tips salah jurusan kuliah

Salah Jurusan Kuliah? Gak Perlu Khawatir, Simak Tips Berikut!


Hidup memang perihal benar atau salah, gak pernah ada yang abu-abu. Kadang kamu berada di satu titik dimana kamu merasa salah dalam memilih sesuatu, termasuk salah ambil jurusan kuliah. Hal ini sedikit banyak pasti menyiksamu, ya? Namun gak perlu khawatir, tidak ada kata terlambat untuk mengatasi hal ini.

Kamu bisa simak tips dari MinCheck saat kamu mengalami yang namanya salah jurusan, seperti berikut ini.

1. Menikmati Prosesnya

Nikmati prosesnya meski salah jurusan kuliah.
Nikmati prosesnya meski salah jurusan kuliah. (Foto Tirachard Kumtanom via Pexels)

Kedengarannya sepele, tapi MinCheck yakin pasti sangat sulit menikmati sesuatu yang menurut kamu gak tepat. MinCheck selalu ingat kalimat ‘terbentur, terbentur, terbentuk’, setiap proses yang kamu lewati selama hidup akan membentuk diri kamu seutuhnya, baik saat ini atau di masa depan.

Salah jurusan memang gak mudah untuk dijalani. Kamu bisa mencoba mengikuti proses belajar secara perlahan. Selalu ingat alasan kamu memulai sesuatu.

Gak ada salahnya juga untuk membuat goalsmu sendiri agar kamu tahu step apa saja yang perlu kamu lakukan.

Baca juga: Fitur Goals DoCheck Bisa Bantu Wujudkan Resolusimu!

2. Cari Tahu Prospek Kerja Jurusan Kuliahmu!

Biar gak makin bingung, cari tahu prospek kerja jurusan kuliahmu.
Biar gak makin bingung, cari tahu prospek kerja jurusan kuliahmu. (Foto Christina Morillo via Pexels)

Dilansir dari Pijar Info, kamu bisa meriset prospek kerja jurusan kuliahmu agar kamu tahu career pathmu. Ngomongin soal career path, dilansir dari Glints berikut ini adalah tips dalam menentukan career path:

  • Tentukan tujuan selama berkarier
  • Susun rencana 5 tahun dan 10 tahun ke depan
  • Ketahui tipe kepribadianmu

Dengan mengetahui career pathmu ke depannya, kamu akan lebih termotivasi untuk terus belajar meskipun kamu merasa berada di jurusan yang salah. Pelan-pelan saja, nggak perlu terburu-buru karena semuanya butuh proses.

Baca juga: Ingin Membangun Karir Hingga Sukses? Coba To-do List Ini!

3. Ikuti UKM atau Komunitas Sesuai Interest atau Hobimu

Salah pilih jurusan kuliah? Yuk coba ikut UKM atau organisasi kampus!
Salah pilih jurusan kuliah? Yuk coba ikut UKM atau organisasi kampus! (Foto Dio Hasbi Saniskoro via Pexels)

Di kampus terdapat UKM atau Unit Kegiatan Mahasiswa yang bisa kamu ikuti. Kalau kamu merasa salah jurusan kuliah, kamu bisa menaruh interest atau hobimu pada Unit Kegiatan Kampus atau UKM untuk mengembangkan skill yang kamu punya. Selain ikut UKM, kamu juga bisa join komunitas berfaedah untuk mengisi waktu luangmu. Dilansir dari Campuspedia, mengikuti UKM yang sesuai dengan minat dan bakatmu dapat membantumu tetap betah di kampus.

Selain itu, apa saja sih manfaat ikut UKM bagi mahasiswa? Simak berikut ini!

Ikut UKM dapat Mengasah Soft Skill

Dilansir dari gokampus, mengikuti kegiatan UKM atau organisasi mahasiswa dapat mengasah soft skillmu. Soft skill tersebut antara lain kemampuan komunikasi, teamwork, problem-solving, manajemen waktu, hingga mengasah kreativitasmu, lho! Untuk itu, meskipun kamu merasa salah jurusan, kamu masih bisa ikut UKM yang menurutmu menarik!

