tips sukses hari pertama kerja

5+ Tips Sukses di Hari Pertama Kerja yang Wajib Dilakukan


Hari pertama kerja sebagai karyawan baru umumnya menjadi hari yang menegangkan dan membuat perasaan campur aduk. Pasalnya itu adalah hari yang penting, hari dimana kamu akan memberikan first impression terhadap orang lain. Di hari pertama kerja tentunya kamu mau membuat first impression yang baik terhadap rekan kerja kamu kan? Dilansir dari The Discovery Way, first impression atau kesan pertama dapat dengan mudah membentuk reputasi jangka panjang di tempat kerja. Untuk itu kamu wajib melakukan beberapa hal ini agar sukses di hari pertama kerja.

MinCheck yakin kamu sudah mengeluarkan banyak energi dan waktu untuk bisa sampai di titik ini, seperti melamar kerja ke sana sini, menyiapkan portofolio, melakukan interview, kegagalan, dan sebagainya. Selanjutnya, kamu harus mempersiapkan diri untuk hari pertamamu agar berkesan. Nah, biar kamu gak salah langkah, MinCheck ingin berbagi tips hari pertama kerja.

Tips Sukses Hari Pertama Masuk Kerja

Tips hari pertama masuk kerja
Tips hari pertama masuk kerja, apa saja? (Foto Moose Photos via Pexels)

Berikut ini hal yang wajib kamu perhatikan di hari pertama masuk kerja, biar kamu enggak bingung hari kerja pertama ngapain. Simak ulasannya di bawah dan baca artikelnya sampai selesai~

1. Penampilan yang Rapi

Meski ada pepatah yang mengatakan ‘don’t judge book by its cover‘, namun tetap perlu kamu perhatikan penampilanmu. Pastikan memakai baju yang sopan ketika memasuki hari pertama bekerja.

Dilansir dari Glints, kamu dapat meriset gaya berpakaian yang diterapkan perusahaan. Kamu harus tahu aturan berpakaian di tempat kamu bekerja. Kamu dapat menanyakan hal tersebut pada sesi wawancara, gaya berpakaian seperti apa yang perusahaan terapkan. Jangan sampai kamu salah kostum, ya!

Contohnya, perusahaan tempatmu bekerja mengharuskan karyawannya untuk memakai kemeja. Kalau kamu tidak tahu, bisa saja kamu salah kostum dengan memakai kaos. Kamu perlu beradaptasi dengan budaya kerja perusahaan. Gunakan pakaian yang rapi, first impression itu penting!

2. Datang Lebih Awal di Hari Pertama Kerja

Dilansir dari Indeed, pastikan kamu datang lebih awal setidaknya 15 menit sebelum jam masuk kantor. Kamu bisa menimbang rute tercepat menuju tempat kerjamu. Jangan sampai kamu terlambat di hari pertama kerja.

Keterlambatan bisa membuat first impressionmu jadi kurang baik. Namun, apabila kamu mengalami kendala ketika menuju tempat kerja, kamu bisa memberitahu HRD terlebih dahulu. Jangan menghilang tanpa kabar, buktikan kalau kamu memang kandidat yang layak dipilih.

3. Cobalah untuk Rileks

Hari pertama masuk kerja memang memberimu perasaan nervous. Namun hal itu wajar kok! Untuk membuat dirimu lebih rileks, kamu bisa beristirahat lebih awal pada malam hari sehingga energimu jadi full.

Istirahat yang cukup memberimu energi untuk memulai hari esok. Ingat ya, merasa nervous itu wajar banget untuk karyawan baru. Namun seiring berjalannya hari, kamu akan terbiasa. Yakinkan dirimu kalau kamu bisa, hadapi semuanya dengan semangat dan pikiran positif.

4. Hari Pertama Kerja? Saatnya Memperkenalkan Diri

Kamu dapat memperkenalkan diri secara sopan kepada rekan kerja. Sapalah rekan kerjamu dengan ramah, approach mereka untuk berteman. Dilansir dari Karir.com, kamu juga perlu mengingat nama rekan kerja. Hal ini perlu dilakukan untuk mempermudah komunikasi.

Mungkin kamu tak asing dengan pepatah ‘tak kenal maka tak sayang‘. Untuk membangun koneksi yang lebih kuat dengan rekan kerjamu, kamu bisa memulai dengan perkenalan dan berteman.

5. Gabung Makan Siang Bersama Rekan Kerja

Gabung makan siang bersama rekan kerja bisa menjadi salah satu cara untuk berbaur dengan mereka. Dilansir dari Eudeka, kamu bisa memulai basa-basi kepada rekan kerja. Selain itu, kamu juga bisa mengenal karakter masing-masing rekan kerjamu. Dengan begitu, komunikasimu menjadi lebih lancar.

Mungkin akan terasa canggung di awal, tapi tidak ada salahnya mencoba. Hal ini bisa menjadi pembuktian kalau kamu memang mau menjadi bagian dari rekan kerjamu. Kamu bisa memulai obrolan mengenai hal-hal sederhana, jangan takut bertanya atau memulai percakapan, ya!

6. Matikan Smartphone

Dilansir dari Indeed, kamu bisa mematikan smartphone apabila diperlukan. Mengapa demikian? Hal ini dilakukan agar kamu tetap fokus pada pekerjaanmu. Selain itu, melihat smartphone terlalu sering juga nggak baik. Bisa saja kamu dianggap tidak profesional lho!

Perlu kamu garisbawahi bahwa first impression merupakan hal krusial di dalam dunia kerja. Orang akan selalu mengingat kamu di hari pertama masuk kerja dan itu akan berlaku selamanya. Jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari karena kamu melakukan kesalahan di hari pertama masuk kerja. Dimanapun kamu berada, teruslah menunjukkan positive attitude agar orang menghormatimu. Namun, jangan lupa untuk menghormati rekan kerjamu juga, ya!

MinCheck mengucapkan selamat untuk kamu yang sudah diterima kerja! Ini adalah langkah awal untuk memulai kariermu. Lakukan yang terbaik dan jangan berhenti belajar.

Kamu bisa mencatat tips dari MinCheck di aplikasi DoCheck. Aplikasi ini cocok banget untuk kamu yang sedang mengembangkan diri dan butuh aplikasi to-do list untuk bikin kegiatanmu jadi lebih teratur. Selain itu, ada banyak banget goals dari KOL yang bisa kamu tiru seperti cara agar CV-mu dilirik oleh HRD. Semuanya lengkap dan siap kamu praktikkan! Yuk segera download aplikasi DoCheck di Play Store dan App Store secara gratis. Gas!

Baca juga: 5 Kebiasaan untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja


Scroll to Top