Manfaat berpikir kreatif sangat beragam.

5+ Manfaat Berpikir Kreatif dalam Kewirausahaan


Saat ini segala hal tetang kreativitas semakin berkembang dan semakin banyak orang yang ingin memiliki kemampuan ini. Selain berguna untuk kehidupan pribadi, salah satu manfaat berpikir kreatif yaitu bisa membawamu menjadi pebisnis yang sukses. Misalnya dengan membuat bisnis kreatif yang unik dan dibutuhkan masyarakat.

Baca juga: 13 Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa, Dijamin Cuan!

Namun, kalau berbicara tentang berpikir kreatif mungkin kamu akan teringat denga topik berpikir kritis. Apakah kedua cara berpikir ini sama? Ternyata berbeda, lho! Berpikir kritis tidak selalu membutuhkan unsur kreativitas dalam prosesnya. Sedangkan berpikir kreatif juga harus diikuti dengan pemikiran yang logis dan kritis dalam praktiknya di kehidupan sehari-hari.

Seperti yang dijelaskan oleh haloedukasi kalau konsep berpikir kritis lebih identik dengan konsep berpikir yang mengadalkan kerasionalitasan, hubungan kausalitas dan lain sebagainya. Sedangkan konsep berpikir kreatif lebih condong pada konsep berpikir yang menghasilkan suatu hal yang baru. Baik yang ditujukan untuk menyelesaikan permasalahan ataupun lain sebagainya. Adapun beberapa perbedaan mendetail mengenai kedua konsep berpikii tersebut.

Lantas, apa saja manfaat berpikir kreatif? Berikut MinCheck coba jelaskan lima manfaat berpikir kreatif dalam kewirausahaan.

Manfaat Berpikir Kreatif

Setelah mengetahui manfaat berpikir kreatif kamu pasti ingin mencobanya.
Setelah mengetahui manfaat berpikir kreatif kamu pasti ingin mencobanya. Foto oleh ShonEjai via Pexels

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, manfaat berpikir kreatif bisa membantumu menjadi seorang pebisnis yang sukses karena kreativitasnya. Selain itu, masih banyak, lho manfaatnya. Kamu bisa merasakan manfaat ini secara langsung maupun tidak langsung. Hal yang perlu kamu sadari saat ini ialah kamu berkesempatan untuk mendapatkan semua manfaat berpikir kreatif ini! Jadi, baca sampai habis untuk penjelasan manfaat berpikir kreatif.

1. Memiliki Unique Selling Point

Manfaat berpikir kreatif dalam kewirausahaan adalah kamu dapat menemukan dan memberi value yang berbeda di produk kamu dari kompetitor. Dalam hal bisnis ini sering disebut unique selling point. Unique selling point ini menjadi salah satu penentu konsumen dalam membeli suatu produk. Dengan kamu memiliki unique selling point di produk kamu, kamu bisa menarik konsumen untuk membeli produk yang kamu jual daripada membeli produk kompetitor.

Kenapa demikian? Karena dengan memiliki unique selling point di produk kamu. Produk kamu akan terlihat berbeda dari yang lain, sehingga konsumen lebih tertarik untuk membelinya. Lalu bagaimana cara menemukan USP ini? Untuk menemukan USP, kamu harus melakukan riset pasar. Kamu bisa mencari tahu tentang produk dari kompetitor, kebutuhan konsumen, minat konsumen, dan lain sebagainya. Jika kamu tidak memiliki kemampuan berpikir kreatif dan inovatif, hasil riset kamu hanya sebatas data saja. Disinilah pentingnya berpikir kreatif dalam kewirausahaan, kamu harus berpikir kreatif untuk mengolah data hasil riset tadi menjadi sesuatu yang memiliki value berbeda dari produk kompetitor.

2. Membantumu Menemukan Solusi

Sebagai manusia, kita pasti akan menemukan beragam masalah yang membutuhkan solusi untuk dihadapi. Begitu pula saat kamu menjalani sebuah usaha atau bisnis, mungkin kamu akan sering menemukan masalah. Selain itu, mungkin kamu membutuhkan sesuatu yang baru agar tidak bosan atau mungkin ingin menjadi seseorang yang bisa diandalkan dan solutif. Oleh karena itu, kemampuan berpikir kreatif jadi sangat krusial untuk semua orang.

Dalam hal menghadapi masalah, orang yang kreatif akan bisa lebih mudah menemukan solusi. Misalnya, apabila kamu kesulitan dalam melakukan sesuatu pasti akan ada 1001 cara untuk mengatasinya. Biasanya orang yang kreatif akan memiliki banyak rencana dan tidak mudah terburu-buru saat menjumpai masalah. Menjadi pebisnis yang memiliki kemampuan berpikir kreatif akan mempermudah kamu dalam menemukan solusi.

3. Membuat Kehidupan Terlihat Lebih Menarik

Selain karena mudah menemukan solusi, manfaat berprikir kreatif juga bisa membuat dunia menjadi lebih menarik. Misalnya, kamu sedang menjadi panitia pentas seni dan tiba-tiba penyanyi yang diundang berhalangan hadir. Bagi kamu yang mampu terbiasa dengan kreativitas pasti bisa menemukan solusi sehingga membuat acara tetap berhasil berjalan. Pasti menyenangkan saat masalah besar berhasil teratasi. Bisa jadi dengan penemuan solusi tersebut akan mewujudkan banyak hal yang tidak terduga. Inilah kenapa berpikir kreatif bisa membuat kehidupan lebih menarik.

