belajar soft skill lewat hobi cosplay. (Foto meijii via Pexels)

Meskipun hobi yang satu ini bisa dibilang cukup kompleks. Namun, kamu bisa belajar soft skil lewat cosplay. Dilansir dari Cosplay Advice, berikut ini soft skill yang bisa kamu dapatkan lewat hobi cosplay.

1. Problem-Solving

Salah satu soft skill yang bisa kamu dapatkan melalui hobi cosplay adalah problem-solving. Membuat kostum cosplay tidak semudah yang dibayangkan, kamu perlu mencari cara supaya kostum cosplay-mu menjadi sempurna. Ada pun aksesoris lain yang perlu ditambahkan seperti pedang, membuatmu harus mengeluarkan ide-ide brilian supaya aksesoris yang kamu buat persis dengan tokoh yang kamu peragakan.

2. Skill Komunikasi

Kamu pun bisa mengasah skill komunikasimu lewat hobi cosplay. Sebagai contoh, kamu memerlukan bantuan untuk memperagakan tokoh yang kamu suka. Namun masalahnya, kamu tidak tahu cara memulainya. Kamu bisa bertanya di forum pecinta cosplay dan ini akan meningkatkan pertemananmu.

3. Time Management

Time management merupakan salah satu soft skill yang perlu kamu kuasai. Uniknya, melalui hobi cosplay kamu bisa belajar memanajemen waktu dengan baik. Sebagai contoh, kamu akan memperagakan suatu tokoh tertentu di sebuah event, kamu pasti deadline kapan kostummu akan selesai dan perlengkapan lainnya bisa dirampungkan.

4. Money Management

Hobi cosplay akan terasa mahal kalau kamu tidak mempunyai money management yang baik. Nah, kamu perlu menentukan budgeting yang baik agar hobi cosplaymu tidak merogoh kocek yang banyak.

Baca juga: Yuk Simak Soft Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja!

Hobi Cosplay bagi Kesehatan Mental

Menjaga kesehatan mental sangatlah penting. Pasalnya kesehatan mental yang baik, berdampak baik pula bagi kegiatan sehari-hari. Masih dilansir dari Cosplay Advice, berikut ini adalah dampak baik hobi cosplay bagi kesehatan mental melalui hal-hal berikut ini

1. Berkreasi Melalui Cosplay

Nah, melalui hobi cosplay, kamu bisa mengekespresikan dirimu sendiri dengan kreativitas. Hal ini baik bagi kesehatan mental karena mangasah kreativitasmu. Dilansir dari SehatQ, kreativitas dapat mencegah masalah-masalah mental seperti gangguan kecemasan dan stres. Selain itu, kreativitas dapat membuat fokusmu menjadi lebih baik.

2. Hobi Cosplay Membuatmu Produktif

Melalui cosplay, kamu dapat menyibukkan diri untuk tetap produktif. Pasalnya, menjadi produktif baik bagi kesehatan mental. Bayangin, kalau kamu gak punya sesuatu yang bisa dikerjakan. Hal ini hanya akan membuat kamu overthinking dan memikirkan hal yang belum tentu terjadi. Huft, lelah juga ya kalau seperti itu?

Baca juga: Rumus Produktif Farhan Jijima. Cek To-do Listnya!

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Apakah kamu termasuk orang yang tidak memiliki rasa percaya diri yang tinggi? Mungkin hobi cosplay bisa kamu coba! Pasalnya, melalui cosplay kamu bisa ‘pamer’ kemampuan dan keterampilanmu. Hal ini baik bagi kesehatan mentalmu!

4. Cosplay ‘Memaksamu’ untuk Berinteraksi

Hal ini ada kaitannya dengan meningkatkan skill komunikasi, cosplay memaksamu untuk berinteraksi bersama orang dengan minat yang sama. Bakal seru banget, kan?

Nah, itulah hobi unik dari Jepang yang bernama cosplay! Gimana? Tertarik buat coba? Ternyata ada manfaatnya juga ya bagi kesehatan mental? Ternyata hobi gak sekadar buat senang-senang, namun bisa berguna bagi perkembangan diri.

Baca juga: Sederet Hobi yang Menghasilkan Cuan bagi Pelajar

Kalau kamu tertarik menjadi cosplayer, kamu bisa simpan info dari MinCheck ini di aplikasi DoCheck. Kamu bisa siapkan goals dan tasks yang perlu kamu lakukan untuk menjadi seorang cosplayer. Yuk download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang juga! Aplikasinya gratis lho!


Scroll to Top