Baca Juga: 7 Soft Skill yang Dibutuhkan dalam Dunia Kerja! Yuk Simak

Memperluas Koneksi

Memperluas koneksi bisa dilakukan dengan aktif kegiatan kampus seperti UKM atau organisasi mahasiswa. Kamu bisa berkenalan dengan orang baru yang tentunya berbeda dengan jurusan kuliahmu. Nah, dengan menambah koneksi tentu kamu bisa sharing berbagai hal.

Baca Juga: Peran Networking dalam Kesuksesan Rawtype Riot

Menambah Nilai di CV

Yup, dengan mengikuti UKM, bisa menambah nilai plus di CV-mu nanti. Kamu bisa menceritakan pengalaman kamu selama berorganisasi dan pencapaian yang kamu raih. Hal ini bisa bikin CV kamu dilirik HRD, lho!

Baca juga: Belum Punya Pengalaman Kerja? Tips Membuat CV untuk Fresh Graduate

4. Salah Jurusan Kuliah? Yuk Coba Ikut Kursus!

Tambah skill-mu dengan ikut kursus. (Foto Polina Tankilevitch via Pexels)

Jangan berkecil hati kalau kamu merasa salah ambil jurusan kuliah. Kamu bisa ikut kursus yang kamu minati untuk menambah keahlianmu. MinCheck punya rekomendasi aplikasi untuk mencatat goals yang ingin kamu capai.

Sebagai contoh, kamu ingin ikut kursus menjadi Graphic Designer handal. Kamu bisa catat goals dan tasks yang akan kamu kerjakan di aplikasi DoCheck. Aplikasi ini cocok banget bagi kamu yang ingin mengembangkan diri menjadi lebih produktif. Aplikasinya pun gratis, kamu tidak dikenakan biaya apa pun untuk menyimpan goals yang kamu punya.

Kalau kamu nggak punya cukup dana untuk mengambil kursus, kamu bisa mengikuti berbagai webinar gratis. Setiap minggunya DoCheck menyelenggarakan webinar gratis bareng KOL terkenal yang super inspiring. Kamu pun dapat melihat template goals yang mereka buat di aplikasi DoCheck. Mantap banget, kan?

5. Konsultasi dengan Senior Kampus atau Dosen

Cobalah konsultasi dengan senior atau dosen kampus.
Cobalah konsultasi dengan senior atau dosen kampus. (Foto mentatdgt via Pexels)

Biasanya setiap mahasiswa mempunyai dosen wali. Ibaratnya, dosen wali adalah orangtua di kampus, kamu dapat berkonsultasi mengenai kesulitan-kesulitanmu selama di kampus. Jangan sungkan untuk meminta saran dari beliau. Salah memilih jurusan memang sangat menyiksa, oleh karena itu alangkah lebih baiknya untuk berkonsultasi dan jangan memendam ini sendirian. Kalau kamu belum berani konsultasi dengan dosen, cobalah berkonsultasi dengan senior kampusmu. Siapa tahu kamu dapat insight baru dari mereka. Yuk semangat yuk!

Baca Juga: 5 Manfaat Salah Jurusan Kuliah, Memang Ada?

Nah, itulah tips dari MinCheck bagi kamu yang sedang merasa stuck karena salah memilih jurusan kuliah. Nggak apa-apa, MinCheck sangat yakin kalau kamu pasti bisa menghadapinya. Kembali pada poin pertama, yuk coba nikmati setiap prosesnya!

By the way, kalau kamu mau simpan tips dari MinCheck ini bisa banget lho! Kamu bisa simpan di aplikasi DoCheck yang bisa didownload di Play Store dan App Store. Yuk coba sekarang!


Scroll to Top