Kamu mungkin perlu mencoba untuk berpikir tidak seperti biasanya, atau mencoba menemukan hal-hal menarik di sekitar dengan berusaha lebih mengamati dan menyadari hal-hal di sekelilingmu. Ini bisa membantumu untuk menjadi seseorang yang memiliki creative thinking.

4. Membuatmu Menjadi Lebih Positif

Tidak mudah menyerah saat menghadapi masalah dalam berbisnis merupakan sikap yang dimiliki orang yang kreatif. Tentu, hal ini membuatmu terlihat lebih positif. Selain itu, pemikiran kamu juga akan cenderung bisa mengambili sudut pandang yang baik. Misalnya tidak mudah berburuk sangka, tidak terlalu overthinking dengan hasil yang bisa saja buruk, atau pemikiran negatif lainnya. Memiliki kemampuan berpikir kreatif tentunya akan membantumu memiliki pemikiran yang positif. Dengan berpikir positif dan melihat suatu masalah dalam bisnis dari berbagai sudut pandang, kamu akan lebih objektif dalam menentukan tindakan. Sehingga tindakan kamu tidak berakibat fatal untuk bisnis yang kamu jalani.

5. Memperluas Koneksimu

Koneksi atau relasi dalam kewirausahaan seolah menjadi mutiara dalam lautan. Memiliki banyak koneksi membuat bisnis kamu berjalan selangkah lebih mudah. Contoh ketika kamu punya bisnis makanan ringan. Dilain sisi kamu juga punya koneksi terhadap supplier kemasan produk makanan, kamu akan menjadi lebih mudah dalam memenuhi kebutuhan kemasan kamu. Bayangkan jika kamu tidak memiliki koneksi itu, kamu harus mencari dari awal mana supplier kemasan produk yang baik dan terpercaya. Dengan memiliki koneksi dalam berbisnis setidaknya akan mempermudah langkahmu.

Gimana caranya mendapatkan banyak koneksi atau relasi? Salah satu jawabannya adalah menjadi orang yang terbuka. Orang yang memiliki pemikiran seperti ini pasti akan lebih mudah disukai banyak orang. Kamu juga bisa memperluas koneksimu dengan mudah. Dalam hal ini, pemikiran kreatif yang kamu punya sebaiknya juga dibarengi dengan penyampaian atau cara berkomunikasi yang baik. Atau kamu bisa juga berlatih public speaking untuk meyakinkan orang lain tentang cara kreatif yang kamu punyai. Manfaat berpikir kreatif akan mendorong kamu bisa berpikir lebih terbuka atau istilahnya menjadi open minded.

6. Mendorong Kesuksesan Usaha

Seperti yang disebutkan di awal, kreativitas bisa membuatmu menjadi pebisnis kreatif yang sukses. Orang yang bisa menemukan solusi lebih baik tentunya akan bisa mengembangkan bisnis dengan baik. Apalagi jika koneksi yang dibangun juga sangat luas dan berupa orang-orang yang bisa membantu bisnismu berkembang. Ini akan menjadi seperti nilai combo bagi kamu yang bisa berpikir kreatif.

Baca juga: Contoh Berpikir Kreatif untuk Kembangkan Kariermu

Bagaimana Cara Berpikir Kreatif

Kamu bisa berlatih untuk berpikir kreatif.
Kamu bisa berlatih untuk berpikir kreatif. Foto oleh Andrea Piacquadio via Pexels

Setelah mengetahui manfaat berpikir keatif yang begitu menggiurkan, kamu mungkin semakin bersemangat untuk segera memiliki kemampuan ini dan merasakan manfaat berpikir kreatif. Kamu bisa mencoba melakukan cara berpikir kreatif berikut ini! Jangan lupa untuk mencatatnya agar kamu bisa benar-benar melakukannya dan berhasil berpikir kreatif.

  • Fokus pada mencari solusi untuk masalah
  • Berani mencoba hal baru
  • Mengganti rutinitas
  • Istirahat yang cukup
  • Memenuhi kebutuhan gerak tubuh

Dalam latihan creative thinking ini kamu bisa menggunakan fitur to-do list dari DoCheck untuk memudahkan. Selain itu, aplikasi ini juga bisa kamu gunakan untuk menampung ide-ide kreatif yang berseliweran di kepala. Misalnya, tiba-tiba kamu ingin membuat sebuah buku berjudul X. Kamu bisa menuliskannya di aplikasi DoCheck. Kemudian saat senggang dan memeriksanya kembali, kamu jadi ingat akan hal ini. Siapa tahu, ide-ide kreatif yang munculnya tiba-tiba ini malah yang akan membuatmu berhasil dan sukses nantinya. Jadi, tunggu apa lagi? Kamu bisa menginstall aplikasinya secara gratis sekarang! Sudah tersedia di Play Store dan App Store.

Baca juga: Ini 5 Langkah Ampuh untuk Melatih Cara Berpikir Kreatif


Terbaru

Kategori

Scroll to Top