pentingnya analisis SWOT

Pentingnya Analisis SWOT untuk Bisnismu, Yuk Simak!


Membuat bisnis berkembang memerlukan strategi yang mumpuni. Di samping persiapan memulai usaha, kamu juga perlu memerhatikan hal-hal krusial seperti analisis bisnis. Salah satu analisis bisnis yang bisa kamu pakai adalah analisis SWOT atau Strength, Weakness, Opportunities, dan Threats. Kamu perlu tahu pentingnya analisis SWOT untuk kembangkan bisnismu.

Sebagai pebisnis, tentunya kamu ingin bisnismu terus berkembang dan diminati oleh banyak orang, kan? Oleh karena itu, kamu perlu memikirkan strategi khusus dan efektif agar bisnis kamu semakin meroket. Agar kamu lebih aware dengan analisis bisnis yang satu ini, yuk simak ulasan MinCheck berikut ini dan baca artikelnya sampai selesai, ya!

Pengertian Analisis SWOT

Pengertian analisis SWOT yang perlu kamu tahu
Pengertian analisis SWOT yang perlu kamu tahu (Foto via Freepik)

Apa itu SWOT dalam bisnis? Singkatnya, analisis bisnis yang satu ini mengidentifikasi kelebihan, kekurangan, peluang, serta ancaman bagi perusahaan. Sebagai pebisnis, kamu bisa menganalisis strength atau kelebihan serta weakness atau kekurangan yang ada pada internal perusahaanmu.

Kamu perlu menganalisis kelebihan dan kekurangan dari produkmu sehingga kamu bisa bersaing di pasar. Tentunya, dengan kekuatan produkmu, kamu bisa lebih mudah membidik target pasar dari produkmu.

Lanjut, yaitu opportunities atau peluang dan threats atau ancaman yang merupakan faktor eksternal yang memengaruhi perusahaanmu. Hal yang bisa kamu analisis dalam pilar ini adalah kompetitor, tren, bahkan user needs atau kebutuhan pelanggan.

Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Strength atau Kekuatan

Komponen pertama dalam analisis SWOT adalah strength atau kekuatan. Pada komponen ini, kamu bisa fokus pada kekuatan dari bisnis yang kamu miliki.

Kekuatan dari bisnismu dapat dianalisis dengan memerhatikan hal seperti berikut.

  • Apa kelebihan dari produkmu?
  • Hal apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan penjualan?
  • Apa yang perlu ditingkatkan agar produkmu lebih unggul dari kompetitor?
  • Apa keunikan dari produkmu?

Weakness atau Kelemahan

Komponen selanjutnya dalam analisis SWOT adalah weakness atau kelemahan bisnis. Kamu bisa menganalisis kelemahan produkmu dengan memerhatikan hal-hal seperti berikut ini.

  • Pelayanan apa yang perlu ada di bisnismu?
  • Hal apa saja yang perlu ditingkatkan?
  • Apa saja yang dapat memengaruhi penurunan penjualan?

Baca juga: 5+ Tips Promosi Produk Paling Efektif Meningkatkan Penjualan

Opportunities atau Peluang

Sebagai pebisnis kamu haruslah pintar melihat peluang. Opportunities adalah komponen yang termasuk ke dalam analisis SWOT. Kamu bisa memerhatikan hal seperti berikut ini.

  • Tren apa yang sedang berkembang di masyarakat?
  • Kesempatan apa yang bisa kamu ambil dan eksekusi?

Threats atau ancaman

Ancaman bagi perusahaan juga dapat kamu analisis dengan memerhatikan hal-hal seperti berikut ini.

  • Perubahan apa yang dapat mengancam bisnismu?
  • Apa saja hambatan yang dihadapi oleh bisnismu?
  • Apakah ada aturan tertentu yang dapat mengancam perusahaanmu?

Nah, itulah komponen-komponen krusial dalam analisis SWOT yang perlu kamu perhatikan dalam berbisnis. Tentunya kamu perlu merinci hal-hal tersebut agar kamu bersama timmu dapat menemukan solusi yang pas untuk menangani komponen-komponen SWOT tersebut.

Pengertian Analisis SWOT Menurut Para Ahli

Menurut Philip Kotler, analisis SWOT adalah evaluasi terhadap keseluruhan kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman. Analisis ini merupakan analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan yang dikenal luas.

Sementara itu, menurut Ferrel dan Harline (2005) fungsi dari analisis SWOT untuk mendapatkan informasi mengenai dari analisis situasi dan memisahkannya dalam pokok persoalan internal (kekuatan dan kelemahan) dan persoalan eksternal (peluang dan ancaman).

Pentingnya Analisis SWOT bagi Perusahaan

Inilah pentingnya analisis SWOT untuk kembangkan bisnismu
Inilah pentingnya analisis SWOT untuk kembangkan bisnismu (Foto via Freepik)

Mengapa analisis SWOT penting? Analisis yang satu ini menjadi strategi penentu keberlangsungan bisnismu. Kamu bisa menganalisis masa depan dari bisnismu melalui analisis ini.

Dilansir dari Jurnal, manfaat analisis SWOT bagi perusahaan atau usaha adalah membantu perusahaan dalam menentukan prioritas yang harus dieksekusi. Selain itu, tanpa adanya analisis SWOT, kamu tidak akan mengetahui potensi dari bisnismu. Hasilnya? Bisnismu terancam gagal, bahkan bisa saja gulung tikar.

