Benda-benda yang berbau produktifitas seperti meja kerja dan laptop

Cara agar Produktif di Tahun Baru? Cek To-do List Produktif!


Gak kerasa ya udah 2022? Kamu udah melakukan refleksi diri kan di akhir tahun kemarin? Nah, di tahun sekarang, kamu harus lebih baik dari tahun sebelumnya, ya! Bagaimana cara agar produktif setiap harinya?

Salah satu cara agar lebih produktif di tahun ini, kamu bisa memulainya dengan hal-hal kecil. Misalnya, dengan mulai berhenti bergadang agar bangun lebih pagi. Kebiasaan kecil semacam itu, jika dilakukan akan membuat produktivitas kamu meningkat.

Jadi, sebenarnya cara agar hidup produktif itu gak butuh effort besar, kok. Bahkan, kamu tidak membutuhkan waktu atau energi yang lebih. Kamu cukup melakukan hal-hal sederhana dalam keseharianmu.

Cara agar Produktif Setiap Hari

Kira-kira apa saja sih hal-hal yang perlu kamu lakukan agar menjadi produktif di tahun ini? Tenang, MinCheck bakal kasih tau kamu, kok. Cek to-do list cara menjadi anak muda yang produktif ini, ya!

1. Mulai Berpakaian Sesuai dengan Situasi dan Kondisi

cara agar produktif dengan berpakaian rapi
Foto oleh Rebrand Cities dari Pexels

Baca Juga: Kegiatan Produktif Saat Liburan Nataru di Rumah Aja

Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Peribahasa tersebut mengingatkan kita untuk selalu menyesuaikan diri dengan tempat dan kondisi yang akan kita hadapi. Termasuk cara berpakaian. Pernahkah terlintas dipikiran kamu kalau cara menjadi produktif salah satunya dengan berpakaian rapi? Ya, kamu tidak salah, kok. Cara agar produktif yang pertama adalah dengan berpakaian rapi, kenapa demikian?

Sebuah penelitian menunjukkan, jika kamu ingin memiliki ide-ide besar di tempat kerja, maka kamu harus menggunakan pakaian formal – setelan jas. Dalam penelitian ini, subjek dibagi ke dalam dua kelompok, yang menggunakan pakaian formal dan kasual. Hasilnya, kelompok dengan pakaian formal memiliki peningkatan pemikiran abstrak yang merupakan sebuah aspek penting dari kreativitas dan penyusunan strategi jangka panjang.

Masih ada beberapa hasil penelitan lain mengenai bagaimana pakaian memengaruhi produktivitas kita. Misalnya, penelitian dalam Journal of Experimental Psychology: General, mengungkapkan bahwa pakaian informal dapat mengurangi kemampuan bernegosiasi kita. Atau, yang dipublikasikan dalam Journal of Experimental Social Psychology, yang menyebutkan bahwa pakaian seperti dokter dapat meningkatkan fokus.

Adanya penelitian-penelitian ilmiah seperti itu, menjadi bukti bahwa kamu harus menyesuaikan cara berpakaianmu dengan situasi dan kondisi yang harus kamu hadapi, ya!

Baca Juga: Produktif dengan Menonton Video 5 YouTube Channel Ini

2. Beli Monitor Kedua untuk Kerja

Menggunakan dua monitor saat kerja membuat kamu menjadi produktif
Foto oleh Ron Lach dari Pexels

Siapa bilang produktivitas itu cuma bisa ditingkatkan oleh diri kita sendiri? Ternyata faktor eksternal seperti monitor juga berdampak pada produktivitas kita, loh! Cara agar produktif yang kedua adalah dengan menambah fasilitas penunjang, dengan itu akan mempermudah kamu dalam bekerja. Sehingga kamu menjadi produktif dalam bekerja.

Penelitian oleh Jon Peddie Research yang telah dilakukan semenjak 2002 menemukan bahwa, penggunaan dua monitor dapat meningkatkan produktivitas kerja hingga 42%. Hal ini wajar, karena ternyata karyawan kehilangan produktivitas rata-rata 32 hari dalam setahun karena terlalu sering berganti aplikasi. Jadi, kalau komputer kamu di rumah yang biasa dipakai untuk kerja cuma ada satu monitor, kayaknya di 2022 ini sudah waktunya untuk beli satu lagi, deh.

