Tips promosi produk

5+ Tips Promosi Produk Paling Efektif Meningkatkan Penjualan


Saat kamu berusaha menjadi seorang pebisnis, ada banyak hal yang akan kamu pelajari. Mulai dari menyusun rencana bisnis, menetapkan target pasar, menjalankan promosi, hingga melakukan tansaksi. Tips promosi produk ini bisa menjadi poin yang paling penting dan memberikan pengaruh besar terhadap bisnis yang kamu jalankan. 

Mungkin DoCheckers ada yang belum tahu strategi atau cara mempromosikan produk yang bisa membuat penjualan makin meningkat. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang pengertian dan tips promosi produk yang perlu kamu ketahui!

Apa Itu Promosi Produk?

Pengertian promosi produk untuk membantu mengembangkan bisnismu.
Promosi produk membantu mengembangkan bisnismu. Foto oleh Dominika Roseclay via Pexels

Dilansir dari Jurnal.id promosi penjualan adalah salah satu strategi dalam bisnis untuk meningkatkan minat pelanggan untuk membeli produk perusahaan. Menurut Ben M. Enis, penulis Marketing Principles dan Marketing Classics, pengertian dari promosi sendiri adalah promosi adalah sebuah komunikasi yang menginformasikan target pasar akan adanya produk. Seseorang yang bekerja secara khusus untuk mempromosikan suatu produk atau jasa biasa disebut marketer.

Berdasarkan KBBI, promosi berarti perkenalan (dalam rangka memajukan usaha, dagang, dan sebagainya). Jadi, promosi produk bisa diartikan sebagai upaya kamu dalam mengenalkan produk yang kamu jual. Semakin banyak orang yang mengenal produkmu, berarti memungkinkan penjualan untuk semakin meningkat. Untuk kamu yang sedang menjalankan bisnis dan ingin mendapatkan penjualan yang fantastis, pasti membutuhkan strategi promosi. Apa saja tips promosi produk yang bisa kamu lakukan? Simak cara promosi yang baik berikut sampai habis, ya!

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Lho 5 Persiapan Memulai Usaha untuk Pemula

Tips Promosi Produk Biar Jualan Nggak Sepi

Bagi pebisnis, barang yang berhasil terjual pasti jadi hal yang ditunggu-tunggu. Pada saat masa sulit atau masih baru awal merintis, mungkin satu barang yang laku jadi momen yang sangat berkesan bagi kamu. Namun, agar bisnis bisa berjalan terus pastinya kamu membutuhkan adanya jumlah penjualan yang meningkat. Selain itu, agar bisnis kamu bisa berkembang kamu juga membutuhkan lebih banyak pelanggan. Oleh karena itu, seorang pebisnis harus mengetahui strategi dan cara promosi yang baik sehingga bisa meningkatkan penjualannya.

Bagi kamu yang belum mulai berbisnis tapi sedang merencanakannya. Kamu bisa melihat ini sebagai langkah-langkah yang bisa kamu persiapkan dari awal. Saat berbisnis pasti menyenangkan untuk melihat bagaimana usaha kamu berkembang. Makanya, jangan ragu untuk memulai karena hal kecil yang kamu mulai bisa menjadi hal besar nantinya setelah kamu usahakan. Langsung saja, ke tips promosi yang pertama.

1. Promosi Jualan dengan Iklan yang Menarik

Iklan yang menarik bisa menaikkan penjualan.
Iklan yang menarik bisa menaikkan penjualan. Foto oleh Jorge Soto Farias via Pexels

Apakah kamu pernah merasa lebih tertarik melihat iklan daripada melihat tayangan di Tv? Atau pernah tidak melewati iklan dengan skip ketika menonton YouTube? Begitulah iklan yang menarik bisa dikatakan sukses memancing atensi kamu untuk menyimaknya. Orang yang awalnya tidak mengetahui produk yang kamu jual bisa tahu dan tertarik untuk memilikinya. Gunakan kreativitasmu untuk membuat iklan yang menarik target pelangganmu!

Dilansir dari Cermati, dalam membuat iklan, kamu sebaiknya memperhatikan beberapa hal berikut agar iklanmu bekerja dengan efektif menarik pelanggan.

  • Pahami produk yang akan kamu promosikan lewat iklan
  • Tentukan tujuan pembuatan iklan
  • Cari tahu kondisi kompetitor dan pahami target pelanggannya
  • Lakukan identifikasi target pasar produk yang kamu jual
  • Pertimbangkan saluran pemasaran atau pengiklanan yang akan digunakan

2. Cara Promosi Produk dengan Menggunakan Berbagai Platform

Apa saja saluran pemasaran yang bisa kamu gunakan? Berikut ini beberapa jenis dan penjelasannya.

  • Paid Search Saluran iklan berbayar yang memungkinkan iklan untuk ditampilkan pada mesin pencari atau situs tertentu
  • Paid Social Iklan berbayar yang bakal ditampilkan di sejumlah media sosial, misalnya Instagram, Facebook, atau Twitter.
  • E-mail Marketing Saluran iklan yang bisa mengirimkan pesan komersial seperti promosi dan newsletter via e-mail.
  • Video Marketing Iklan video yang bisa ditampilkan di sejumlah platformseperti Youtube, dan termasuk juga media sosial.

