Tips traveling ke luar negeri

Hobi Traveling ke Luar Negeri? Yuk, Ikuti Tips Berikut Ini!


Hobi jalan-jalan memang menyenangkan. Kamu bisa melepas penat sambil belajar hal-hal baru tentang tempat yang kamu kunjungi. Terlebih lagi, sekarang banyak negara yang sudah membuka perbatasan agar bisa dikunjungi oleh turis asing. Wah, asik banget ya! Namun, bagi pemula terkadang traveling ke luar negeri bisa membingungkan.

Dilansir dari VisitorsCoverage, kesalahan yang sering dilakukan oleh turis pemula adalah lupa mengecek kadaluarsa paspor, tidak membeli asuransi perjalanan, salah membawa barang, dan tidak membawa obat-obatan pribadi. Jangan sampai kamu seperti itu, ya! Oleh karena itu, MinCheck akan membagikan tips traveling ke luar negeri khusus untukmu yang baru pertama kali melakukannya. Yuk, simak tipsnya berikut ini!

1. Traveling ke Luar Negeri Wajib Persiapkan Dokumen Penting!

Jangan lupa periksa kembali dokumen perjalananmu!
Jangan lupa periksa kembali dokumen perjalananmu! (Foto oleh Nataliya Vaitkevich/ Pexels)

Saat kamu jalan-jalan di dalam negeri, hal yang harus kamu siapkan adalah tiket kereta atau pesawat dan tanda pemesanan hotel. Sebaliknya, ketika kamu traveling ke luar negeri, kamu harus menyiapkan dengan teliti dokumen perjalananmu. Apa sajakah itu? Menurut pegipegi, dokumen perjalanan untuk ke luar negeri adalah KTP, paspor, visa, dan SIM (jika diperlukan). Kemudian, kamu juga wajib mengecek tanggal kadaluarsa paspormu. Jadi, ketika kamu mengurus visa, proses pengajuan berjalan lancar.

Lantas, bagaimana bagi yang belum punya paspor? Kamu bisa membuatnya di keimigrasian Indonesia. Dilansir dari Kedutaan Besar Republik Indonesia di Oslo, proses pembuatan paspor memakan waktu kurang lebih empat hari kerja. Oleh karena itu, hindari mengurus paspor terlalu dekat dengan tanggal keberangkatan ya!

2. Ketahui Informasi Tentang Negara Tujuan

Yuk, cari tahu tentang negeri tujuan sebelum traveling ke luar negeri!
Yuk, cari tahu tentang negeri tujuan sebelum traveling ke luar negeri! (Foto oleh Firmbee.com/ Pexels)

Sebelum kamu berangkat ke negeri tujuan, ada baiknya kamu mengetahui serba-serbi tentang negeri tersebut. Dikutip dari GoAbroad, hal yang harus kamu ketahui adalah tentang akomodasi, budaya, norma, dan bahasa yang digunakan. Dengan begitu, kamu bisa menghindari masalah yang bisa timbul karena minimnya pengetahuan tentang negeri tujuan. Contohnya, orang Indonesia terkenal ramah karena murah senyum. Namun, di Rusia menebar senyuman kepada orang selain keluarga dan teman dianggap hal yang tidak baik. Wah, harus hati-hati ya!

3. Cari Alternatif Penginapan Selain Hotel

Hostel bisa jadi pilihan tempat menginap ramah kantong selama di luar negeri
Hostel bisa jadi pilihan tempat menginap ramah kantong selama di luar negeri (Foto oleh George Park/ Pexels)

Hobi traveling ke luar negeri itu membutuhkan biaya yang besar. Meskipun demikian, kamu juga bisa kok berhemat dengan cara menggunakan tempat penginapan selain hotel. Menurut Jenius, apabila kamu bepergian sendiri, hostel bisa jadi pilihan yang tepat. Sebab, kamu bisa bertemu dengan turis lainnya dan berbagi pengalaman di sana. Selain itu, jika kamu pergi berama-ramai, kamu bisa menyewa apartemen atau rumah melalui Airbnb. Kamu bisa menemukan banyak pilihan akomodasi dengan harga yang sesuai kantong di online marketplace Airbnb.

4. Tukarkan Uang di Dalam Negeri Sebelum Traveling ke Luar Negeri

Tukarkan uang rupiah ke mata uang negara tujuan
Tukarkan uang rupiah ke mata uang negara tujuan (Foto oleh Pixabay/ Pexels)

Pergi ke luar negeri tanpa belanja atau mencoba makanan lokalnya terasa tidak lengkap, bukan? Oleh karena itu, pastikan sebelum kamu berangkat ke negara tujuan, kamu sudah menukarkan uang terlebih dahulu. Dilansir dari gotravelly, menukarkan uang di dalam negeri dapat memperlancar agendamu saat berwisata nanti. Pertama, tidak semua tempat penukaran uang di luar negeri menerima uang rupiah untuk ditukarkan ke mata uang asing lainnya. Jika itu terjadi, kamu akan kerepotan nanti. Kedua, untuk alasan keamanan kamu harus menukarkan uang di tempat yang terpercaya. Apabila kamu masih di Indonesia, kamu bisa dengan mudah mengetahui tempat penukaran uang terpercaya. Sebaliknya, di luar negeri ada risiko kamu akan ditipu oleh orang jahat di sana.

5. Jangan Lupa Jaga Kesehatan!

Lindungi diri dengan vaksinasi sebelum traveling ke luar negeri
Lindungi diri dengan vaksinasi sebelum traveling ke luar negeri (Foto oleh Frank Meriño/ Pexels)

Kamu tentu tidak mau rencana traveling ke luar negeri batal karena sakit, ‘kan? Oleh sebab itu, selalu ingat untuk jaga kesehatanmu sebelum berangkat. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah kiat-kiat menjaga kesehatan sebelum berangkat ke luar negeri dari halodoc. Yuk, perhatikan baik-baik ya!

  • Ketahui penyakit yang sedang mewabah di negara tujuan.
  • Lindungi diri dengan vaksinasi.
  • Biasakan selalu cuci tangan.
  • Tidur yang cukup itu wajib!
  • Minum air yang cukup.
  • Jangan lupa bawa obat-obatan pribadi.
  • Ingat, cukupi asupan vitamin tubuhmu!

Itu dia lima tips traveling ke luar negeri untuk kamu yang pemula. Kesempatan untuk mengunjungi negara lain itu tidak datang dengan mudah. Oleh karena itu, kamu harus perhatikan hal-hal di atas agar rencana liburanmu berjalan lancar.

Nah, ngomong-ngomong tentang rencana liburan. Apakah kamu sudah membuat daftar kegiatan apa saja yang ingin kamu lakukan di sana? Jika belum, kamu harus membuatnya dari sekarang. Jadi, begitu sampai di tempat tujuan, kamu sudah tahu mau pergi ke mana saja. Bagaimana cara menyusunnya? MinCheck sarankan untuk menggunakan aplikasi DoCheck. Kamu bisa membuat to-do list sebelum keberangkatan dan agenda perjalananmu di DoCheck dengan cepat dan anti ribet. Dengan begitu, kamu bisa tenang deh jalan-jalannya. Mantap banget, ‘kan? Yuk, download sekarang DoCheck di Play Store dan App Store!

Baca juga: Rencana Liburan Belum Jelas? DoCheck Siap Membantu!


Scroll to Top