Journaling

Journaling Itu Bermanfaat, Ini Publik Figur yang Melakukannya


Journaling adalah kegiatan yang sudah ada semenjak ribuan tahun lalu. Salah satu jurnal tertua yang pernah ditemukan adalah milik Kaisar Romawi Markus Aurelius. Ia menulis pemikiran dan pengamatan pribadinya di sana tanpa ada maksud untuk dipublikasikan. Namun, sekarang, kamu bisa menemui jurnal miliknya dalam bentuk buku yang berjudul “Meditation”.

Lalu apa yang membuat kegiatan ini masih dilakukan hingga sekarang? Mungkin salah satu alasannya adalah karena journaling memiliki banyak manfaat. Terutama bagi kesehatan mental dan emosional penulisnya.

Journaling adalah kegiatan yang sederhana dan mudah dilakukan. Kamu hanya perlu sebuah buku dan pulpen, kemudian langsung bisa menuliskan apa pun di sana. Siapa sangka, sesuatu yang sederhana seperti ini ternyata memiliki banyak manfaat.

Banyaknya manfaat dari journaling menjadikannya sebagai sebuah kegiatan yang banyak dilakukan orang. Tak terkecuali publik figur. Kira-kira siapa saja ya publik figur yang melakukan journaling selain Markus Aurelius?

Baca Juga: Journaling: Pengertian dan Manfaatnya

Emma Watson

Emma Watson five minutes journaling
Emma Watson di The Earthshot Prize Awards Ceremony, Alexandra Palace, Inggris, Minggu, 17 Oktober 201. (AP Photo/Scott Garfitt)

Emma Watson, seorang aktris yang dikenal lewat perannya sebagai Hermione Granger di serial Harry Potter ternyata juga sering menulis jurnal. Ia mengakuinya dalam sebuah video di kanal British Vogue. Ia menyebut kegiatan yang ia lakukan ini sebagai “five minutes journaling”.

Ia biasa menulis pernyataan positif tentang dirinya dan 3 hal yang dapat ia syukuri. Di akhir hari, ia menulis lagi 3 hal luar biasa yang terjadi di hari itu. Menurutnya, dengan begini, ia dapat mengetahui bagaimana membuat sesuatu hal-hal yang terjadi tersebut agar lebih baik.

Maudy Ayunda

Mengutip Dream, dalam sebuah acara peluncuran produk kecantikan pada 4 November 2021 lalu, Maudy Ayunda mengatakan, “It’s (journaling) helping me connect with myself. Saat menuliskan perasaan, aku feel more connected dan lebih mengerti diri aku”. Selain itu, menurutnya, journaling dapat meminimalisir terjadinya kecemasan di kondisi pandemi Covid-19 seperti sekarang.

Maudy Ayunda juga menambahkan bahwa jurnal juga bisa menjadi productivity tool. Bukan hanya sekadar planner, kita juga bisa melakukan refleksi diri, melacak progres goals. Sangat penting untuk “berhenti sejenak” dan berpikir mengenai apa saja yang bisa kita syukuri.

Baca Juga: Aesthetic Journaling: Cara Membuat dan Manfaatnya

Dian Sastrowardoyo

Siapa sih yang gak kenal Dian Sastrowardoyo? Pemeran Cinta di Ada Apa Dengan Cinta ini ternyata aktif menulis jurnal loh selama pandemi Covid-19. Kegiatan ini sebelumnya sering terlewatkan karena aktivitas sebelum pandemi yang padat.

Mengutip laman Kompas, dalam sebuah video di kanal YouTube Daniel Mananta Network, Dian Sastro mengatakan, “Sekarang tuh malah ada waktu untuk journaling atau you now have time for yourself”. Ia menganggap bahwa menulis di atas kertas jauh berbeda feel-nya dengan mengetik. “There’s a special power in writing,” tambahnya.

Baca Juga: Twenty Five Twenty One, Drakor yang Journaling Banget!

Oprah Winfrey

oprah winfrey menulis jurnal
Foto diambil dari Tempo

Oprah Winfrey ternyata sudah menulis jurnal semenjak berumur 15 tahun. Pada umur 20-an, ia banyak menuliskan puisi tentang pria yang menyakitinya. Beranjak ke umur 40 tahun, ia mulai menggunakan jurnal untuk bersyukur.

Kamu penasaran sama jurnal yang ditulis Pembawa acara The Oprah Winfrey Show ini? Tenang, kamu bisa melihat di laman miliknya, kok.

Joseph Gordon-Levitt

Joseph Gordon-Levitt biasa menulis jurnal
Foto oleh Kevork Djansezian dari Reuters

Joseph Gordon-Levitt adalah aktor lain yang juga biasa menulis jrunal. Ia melakukan hal ini sebagai bentuk refleksi diri. Mengutip artikel yang ditulis oleh Dailytude, Joseph mengatakan bahwa ia sangat menyukai journaling. Terlebih ketika sedang ada hal yang membuat ia kesal.

Bahkan, Joseph juga ikut mengajak orang-orang di sekitarnya untuk mulai menulis melalui media sosialnya. Menurutnya, menulis dapat membuat perasan menjadi lebih baik.

Banyaknya manfaat dan mudah untuk dilakukan membuat journaling banyak dilakukan oleh orang, tak terkecuali publik figur. Jadi, kamu kapan nih mulai coba buat jurnal? Lumayan loh nanti bisa kamu baca lagi untuk mengingat kembali kejadian-kejadian yang sudah berlalu. Tau gak apalagi yang bisa bantu kamu mengingat sesuatu? DoCheck!

DoCheck bisa bantu kamu bikin to-do-list sebagai pengingat apa saja yang akan dilakukan. Gak hanya itu, kamu juga bisa buat goals di sana. Nanti DoCheck bakal kasih tips-tips yang bisa memudahkanmu mewujudkannya. Makanya, yuk segera download aplikasi DoCheck di Google Play Store sekarang. Gratis!

Baca Juga: 3 Manfaat Menulis dan Tips Menjadi Penulis

Sekian dari DoCheck mengenai beberapa publik figur yang menulis jurnal. Semoga, ini bisa menginspirasi kamu untuk mulai menulis jurnal, ya!


Scroll to Top