Perusahaan terbentuk dari faktor internal dan eksternal. Analisis SWOT membantu para stakeholder dalam menganalisis faktor internal dan eksternal ini. Potensi apa yang dipunya perusahaan? Apa yang menjadi pembeda perusahaanmu dengan milik orang lain? Seberapa jauh perusahaan dapat berkembang? Nah, kamu bisa mengetahui jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut melalui analisis SWOT.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini 10 Faktor Keberhasilan dan Kegagalan Usaha

Fungsi SWOT untuk Kembangkan Bisnismu

Analisis SWOT berperan penting dalam perkembangan bisnismu dan membantu mencapai tujuan bisnis, ada banyak banget fungsi SWOT untuk perusahaan. Kira-kira apa saja fungsinya? Simak ualsan dari MinCheck berikut ini.

Meningkatkan Kualitas Produk

Fungsi atau manfaat analisis SWOT adalah membantu kamu dan tim dalam meningkatkan kualitas produk. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan kamu sudah mengetahui kekurangan dari produk atau bisnis yang sedang kamu jalankan.

Kamu bisa menganalisis weaknesses dari perusahaan sehingga bisa terus memperbaiki. Tentunya, produk sebuah bisnis bisa saja berubah-ubah sewaktu-waktu mengikuti kebutuhan pasar.

Ibarat manusia, ketika kamu mengetahui kelemahanmu, pasti kamu akan berusaha semaksimal mungkin untuk memperbaiki diri. Betul tidak, DoCheckers?

Memanfaatkan Peluang

Dengan menganalisis opportunities atau peluang yang ada, kamu bisa membentuk dan menciptakan produk sesuai dengan kebutuhan konsumen. Sebagai contoh, pada awal pandemi banyak bisnis strap mask bertebaran. Pebisnis seperti ini adalah mereka yang memanfaatkan peluang. Hasilnya? Tentu saja cuan.

Salah satu mindset yang perlu diterapkan seorang pebisnis adalah membantu target pasar untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Baca juga: Apa itu Target Pasar? Yuk Ketahui Cara Menentukannya!

Membantu Menentukan Strategi

Strategi bisnis gak bisa ditentukan secara sembarangan. Strategi bisnis yang kurang efektif bisa saja membuat kantong perusahaanmu jebol atau justru membuang banyak waktu dan tenaga untuk hasil yang percuma.

Anggap saja, analisis SWOT membantu perusahaanmu dalam mengeksekusi strategi pemasaran yang cocok untuk bisnismu. Seperti yang kamu tahu kalau strategi pemasaran itu ada banyak banget macamnya.

Meraup Keuntungan

Apa sih tujuan bisnis? Tentu saja untuk meraup keuntungan sebanyak-banyaknya. Dengan mengetahui kebutuhan pasar, kamu bisa meningkatkan penjualan produk. Analisis SWOT mampu membantu kamu dalam menganalisis seberapa besar kekuatan dari bisnismu untuk bisa bersaing dengan kompetitor. Apalagi kalau bisnis yang kamu jalankan memiliki banyak kompetitor dan persaingan yang ketat.

Menganalisis Keuangan Perusahaan

Analisis SWOT membantu perusahaan dalam menentukan prioritas. Oleh karena itu, perusahaan dapat dengan mudah menentukan hal-hal yang urgensinya tinggi. Hal ini sedikit banyak juga memengaruhi kondisi keuangan perusahaan. Singkatnya, analisis SWOT dapat meminimalisir pengeluaran yang tidak perlu. Inilah pentingnya analisis SWOT dalam bisnis.

Faktor yang Memengaruhi

Dalam analisis SWOT perusahaan terdapat dua faktor yang memengaruhi yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari perusahaan, yaitu kekuatan dan kelemahan. Sementara itu, faktor eksternal adalah faktor yang berasal dari luar perusahaan.

Faktor Internal Komponen Analisis SWOT

Menganalisis faktor internal dalam perusahaan dapat dilakukan dengan cara berikut ini.

  • Mengetahui potensi dari bisnis;
  • Keuangan atau finansial perusahaan;
  • Sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan;
  • Pengalaman perusahaan.

Faktor Eksternal Komponen Analisis SWOT

Sementara itu, cara yang bisa dilakukan untuk menganalisis faktor eksternal dengan cara berikut ini.

  • Tren yang sedang beredar di masyarakat;
  • Peraturan dari pemerintah;
  • Lingkungan;
  • Sumber permodalan;
  • Perkembangan teknologi.

Nah DoCheckers, sekarang kamu sudah tahu kan apa yang dimaksud dengan analisis SWOT serta fungsinya bagi perusahaan? Selain itu, kamu sudah tahu dong ya mengenai pentingnya analisis SWOT bagi perusahaan? Kamu bisa terapkan ini ini di dalam bisnismu agar bisnis yang sedang berjalan dapat terus berkembang.

Komponen-komponen analisis SWOT yang beragam ini bisa kamu list di dalam aplikasi DoCheck, lho! Caranya gimana? Kamu hanya perlu download aplikasi DoCheck dan membuat goals-mu sendiri. Kamu bisa memasukkan list dari MinCheck di atas ke dalam bentuk goals.

DoCheck juga membantu kamu dalam share goals yang kamu punya. Kamu bisa berbagi goals dengan rekan kerja, teman, atau yang lainnya. Sebagai aplikasi social to-do list pertama di Indonesia, DoCheck membantu kamu meraih impianmu dengan cara berbagi goals. Yuk segera download aplikasi DoCheck di Play Store dan App Store secara gratis!


Terbaru

Kategori

Scroll to Top