manfaat salah jurusan kuliah

5 Manfaat Salah Jurusan Kuliah, Memang Ada?


Pokoknya, mau masuk jurusan Ilmu Komunikasi! Iya, MinCheck yakin semua orang pasti menginginkan kuliah sesuai dengan passion yang dipunya. Namun yang namanya hidup tidak dapat diprediksi. Kadang kamu sudah punya mimpi masuk jurusan kuliah Ilmu Komunikasi, tapi ternyata salah jurusan dan malah masuk jurusan Teknik Informatika. Waduh, pasti berat ya menjalani sesuatu yang tidak sesuai dengan minatmu?

Namun tidak perlu berkecil hati. Kalau kamu sudah terlanjur basah masuk ke jurusan yang nggak sesuai dengan minatmu. Sesuai pepatah, pasti selalu ada hikmah di balik sebuah peristiwa, termasuk kegagalan. Agar tidak berlarut dalam kesedihan, MinCheck akan berbagi informasi manfaat apa saja sih yang kamu dapatkan meski kamu salah jurusan kuliah? Yuk simak apa saja manfaatnya. Check this out!

1. Salah Jurusan Kuliah Bikin Ilmu Pengetahuanmu Bertambah

Salah jurusan kuliah bikin ilmu bertambah.
Salah jurusan kuliah bikin ilmu bertambah. (Foto JESHOOTS.com via Pexels)

Jangan merasa yang kamu lakukan adalah hal yang sia-sia. Meski kamu salah jurusan, kamu tetap bisa mendapat ilmu pengetahuan baru. Memperkaya ilmu pengetahuan perlu untuk dilakukan agar kamu berkembang.

Sebagai contoh, kamu masuk jurusan Teknik Informatika padahal minat kamu berada di Ilmu Komunikasi, kamu tetap bisa mendapatkan ilmu ketika kuliah di jurusan Teknik Informatika. Kamu tetap bisa berpikiran positif kalau jurusan yang kamu ambil berpeluang besar untuk kariermu di masa depan. Daripada memikirkan yang buruk-buruk, lebih baik mencoba untuk tetap tenang dan berpikiran positif. Pasalnya pikiran positif berpengaruh besar terhadap fisik dan mentalmu lho!

Dilansir dari Hello Sehat, berikut ini adalah manfaat berpikiran positif untuk kesehatan:

  • Memperkuat sistem imun tubuh
  • Pikiran positif dapat mengalahkan berbagai macam penyakit
  • Tidak mudah stres dengan pikiran yang positif
  • Membuatmu lebih tangguh

2. Belajar Bertanggung Jawab

Coba untuk bertanggung jawab.
Coba untuk bertanggung jawab. (Foto lilartsy via Pexels)

Kamu harus menuntaskan sesuatu yang telah kamu mulai. Nah, dilansir dari Rencanamu, salah masuk jurusan kuliah membuatmu belajar untuk bertanggung jawab. Ketika kamu belajar bertanggung jawab atas sesuatu meskipun nggak kamu suka, maka kamu akan terbiasa dengan hal itu. Percayalah, tanggung jawab merupakan salah satu modal utama yang harus kamu persiapkan untuk kariermu kelak di dunia kerja. Ketimbang selalu ‘kabur’, lebih baik kamu bertanggung jawab dan berusaha menuntaskannya. MinCheck yakin ini bukan hal yang mudah. Namun setidaknya kamu sudah mencoba, kan? Yuk bisa yuk!

Baca juga: Salah Jurusan Kuliah? Gak Perlu Khawatir, Simak Tips Berikut!

3. Memiliki Skill Khusus Meski Salah Jurusan Kuliah

Tidak ada salahnya dengan punya banyak skill.
Tidak ada salahnya dengan punya banyak skill. (Foto ANTONI SHKRABA via Pexels)

Setiap jurusan tentunya menghasilkan skill tertentu yang gak semua orang bisa punya. Sebagai contoh, ketika kamu memutuskan untuk masuk jurusan Sastra Indonesia, kamu akan memiliki skill menulis yang belum tentu orang lain akan punya. Oleh karena itu, jangan pernah meremehkan skill jurusan apa pun, ya! Setiap jurusan kuliah pasti akan menghasilkan individu dengan skill yang berbeda-beda.

4. Punya Banyak Pilihan Karier

Asiknya punya banyak pilihan karier!
Asiknya punya banyak pilihan karier! (Foto Andrea Piacquadio via Pexels)

Gak hanya fokus ke satu bidang, setelah lulus kuliah kamu bisa punya berbagai pilihan karier berdasar minat atau jurusan kuliah yang sedang kamu tempuh. Beragam pilihan karier ini bisa jadi peluang kamu masuk ke bidang pekerjaan apa saja. Mantap, bukan?

Sebagai contoh, kamu menempuh jurusan kuliah akuntansi namun memiliki passion di bidang menulis. Ketika sudah lulus kuliah, kamu bisa mendapat peluang karier yang lebih banyak. Wih, seru kan? Karena banyak banget peluang yang bisa kamu coba! Mulai dari sekarang, kamu bisa mulai mencicil goals dan tasks apa saja yang harus kamu persiapkan untuk kariermu.

Aplikasi DoCheck dapat menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang sedang mencari aplikasi to-do list untuk mencatat goals dalam hidupmu. Selain membuat goalsmu sendiri, kamu bisa lihat berbagai goals dari KOL terkenal yang tentunya menginspirasi.

5. Belajar Menyukai Hal yang Tidak Kamu Suka

Salah jurusan kuliah membuatmu belajar menyukai hal yang gak kamu suka.
Salah jurusan kuliah membuatmu belajar menyukai hal yang gak kamu suka. (Foto Pixabay via Pexels)

Manfaat lain dari salah memilih jurusan kuliah adalah kamu bisa belajar menyukai hal yang tidak kamu suka. Seperti yang kamu tahu, masa depan tidak bisa diprediksi. Oleh karena itu, gak ada salahnya untuk prepare mulai dari sekarang, yang MinCheck maksud adalah prepare kalau sesuatu terjadi nggak sesuai dengan ekspektasimu.

Selain itu, dilansir dari Zona Mahasiswa, salah jurusan kuliah membuatmu untuk bisa tetap profesional. Maksudnya, kamu bisa menjadikan hal ini sebagai sebuah tantangan dan kamu berusaha untuk profesional dalam mengatasinya. For your information, profesionalisme ini menjadi soft skill yang wajib kamu punya dalam dunia kerja.

Baca juga: Terampil dengan Soft Skills ala Ananza Prili

Nah, itulah manfaat yang bisa kamu ambil meski kamu salah memilih jurusan kuliah. MinCheck yakin kamu bisa melaluinya dan lulus tepat waktu! Oleh karena itu, yuk belajar bertanggung jawab atas sesuatu yang sudah kamu pilih. Seperti yang ditekankan di atas kalau kamu harus berani menuntaskan apa yang sudah kamu mulai. Jadi tetap semangat!

Kamu juga dapat mencatat goals seperti goals untuk lulus tepat waktu, dapat IPK yang tinggi, dan lain sebagainya di aplikasi DoCheck. Aplikasi ini cocok banget untuk kawula muda yang sedang mengembangkan diri. Yuk download aplikasinya di Play Store dan App Store!

Baca juga: Cara Memulai Karier Lintas Jurusan ala Eva Fatmawati


Scroll to Top