contoh berpikir kreatif

Contoh Berpikir Kreatif untuk Kembangkan Kariermu


Pengembangan diri adalah suatu proses perkembangan diri seseorang untuk bisa terus tumbuh, menggali potensi diri, bahkan hingga mengembangkan karier. Kalau kamu ingin mengembangkan potensi yang kamu punya, kamu bisa melakukan cara seperti meningkatkan kreativitas dan berpikir kreatif. Kreativitas menjadi salah satu penunjang dalam berkarier. Pasalnya, kreativitas merupakan soft skill yang dibutuhkan di dunia kerja. Usut punya usut, contoh berpikir kreatif itu banyak macamnya, lho! Penasaran kira-kira apa saja? Simak ulasan MinCheck di bawah ini, ya!

Baca juga: Yuk Simak Soft Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja!

Pengertian Berpikir Kreatif

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, kreatif memiliki kemampuan untuk menciptakan. Dengan kata lain, berpikir kreatif adalah cara berpikir untuk menciptakan sesuatu yang baru. Berpikir kreatif artinya berpikir untuk menemukan sesuatu yang baru dan belum pernah dibuat oleh orang lain sebelumnya.

Berpikir kreatif atau creative thinking membuat kamu memecahkan masalah dengan cara yang kreatif. Sebagai contoh, kamu berada di dalam satu tim yang memiliki problem namun stuck karena tidak ada solusi. Namun melalui kemampuan berpikir secara kreatif, kamu menjadi problem solver dan melihat masalah dari berbagai sudut pandang. Ternyata, berpikir kreatif gak cuma bermanfaat bagi dirimu, ya? Kemampuan ini juga memiliki dampak yang positif bagi orang sekitarmu.

Contoh Berpikir Kreatif

Contoh berpikir kreatif untuk kembangkan karier
Contoh berpikir kreatif untuk kembangkan karier (Foto via Freepik)

Usut punya usut, berpikir kreatif memiliki banyak contohnya. Contoh kreatif, bilamana kamu termasuk ke dalam daftar orang yang selalu memiliki ide kreatif, ide yang fresh atau out of the box, bisa jadi kamu termasuk ke dalam deretan orang yang memiliki skill creative thinking yang baik! Namun, kali ini MinCheck akan berbagi insight kira-kira contoh berpikir kreatif apa saja yang dapat kamu terapkan di aktivitas sehari-hari atau dalam perjalanan kariermu.

Baca juga: 6 Langkah Jitu untuk Persiapkan Kariermu

Analytical Thinking

Kalau kamu ingin kariermu berkembang pesat, kamu perlu mempunyai contoh berpikir kreatif yang satu ini. Pasalnya, analytical skill merupakan kemampuan penunjang kesuksesan seseorang. Analytical skill adalah kemampuan untuk menganalisis dan mengevaluasi informasi yang sudah dikumpulkan. Ada beberapa manfaat dari analytical skill yang kamu dapatkan, antara lain.

  • Kemampuan analitik membantumu mengerjakan tugas dan masalah yang kompleks
  • Mengidentifikasi masalah yang sedang kamu hadapi
  • Bekerja menjadi lebih efektif dan efisien
  • Membantumu menemukan solusi

Adapun cara yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan analytical thinking di antaranya seperti banyak membaca atau bermain game yang mampu mengasah otak. Selain itu, menurut laman Talent Bridge, kamu bisa menjadi pengamat untuk mengasah kemampuan analitikmu. Sebagai contoh, kamu bisa mengamati sekitarmu dan menelaah kira-kira apa yang sedang terjadi. Hal ini tentu saja untuk mengasah kemampuan berpikirmu.

Berpikiran Terbuka atau Open Minded

Selanjutnya, berpikiran terbuka menjadi salah satu contoh berpikir kreatif yang perlu kamu kuasai. Sebetulnya, apa sih yang dimaksud dengan open minded atau berpikiran terbuka? Open minded adalah berpikiran terbuka terhadap ide, gagasan, berbagai informasi atau argumen. Berpikiran terbuka dapat menuntun kamu menjadi pribadi yang lebih kritis, lho! Kemampuan berpikir seperti ini sama pentingnya seperti kemampuan analytical skill dan dapat membantumu memecahkan sebuah permasalahan.

Baca juga: Sulit Menerima Perbedaan? Kenali Apa Itu Open Minded

Problem Solving, Salah Satu Contoh Berpikir Kreatif

Memecahkan suatu permasalahan memang bukanlah suatu hal yang mudah. Namun kamu gak perlu khawatir, kemampuan untuk memecahkan suatu permasalahan atau problem solving dapat kamu asah, kok! Perlu kamu ketahui kalau problem solving termasuk ke dalam contoh berpikir kreatif. Meskipun problem solving termasuk ke dalam soft skill, namun kemampuan ini bisa kamu asah layaknya hard skill.