Baca juga: 5+ Contoh Media Promosi Online untuk Kembangkan Bisnismu

Kamu bisa mencoba platform pengiklanan yang paling bisa kamu jangkau. Misalnya dengan menggunakan sosial media. Iklan di sosial media bisa berupa ads atau kreasi konten. Misalnya kamu membuat konten yang mengandung call to action ke produk yang kamu promosikan. Dalam marketing hal ini biasanya disebut soft selling. Atau kamu membuat ads secara langsung dengan menggunakan poster pengumuman. Hal seperti ini biasanya disebut hard selling. Nah, seperti itulah cara promosi online agar cepat laku.

Kamu juga bisa menggunakan beberapa platform sekaligus. Sesuaikan dengan tujuan pengiklananmu, target pasar yang ingin kamu jangkau, dan budget keuangan yang kamu sediakan untuk keperluan promosi. Apabila kamu mengerjakan bisnismu bersama tim, mungkin kamu akan perlu membentuk tim marketing yang mengerjakan secara khusus kegiatan promosi produk yang kamu buat. Apabila kamu masih dalam tahap mencari partner bisnis, kamu bisa melakukan promosi dengan saluran yang menurutmu paling mudah dan bisa memenuhi tujuan promosimu.

3. Pakai Strategi Reward untuk Konsumen

Pernahkah kamu tergiur untuk membeli barang yang sedang promo seperti buy one get one atau membeli produk A akan mendapatkan hadiah B? Kamu bisa meniru cara promosi jualan ini apabila memungkinkan. Reward yang kamu berikan kepada konsumen bisa menyesuaikan kondisi keuangan atau ketersediaan produk yang kamu punya. Meski strategi ini sangat sering berhasil memikat pelanggan, tapi kamu perlu perhitungan yang tepat agar strategi ini tidak membuatmu rugi.

Kamu bisa gunakan diskon untuk menarik pelanggan baru.
Kamu bisa gunakan diskon untuk menarik pelanggan baru. Foto oleh Karolina Grabowska via Pexels

Selain tips promosi produk diatas, coba melakukan evaluasi kesetiaan pelanggan setelah melakukan strategi ini. Apabila pelanggan yang berasal dari promosi ini bertahan, berarti produk kamu sudah baik dan tingkat penjualanmu bisa aman. Namun, apabila pelanggan yang berasal dari promosi ini ternyata hanya bertahan saat promosi berlangsung, kamu perlu mengetahui kenapa mereka ‘pergi’. Hal ini bisa kamu lakukan dengan menganalisis produk atau menganalisis harga jual yang kamu berikan.

4. Gunakan Strategi Bundling

Tips promosi produk selanjutnya yaitu dengan bundling atau penggabungan ini merupakan strategi yang cocok untuk kamu yang memiliki produk dengan beragam jenis atau bisa dibuat paketan. Misalnya seperti produk skincare, peralatan journalling, alat tulis sekolah, fashion, makanan, dan sebagainya. Kamu bisa membuat paket-paket ini terlihat lebih murah daripada membelinya satu persatu. Jangan lupa untuk membuat perhitungan yang matang agar tidak mengalami kerugian. Tips promosi produk ini bisa kamu lakukan beberapa kali dalam penjualan.

5. Buat Promo pada Waktu Tertentu

Selain strategi yang tepat, kamu juga perlu memikirkan waktu yang tepat untuk memaksimalkan promosi yang kamu lakukan. Misalnya kamu bisa melakukan promosi di momen-momen istimewa seperti saat kemerdekaan, saat tahun baru, saat akhir tahun, saat tanggal kembar, dan sebagainya. Kamu jadi memiliki timeline promosi yang jelas dan tidak berlarut-larut. Promosi yang tidak jelas jangka waktunya bisa mengurangi atensi pelangganmu.

6. Cara Promosi Produk yang Baik dengan Batasan Waktu

Seperti yang disebutkan sebelumnya, waktu untuk promosi menjadi hal yang penting untuk ditentukan dan dipertimbangkan. Kamu bisa melakukan promosi selama satu bulan, dua minggu, atau selama tujuh hari. Setelah menemukan waktu yang tepat untuk melakukan promosi, coba buat batasan waktunya. Promosi yang menarik pasti akan berhasil memikat pelanggan dalam jumlah banyak meski dilakukan dalam waktu yang singkat.

Kesimpulan

Pada dasarnya, cara promosi yang baik dilakukan untuk menaikkan penjualan dan membuat bisnis bisa berkembang. Apabila melakukan promosi melalui platform dan saluran pemasaran yang berbeda, iklan produk pada media online perlu dibuat dengan mengikuti sejumlah cara agar mampu secara efektif menyampaikan pesannya. Oleh karena itu, jika ingin membuat iklan produk secara efektif pada media online, kamu sangat perlu berpikir kreatif!

Tips promosi produk di atas yang ingin kamu lakukan bisa kamu tulis di aplikasi DoCheck agar semakin terorganisir. Kamu juga bisa menerapkan cara mempromosikan produk diatas bersama tim bisnismu, lho! Tunggu apa lagi? Download aplikasinya di Play Store dan App Store sekarang!

Baca juga: 13 Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa, Dijamin Cuan!


Terbaru

Kategori

Scroll to Top