Stay at home bersama keluarga

Stay at Home jadi Lebih Menyenangkan dengan DoCheck!


Stay at Home! Bertepatan dengan munculnya varian baru yang bernama Omicron, dunia tengah memasuki gelombang ketiga Covid-19. Terhitung sejak pertengahan Januari 2022, angka kasus Covid-19 di Indonesia cenderung terus mengalami kenaikan. Beberapa daerah, bahkan sudah menetapkan kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Di kondisi seperti sekarang, memang sudah paling bijak kalau kamu tetap stay at home. Tapi, yang namanya di rumah terus pasti bakal bosen juga kan lama-lama? Nah, untuk menyiasati hal itu, kamu perlu cari tahu dan rajin “bereksperimen” melakukan hal-hal baru agar stay at home kamu lebih menyenangkan!

Aplikasi DoCheck cocok banget loh untuk menunjang kegiatan atau aktivitas rumahan kamu. Terlebih di masa pandemi seperti sekarang. Terus, gimana sih caranya memanfaatkan aplikasi DoCheck untuk menunjang aktivitas harian kamu? Ini dia caranya!

Riset atau Cari Tahu Kegiatan Menyenangkan untuk Dilakukan di Rumah

Supaya stay at home kamu gak ngebosenin, kamu harus rajin-rajin mencari hal baru untuk dilakukan. Kamu bisa coba mencari referensi di internet, kegiatan menyenangkan apa saja yang bisa dilakukan selama masa PPKM. Tapi, kamu jangan sampai hanya mencarinya saja, ya. Kamu juga harus coba untuk melakukannya agar tahu hal apa saja yang menyenangkan bagimu.

Bercocok tanam, rajin-rajin memotret keluarga untuk dijadikan album, membuat calming jar, melihat sunset atau sunrise dari rumah, membuat kue, dan masih banyak hal lain yang bisa kamu lakukan. Kamu hanya harus rajin explore hal baru. Jika sudah mendapatkan banyak referensi kegiatan, catat di aplikasi DoCheck dalam bentuk goals, biar kamu gak lupa!

Baca Juga: Kegiatan Produktif Saat Liburan Nataru di Rumah Aja

Buat Beberapa Goal yang Berhubungan dengan Kegiatan di Rumah

Buatlah tiga goal dengan nama “Kegiatan Menyenangkan”, “Kebersihan Rumah”, dan “Rutinitas Umum”. Berikut ini penjelasan mengenai goals tersebut:

  1. Kegiatan Menyenangkan: berisi kegiatan-kegiatan menyenangkan yang sudah kamu cari tahu atau riset sebelumnya. Misalnya bercocok tanam, membuat calming jar, dan lain sebagainya.
  2. Kebersihan Rumah: berisi kegiatan yang berhubungan dengan kebersihan rumah. Mulai dari menyapu, mengepel, merapikan tempat tidur, dan lain sebagainya.
  3. Rutinitas Umum: berisi rutinitas umum yang biasa kamu lakukan. Misalnya mandi, tidur, makan, memberi makan hewan peliharaan, dan lain sebagainya.

Untuk menambahkan goals, tentu kamu harus membuka aplikasi DoCheck terlebih dahulu. Jika sudah membukanya, klik tombol “+” berwarna hitam yang berada di bagian tengah bawah halaman beranda aplikasi DoCheck.

Halaman beranda aplikasi DoCheck
Halaman beranda aplikasi DoCheck.

Baca Juga: Goals List Membuatmu Mencapai Tujuan

1. Isi Judul, Deskripsi, dan Masukkan Peserta Grup Goals jika Diperlukan

Jika sudah melakukan langkah yang pertama, kamu akan diminta untuk mengisi judul dan deskripsi goals. Isi judul sesuai dengan nama yang sudah disebutkan pada langkah pertama. Masukkan deskripsi sesuai dengan masing-masing goals.

Misal, untuk goal “Kegiatan Menyenangkan”, kamu bisa memasukkan, “Kumpulan kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan di rumah biar stay at home gak ngebosenin” pada kolom deskripsi. Tulislah sesuatu yang sifatnya mendeskripsikan goal yang akan dibuat.

