Twitter

Twitter Sepanjang 2021: Sebuah Kilas Balik


Hanya tersisa beberapa hari lagi untuk menuju 2022. Tahun ini sepertinya masih belum lebih baik dari tahun kemarin. Pasalnya, pandemi Covid-19 masih saja belum berakhir.

Pemerintah mengambil banyak kebijakan untuk mengatasi pandemi. Salah satu yang paling terkenal adalah protokol kesehatan 5M. Mencuci tangan, menggunakan masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Covid-19 bener-bener maksa kita buat stay di rumah. Gak heran kalau sekarang kita jadi mulai memanfaatkan ruang digital untuk bersosialisasi. Hal ini dibuktikan oleh hasil survei We Are Social dan Hootsuite pada Januari 2021 di Indonesia yang menunjukkan kenaikan angka pengguna sosial media dan internet masing-masing sebesar 6,3% dan 15,5% dari tahun sebelumnya.

Salah satu media sosial yang paling menarik perhatian di tahun ini adalah Twitter. Banyak sekali hal terjadi di sana sepanjang 2021. Kalau kamu aktif di Twitter, pasti kamu mengiyakan hal ini, deh.

Nah, kira-kira apa saja sih yang terjadi di Twitter sepanjang 2021? Berikut beberapa di antaranya yang mungkin kamu masih ingat. Baca sampai selesai, ya!

Baca Juga: Film Baru yang Paling Ditunggu Tahun 2022

Indonesia Meraih Medali Emas di Olympiade Tokyo pada Cabang Badminton Ganda Putri

Setelah diundur satu tahun, akhirnya Olimpiade Tokyo 2020 digelar pada tanggal 23 Juli – 8 Agustus 2021. Euforia perhelatan ini sangat terasa di Twitter karena terdapat banyaknya cuitan dukungan untuk atlet dari masing-masing negara. Euforia ini mencapai puncaknya ketika pasangan ganda putri tim badminton Indonesia, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu meraih medali emas.

Peraihan medali ini menjadi sejarah baru bagi kancah badminton Indonesia. Pasalnya, ini adalah raihan emas pertama untuk ganda putri Indonesia di ajang Olimpiade. Pada partai final yang digelar Senin, 2 Agustus 2021, di Musamori Plaza, Tokyo, mereka berhasil mengalahkan pemain ganda putri China, yaitu Chen Qingchen dan Jia Yifan, dengan skor 21-19 dan 21-15.

Tenggelamnya KRI Nanggala

#KRINanggala402 turut meramaikan Twitter pada tahun 2021 ini. KRI Nanggala 402 hilang kontak pada hari Rabu, 21 April 2021 saat melakukan latihan penembakan torpedo di laut Bali dengan 53 awak di dalamnya. Setelah hilang tiga hari, pada Sabtu, 24 April 2021, KRI Nanggala dinyatakan tenggelam setelah ditemukannya puing-puing yang diduga berasal dari kapal selam tersebut.

Kejadian ini menimbulkan kesedihan mendalam. Banyak sekali cuitan bela sungkawa yang diucapkan kepada seluruh awak. Salah satu yang paling menyita perhatian datang dari akun @Argo_Muria_.

Baca Juga: Bidang Pekerjaan yang Banyak Dicari Tahun 2022

Layanan Down, Whatsapp, Facebook, dan Instagram, Minta Maaf Lewat Twitter

Twitter sempat heboh pada tanggal 4 hingga 5 Oktober 2021. Saat itu, ketiga platform milik Facebook Inc., yaitu Facebook, Instagram, dan Whatsapp tidak dapat diakses di beberapa negara termasuk Indonesia. Kejadian ini memaksa mereka untuk minta maaf lewat Twitter.

Permintaan maaf tersebut menuai berbagai macam reaksi. Salah satu yang paling tersorot berasal dari akun @Ms_Intov3rt karena mendapatkan respon dari sang rival abadi Whatsapp, yaitu Telegram.

Melansir CNN Indonesia, denger-denger sih Facebook kehilangan sekitar Rp 7,7 miliar per jam selama gangguan berlangsung. Karena down-nya beberapa jam, total kerugian yang ditanggung bos besar Facebook, Mark Zuckerberg, mencapai Rp 99,8 triliun. Bukan main, ya.

Baca Juga: Tips Lolos TPS dan TKA UTBK 2022, Cobain Yuk!

Squid Game

Twitter memang selalu jadi ‘markas besar’ penggemar budaya populer Korea. Hampir setiap harinya selalu ada tagar yang berhubungan dengan ini. Dari musik hingga serial drama.

Salah satu serial drama yang menjadi bahan perbincangan di Twitter selama bulan September kemarin adalah Squid Game. Gak heran sih, karena saat itu serial tersebut berhasil memecahkan rekor sebagai serial paling populer di Netflix. Dalam 17 hari pertama tayangnya, Squid Game telah ditonton oleh 111 juta akun secara global.

Kepopuleran serial ini hingga memunculkan sebuah tren yang dinamakan “Dalgona Challenge”. Namun sayang, pada akhir November kemarin, rekor ini berhasil dipecahkan oleh serial Korea lainnya – Hellbound. Gimana? Kamu sudah nonton Squid Game belum?

WSBK di Mandalika

Yang satu ini belum lama terjadi, nih. Mungkin kamu masih ingat, kalau pada tanggal 19-21 November 2021 kemarin, Indonesia menjadi tuan rumah salah satu ajang balap paling bergengsi di dunia, World Superbike. Twitter pada saat itu cukup ramai karena banyak masyarakat yang menyalurkan antusiasnya di sana.

Balapan tersebut digelar di Sirkuit Mandalika yang waktu itu belum lama rampung. Jonathan Rea keluar sebagai juara pada race pertama, diikuti dengan Toprak Razgatlioglu dan Scott Redding. Namun, hasil ini sudah cukup mengantarkan Toprak Razgatlioglu sebagai juara dunia.

Itulah beberapa momen yang sempat ramai diperbincangkan oleh publik di Twitter. Sebenarnya, Masih banyak lagi tren atau momen-momen yang terjadi selama 2021 ini, seperti from this to this, Aurelia Nathania yang mencari adiknya lewat Twitter, hingga meletusnya Gunung Semeru kemarin. Tapi, sayangnya kita gak bisa bahas semuanya nih di sini.

Baca Juga: Serba-Serbi UTBK 2022, Calon Mahasiswa Wajib Tahu!

Cukup lah ya kilas baliknya. Sekarang waktunya kamu untuk fokus ke tahun 2022. Buat resolusi kamu dari sekarang, deh.

Jangan lupa bikin resolusinya pake aplikasi DoCheck, ya! Di sana, kamu bisa bikin goals yang ingin kamu capai di tahun depan. Nanti, DoCheck akan kasih kamu tips-tips menarik yang bisa memudahkan kamu untuk mencapai goals kamu. Tunggu apa lagi? Segera download aplikasi DoCheck di Google Play Store. Gratis!

Sekian dari DoCheck mengenai rangkuman apa saja yang terjadi di Twitter sepanjang tahun 2021. Semoga, hal ini bisa mendorong kamu untuk melakukan refleksi diri agar menjadi lebih baik lagi di tahun depan.


Scroll to Top