Terdapat berbagai macam metode yang bisa kamu implementasikan untuk memecahkan suatu permasalahan, seperti berikut ini.

  • Metode brainstorming
  • Six thinking hats
  • The Five Whys
  • Lightning Decision Jam
  • Failure Mode and Effect Analysis

Organizational Skill

Salah satu contoh orang kreatif adalah memiliki keterampilan berorganisasi atau kerjasama. Keterampilan berorganisasi juga termasuk ke dalam contoh berpikir kreatif. Organizational skill membuat kamu “berdamai” dengan deadline, mampu bekerja sama dengan baik dengan rekan kerja, hingga meminimalisir timbulnya stres.

Beberapa ini adalah beberapa tipe dari organizational skill yang perlu kamu ketahui seperti berikut ini.

  • Time management
  • Set goals
  • Memiliki motivasi yang tinggi
  • Bekerja di bawah tekanan
  • Kemampuan membuat planning

Communication Skill

Kemampuan komunikasi yang baik adalah contoh berpikir kreatif yang sangat krusial. Pasalnya, komunikasi merupakan cara untuk berinteraksi antarmanusia. Kalau kamu gak punya skill komunikasi yang baik, pekerjaan bahkan kariermu menjadi terhambat.

Baca juga: Cara Sederhana Meningkatkan Skill Komunikasi

Kemampuan komunikasi atau communication skill yang baik gak hanya diperlukan oleh profesi-profesi yang mengharuskan banyak berbicara. Namun, skill komunikasi perlu dikuasai oleh setiap orang.

Tapi MinCheck, aku orangnya introvert…

Eits, kemampuan berkomunikasi gak hanya berlaku untuk seseorang yang ekstrovert. Tenang, kamu bisa kok asalkan kamu terus belajar. Kamu bisa belajar public speaking agar kemampuan berbicara kamu semakin oke!

Bagaimana Cara Berpikir Kreatif?

Kira-kira bagaimana cara berpikir kreatif?
Kira-kira bagaimana cara berpikir kreatif? (Foto via Freepik)

Setelah kamu mengetahui contoh berpikir kreatif, kini MinCheck ingin berbagi cara berpikir kreatif yang bisa kamu terapkan. Penasaran? Simak berikut ini!

Membangun Koneksi dengan Orang Kreatif

Cobalah untuk bergabung dengan orang-orang kreatif agar kreativitasmu ikut terasah. Kamu bisa mengikuti kegiatan yang kamu suka atau yang bersifat challenging untuk melatih kreativitasmu.

Membaca Buku untuk Menambah Wawasan

Membaca buku dapat menambah insight baru untuk kamu. Kalau kamu kesulitan membaca, cobain deh tantang dirimu sendiri untuk membaca buku misalnya satu buku dalam satu minggu dan berkomitmen. Kalau masih nggak mempan, coba ajak temanmu untuk bergabung membaca buku dan berbagi cerita mengenai buku yang telah dibaca.

Berpetualang ke Tempat Baru

Menurut laman Klik Dokter, berkunjung ke tempat baru dapat membantumu menemukan inspirasi baru. Selain itu, tempat baru yang kamu kunjungi memiliki tantangan tersendiri yang dapat melatih otak kamu untuk berpikir. Gimana? Tertarik untuk coba?

Berpikir Positif

Siapa sangka kalau berpikir positif mampu membuat kamu bisa lebih kreatif? Masih dilansir dari Klik Dokter, kata-kata positif dapat merangsang otak untuk berpikir jernih. Kalau kamu selalu mengatakan hal buruk pada dirimu sendiri, kamu akan tenggelam dalam pikiranmu dan tidak bisa berkembang. Oleh karena itu, yuk terus berpikir positif!

Nah, itulah sedikit informasi dari MinCheck mengenai contoh berpikir kreatif dan cara untuk mengembangkan soft skill yang bisa kamu terapkan. Menjadi orang yang kreatif memang gak mudah, namun kamu gak pernah tahu kalau belum mencobanya!

Kalau kamu kesulitan, kamu bisa mengandalkan aplikasi yang bisa kamu coba untuk pengembangan diri kamu. Coba deh buat to-do list kamu di aplikasi DoCheck. Yuk download aplikasinya di Play Store dan App Store secara gratis!


Scroll to Top