Tebak kepribadian seseorang melalui hobi

Tebak Kepribadian Seseorang Melalui Hobi, Cobain Yuk!


Menurut Know Myself, setiap tindakan yang dilakukan oleh seseorang dipengaruhi oleh keadaan psikologisnya. Contohnya, ketika kamu sedang stres karena urusan kerja atau tugas, kamu akan melakukan kegiatan yang kamu sukai untuk meredakan stres tersebut. Oleh karena itu, kepribadian seseorang dapat tercermin melalui hobi yang ia pilih. Jika kamu hobi memasak, itu tandanya kamu memiliki kepribadian penyabar dan kreatif. Wah, ternyata seperti itu ya? MinCheck baru tahu, loh! Apakah kamu mau coba tebak-tebakan kepribadian melalui hobi? Yuk, cari tahu yang mana yang cocok denganmu di sini!

1. Kepribadian Gigih, Hobi dengan Olahraga Ekstrem

Orang yang hobi olahraga ekstrem memiliki kepribadian gigih
Orang yang hobi olahraga ekstrem memiliki kepribadian gigih (Foto oleh Arun Mathew/ Pexels)

Pada umumnya, orang-orang berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh dan mental. Namun, ada sebagian orang yang melakukan hobi olahraga ekstrem untuk menguji nyali atau bersenang-senang. Kamu mungkin tidak menyadari bahwa sebenarnya aktivitas yang dianggap berbahaya ini dapat membentuk karakter seseorang. Dilansir dari Extreme Sports Lab, olahraga yang memicu adrenalin seperti parkour, bungee jumping, dan olahraga ekstrem lainnya membentuk kepribadian yang berani dan gigih pada diri seseorang. Kok bisa sih?

Misalnya, kamu mau melompat dari tebing dengan ketinggian 40 meter. Hal yang umumnya orang-orang rasakan pasti takut akan terjadi bahaya. Sebaliknya, kamu yang hobi melakukan olahraga tersebut justru akan berani mengambil risiko dan merasa bersemangat untuk melompat. Sebab, kamu memiliki keinginan yang besar untuk menakluki rasa takut dan bisa melompat dari ketinggian 40 meter.

2. Orang Kreatif Senang Membuat Karya Seni

Butuh kepribadian yang kreatif dan detail untuk menjalani hobi membuat karya seni
Butuh kepribadian yang kreatif dan detail untuk menjalani hobi membuat karya seni (Foto oleh Miriam Alonso/ Pexels)

Untuk menghasilkan sebuah karya seni yang indah, dibutuhkan tingkat kreativitas yang tinggi. Menurut Art Loft Asia, hobi membuat karya seni merupakan cara efektif untuk mengasah daya imajinasi, observasi, dan penyelesaian masalah. Jadi, tidak heran jika orang-orang yang membuat kerajinan tangan atau karya seni lainnya, memiliki kepribadian kreatif dan detail. Karena dalam proses membuat sebuah karya, kamu harus memperhatikan nilai keindahan dan mampu melihat dengan perspektif yang berbeda. Sehingga hasil yang dibuat orisinal, indah, dan unik.

3. Kepribadian Kompetitif Ciri Orang yang Hobi Main Game

Hobi main game biasanya punya karakter yang kompetitif
Hobi main game biasanya punya karakter yang kompetitif (Foto oleh JESHOOTS.com/ Pexels)

Dalam sebuah permainan, selalu ada pihak yang menang dan kalah. Sistem permainan seperti ini akhirnya tertanam pada jiwa para pecinta game. Dilansir dari Rencanamu, seseorang yang memiliki kepribadian kompetitif dan strategis, memiliki hobi main game. Coba saja ketika kamu bermain, kamu harus memikirkan rencana memenangkan permainan dengan menganalisis kelemahan lawan. Oleh karena itu, skills yang terasah dari bermain game adalah perencanaan strategis, observasi, dan analisis.

Baca juga: Ragam Manfaat Bermain Video Game Online

4. Orang Cerdas Hobi Membaca Buku

Hobi orang cerdas yaitu membaca buku
Hobi orang cerdas yaitu membaca buku (Foto oleh Rahul Shah/ Pexels)

Pernahkah kamu merasa ketika membaca sebuah buku, kamu menyadari bahwa ada banyak hal yang belum kamu ketahui? Ya, itulah yang sering kali dirasakan oleh orang-orang yang hobi membaca buku. Pikiranmu akan terbuka dengan wawasan baru. Bahkan, kamu tidak akan menyadari berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk membaca buku tersebut. Dikutip dari Healthline, aktivitas membaca buku dapat meningkatkan kecerdasan otak, rasa simpati, kemampuan menyelesaikan masalah, menambah kosa kata, dan memberikan inspirasi untuk dirimu. Oleh karena itu, orang-orang cerdas biasanya memiliki hobi membaca buku agar bisa tetap produktif. Salah satu contohnya adalah Bill Gates.

Baca juga: Tahukah Kamu? 5 Hobi Ini Ternyata Disukai Orang Sukses!

5. Seorang Kolektor Memiliki Kepribadian Teliti

Punya hobi mengoleksi barang? Kamu pasti orang yang teliti
Punya hobi mengoleksi barang? Kamu pasti orang yang teliti (Foto oleh Pixabay/ Pexels)

Hobi tidak selalu berupa aktivitas saja, tapi juga mengoleksi suatu barang juga termasuk hobi. Contohnya, orang yang hobi mengumpulkan prangko disebut dengan “Filateli.” Jika koleksi prangkonya dijual, orang tersebut bisa mendapat keuntungan yang banyak. Karena saat ini, prangko dinilai sebagai benda yang memiliki nilai sejarah. Apakah hanya prangko saja yang bisa dikoleksi? Oh, tentu tidak! Kamu juga bisa mengoleksi sepatu, tas, games, dan barang berharga lainnya.

Menurut Mr Porter, untuk menjadi seorang kolektor kamu harus menguasai beberapa skills tertentu. Kamu harus bisa berkomunikasi dengan baik, disiplin, serta cermat dalam memilih toko dan menyimpan barang. Karena ada banyak sekali penjual yang melakukan penipuan demi mendapat keuntungan dari para kolektor. Selain itu, apabila cara kamu menyimpan koleksimu salah, maka barang kesayanganmu akan mudah rusak. Oleh sebab itulah, kepribadian orang yang hobi mengoleksi barang adalah teliti.

Demikian fun fact tentang lima hobi dan kepribadian yang sering kamu jumpai. Terkadang orang – orang tidak menyadari bahwa aktivitas yang mereka lakukan saat waktu senggang bisa mencerminkan kepribadiannya. Dengan mengetahui fakta ini, kamu bisa lebih memahami orang-orang sekitarmu dengan baik.

Ngomong-ngomong soal hobi, kamu juga bisa loh tambah kegiatan seru lainnya untuk mengisi waktu. Contohnya seperti jadi content creator games, bermain musik, atau mencoba resep masakan baru. Bagaimana caranya? Kamu bisa ikuti to-do list aktivitas tersebut hanya di aplikasi DoCheck! Di sana kamu akan menemukan rekomendasi kegiatan yang asyik dan tentunya buat kamu jadi produktif. Yuk, download sekarang DoCheck di Play Store dan App Store!


Scroll to Top