Baca Juga: Work From Home: Cara Agar Tetap Produktif Sekaligus Menyenangkan

3. Stop Multitasking

hindari multitasking untuk menjadi produktif
Foto oleh Andrea Piacquadio dari Pexels

Mengerjakan lebih dari satu hal dalam waktu yang bersamaan terdengar produktif. Tapi kamu salah, loh. Kenyataannya, multitasking ini berbanding terbalik dengan produktivitas. Sudah banyak penelitian yang menyatakan hal ini.

Sebuah penelitian dalam Journal of Experimental Psychology: Human Perception and Performance mengungkapkan, multitasking membuat kita menjadi kurang efisien dan dapat menyebabkan banyak kesalahan. Hal ini dikarenakan, otak kita cenderung lebih menyukai ketika kita fokus pada satu hal. Sisi kira dan kanan otak kita akan bekerja secara harmonis dalam kondisi seperti ini. Lebih baik hindari mengerjakan sesuatu secara bersamaan supaya menjadi lebih produktif ya DoCheckers. Kamu bisa breakdown beberapa pekerjaan sesuai dengan prioritasnya dengan aplikasi DoCheck.

4. Pajang Tanaman Hijau di Meja Kerja Kamu

menjadi lebih produktif dengan menambahkan tanaman hijau di meja kerja
Foto oleh Sangeet Rao dari Pexels

Kamu pernah lihat ada orang yang memajang tanaman kecil di meja kerjanya? Jangan merasa aneh dengan hal tersebut, ya. Karena, ternyata tujuannya adalah untuk meningkatkan produktivitas. Kok bisa?

Tempat kerja yang “hijau” dengan tanaman membuat karyawan lebih produktif daripada kantor yang sebaliknya, menurut sebuah penelitian. Menurut Darko Jacimovic, pendiri What To Become, alam memiliki manfaat terapeutik pada manusia, membuat kita lebih segar, mendapatkan kembali fokus, dan meningkatkan produktivitas berdasarkan sebuah teori yang bernama Attention Restoration.

5. Mulai Berolahraga

cara menjadi anak muda yang produktif dengan olahraga
Foto oleh William Choquette dari Pexels

Baca Juga: Aplikasi DoCheck: Makin Produktif dengan Fitur Task

Resolusi kamu di 2022 ingin lebih sehat? Salah satu cara termudah untuk mewujudkannya tentu dengan berolahraga. Tapi, kamu tahu gak sih kalau ternyata olahraga juga merupakan cara agar hidup produktif? Jadi, hanya dengan berolahraga, dua resoulsi kamu, untuk lebih sehat dan produktif bisa terwujud secara bersamaan, nih.

Dalam sebuah studi, olahraga dinyatakakan tidak hanya memiliki manfaat terhadap kesehatan, tetapi juga bermanfaat untuk produktivitas. Dalam penelitian ini, peserta penelitian yang berolahraga mampu mengerjakan tugas 72% lebih banyak dalam keseharian mereka. Cocok banget nih buat kamu yang pengen sehat dan menjadi lebih produktif!

Itulah beberapa to-do list yang bisa bikin kamu menjadi lebih produktif di tahun baru ini. Ternyata, untuk menjadi lebih produktif, kita tidak harus mengeluarkan effort banyak. Dari hal-hal yang tidak terduga dan sepele seperti memajang tanaman hijau pada meja kerja bisa meningkatkan produktivitas.

Baca Juga: Twitter Sepanjang 2021: Sebuah Kilas Balik

Yuk, mulai masukkan beberapa hal ini ke to-do-list kamu agar makin produktif di tahun ini. Jangan lupa, bikin to-do-list-nya pakai DoCheck, ya! Tunggu apa lagi? Segera download aplikasi DoCheck di Google Play Store sekarang. Gratis!

Sekian dari DoCheck mengenai to-do-list meningkatkan produktivitas di 2022. Semoga, resolusi kamu di tahun ini semuanya terwujud, ya!


Scroll to Top