Form buat goal baru
Form buat goal baru.

Khusus untuk goal “Kegiatan Menyenangkan”, kamu bisa menambahkan peserta yang merupakan anggota keluarga kamu. Dengan begitu, mereka juga bisa ikut menambahkan kegiatan-kegiatan menyenangkan lainnya di goal tersebut.

Cara menambahkannya, kamu hanya perlu klik tombol “+” berwarna hijau yang terletak di samping tulisan “Tambahkan Anggota”.

Ketik nama akun anggota keluargamu yang ingin ditambahkan. Jika sudah ketemu akunnya, klik lagi tombol “+” yang terletak di sebelah nama akun tersebut.

Menambahkan peserta grup goal
Menambahkan peserta grup goal.

2. Tambahkan Task untuk Masing-masing Goal

Goal yang sudah siap disimpan
Goal yang sudah siap disimpan.

Tambahkan task sebagai daftar kegiatan kamu dengan cara klik tombol hijau berlabel “Tambahkan Task” yang terletak di bagian tengah bawah. Lengkapi semua informasi yang pelu diisi.

Form pembuatan task
Form pembuatan task.

Jika sudah, simpan task tersebut dengan klik tombol “Simpan” yang terletak di tengah bawah.

Task sudah siap disimpan
Task sudah siap disimpan.

Goal “Kegiatan Menyenangkan” harus berisi task-task yang merupakan kegiatan yang menyenangkan saja. Goal “Kebersihan Rumah”, berisi task yang berhubungan dengan kebersihan rumah. Begitu pula dengan goal “Rutinitas Umum”. Berikut ini adalah contohnya:

Task goal “Kegiatan Menyenangkan”:

  1. Bermain petak umpet.
  2. Memotret keluarga untuk dijadikan album.
  3. Membuat calming jar.
  4. Melihat sunset atau sunrise.
  5. Membuat kue.
  6. Bercocok tanam.

Baca Juga: Makin Produktif dengan Fitur Task

Task goal “Kebersihan Rumah”:

  1. Menyapu.
  2. Mengepel.
  3. Merapikan tempat tidur.
  4. Membersihkan toilet.

Task goal “Rutinitas Umum”:

  1. Tidur.
  2. Makan.
  3. Mandi.
  4. Memberi makan hewan peliharaan.

Task-task di atas hanyalah contoh. Kamu bisa menyesuaikannya dengan kebutuhanmu pada saat membuat goals tersebut. Khusus untuk goal “Kegiatan Menyenangkan”, link rekomendasi task bisa kamu isi dengan artikel-artikel yang memperjelas kegiatannya. Misal, task “membuat calming jar” kamu isi dengan link tutotial cara pembuatannya.

Link rekomendasi sudah berhasil diisi dengan tutorial membuat calming jar
Link rekomendasi sudah berhasil diisi dengan artikel tutorial membuat calming jar.

3. Simpan Goals

Jika semua task sudah berhasil dibuat dan dimasukkan, simpan goal-nya dengan cara klik tombol centang berwarna hijau yang terletak di pojok kanan atas. Jika goal berhasil disimpan, maka akan muncul pemberitahuan “Berhasil”. Tadaaa!! Jadi, deh!

Goal berhasil dibuat dan disimpan
Goal berhasil dibuat dan disimpan.

Goals yang sudah tersimpan ini akan berada di beranda aplikasi DoCheck. Kamu masih bisa menyunting goals tersebut jika masih mau menambahkan task atau meyesuaikan goals-nya.

Goal sudah berada di halaman beranda aplikasi DoCheck
Goal sudah berada di halaman beranda aplikasi DoCheck.

Sekarang, kamu sudah tahu kan gimana caranya memanfaatkan DoCheck untuk menunjang kegiatan rumah kamu? Terlebih di masa PPKM seperti sekarang. Dijamin, stay at home kamu akan lebih produktif dan menyenangkan! Tunggu apa lagi? Yuk, segera download aplikasi DoCheck di App Store dan Google Play Store sekarang. Gratis!


Scroll to Top