contoh bisnis kreatif untuk mahasiswa

13 Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa, Dijamin Cuan!


Saat ini kreativitas menjadi salah satu faktor untuk bisa bersaing dalam mencari pundi rupiah. Seiring berkembangnya zaman, orang-orang mulai berbondong-bondong untuk membuat bisnis kreatif dan inovatif sesuai dengan target pasar. Mahasiswa menjadi sebagai salah satu kelompok yang mendongkrak munculnya ide bisnis kreatif di Indonesia. Kira-kira apa sih yang dimaksud dengan bisnis kreatif dan apa saja contoh bisnis kreatif mahasiswa?

Kamu penasaran? Simak ulasan MinCheck berikut ini dan baca artikelnya sampai selesai, ya!

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kreativitas merupakan kemampuan untuk mencipta. Singkatnya, bisnis kreatif adalah bisnis yang dikembangkan oleh kreativitas seseorang. Nah, kalau kamu memiliki kreativitas yang tinggi dan ingin coba terjun ke bisnis kreatif, baca artikel dari MinCheck sampai selesai, ya!

Contoh Bisnis Kreatif Mahasiswa

Contoh bisnis kreatif mahasiswa yang bisa kamu coba
Contoh bisnis kreatif mahasiswa yang bisa kamu coba (Foto thicha2707 via Freepik)

Setelah mengetahui apa itu bisnis kreatif, MinCheck akan berbagi contoh bisnis kreatif untuk mahasiswa yang pastinya minim modal. Apa saja contoh bisnis kreatif tersebut? Simak berikut ini!

1. Bisnis Buket atau Karangan Bunga

Bisnis kreatif yang satu ini sudah ada sejak dahulu kala. Untuk merangkai bucket bunga, kamu perlu memiliki kreativitas agar produk yang kamu buat berbeda dengan yang lain. Bisnis buket sendiri nggak membutuhkan modal yang tinggi sehingga cocok banget dicoba oleh mahasiswa.

Buket biasanya dijadikan hadiah untuk wisuda, anniversary, atau sebagai bentuk tanda sayang. Nah, bisnis ini termasuk bisnis yang gak bakal lekang oleh zaman karena setiap orang membutuhkannya untuk acara tertentu.

2. Reseller, Bisnis Anak Kuliahan

Kamu ingin membuka bisnis namun memiliki budget terbatas? Tenang, ada kok yang namanya reseller. Yup, menjadi reseller tidak memerlukan biaya yang besar. Kamu bisa mencari online shop yang sekiranya membuka peluang untuk reseller. Reseller menjadi salah satu bisnis anak kuliahan yang populer dan minim cost.

Dilansir dari laman Koin Works, reseller tidak memproduksi produk sendiri namun bekerja sama dengan pemilik brand. Gimana, apakah kamu tertarik untuk coba?

3. Thrift Shop, Ide Bisnis Mahasiswa

Dua atau tiga tahun ke belakang, bisnis thrift menjamur dimana-mana. Kalau kamu tertarik di bidang fashion, thrifting menjadi bisnis untuk mahasiswa yang menjanjikan untuk kamu coba. Bisnis ini memang membutuhkan kreativitas, kamu perlu memikirkan strategi agar jualan kamu dilirik oleh pembeli.

Biasanya nih, beberapa online shop bahkan melakukan reworked agar pakaian yang dijual berbeda dengan yang lain. For your information, baju-baju thrift ini bisa kamu temui di berbagai pasar yang menjual barang bekas dan dijual mulai dari harga 10-100 ribu-an. Namun, kamu perlu make sure kalau pakaian yang kamu jual masih layak pakai, ya.

Baca juga: Mengenal Thrift Shop, Peluang Usaha dengan Modal yang Minim!

4. Make-up Artist

Kamu hobi make-up? Kalau iya, kamu bisa coba menjadi make-up artist atau MUA. Menjadi seorang MUA haruslah kreatif dan memiliki kemampuan merias yang mumpuni agar klien puas.

Sebelum terjun ke dalam dunia make-up artist, kamu perlu mengumpulkan alat makeup dan terus berlatih agar skill kamu semakin oke. Jangan lupa untuk membuat akun sosial media pribadi untuk dijadikan portofolio.

5. Content Creator

Kalau kamu adalah anak yang hobi bikin konten, kamu bisa coba menjadi seorang content creator. Untuk menjadi content creator, kamu bisa membuat konten-konten edukatif atau insightful agar audiens tertarik untuk melihat konten kamu.

Selain itu, kamu harus tahu cara branding yang oke sehingga audiens mengenali kamu dan perbedaan kamu dengan content creator lain.

6. Admin Sosial Media

Hobi main sosmed? Cobain jadi admin sosial media
Hobi main sosmed? Cobain jadi admin sosial media (Foto via Freepik)

Kalau kamu senang bermain media sosial, kamu bisa lho menjadi seorang admin sosial media. Saat ini banyak banget perusahaan yang membutuhkan jasa admin sosial media untuk mengembangkan bisnis mereka.

7. Fotografi

Fotografi menjadi salah satu bisnis kreatif yang oke punya. Jasa fotografi bertebaran dimana-mana. Instagram menjadi salah satu media yang bagus untuk mempromosikan foto-foto yang sudah kamu jepret! Mantap, bukan? Kalau kamu punya skill fotografi yang mumpuni, kamu bisa mencoba jadi fotografer profesional.

Biasanya seorang fotografer dibutuhkan untuk acara pernikahan, iklan komersial, atau memotret model. Tentunya, cuannya pun nggak main-main. Yuk coba yuk!

8. Usaha Makanan

Kamu hobi memasak? Cobain deh bisnis kuliner atau usaha makanan. Usaha makanan menjadi bisnis kreatif yang nggak lekang oleh zaman. Kamu boleh mencoba bisnis usaha makanan seperti frozen food, salad buah, dessert box, atau camilan murah meriah.

Baca juga: Hobi Memasak? Aplikasi DoCheck Bisa Bantu Catat Resep!

9. Aksesoris Handmade

Aksesoris handmade juga menjadi bisnis kreatif yang lagi happening. Kalau kamu perhatikan, banyak aksesoris handmade yang dijual di berbagai e-commerce. Kamu bisa mencoba bisnis kreatif seperti cincin resin handmade, beads ring, necklace beads, dan lain sebagainya.

10. Freelancer

Ingin penghasilan tambahan? Kamu bisa coba yang namanya jadi freelancer. Seorang pekerja lepas atau freelancer biasanya bekerja based on project. Pekerjaan freelance bisa kamu coba kalau kamu punya jiwa kreatif!

Kamu bisa menawarkan jasa freelance translator, copywriting, content writing, bahkan freelance penulisan dokumen, lho! Untuk memulai bisnis kreatif ini pun kamu nggak perlu modal yang besar-besar amat.

Baca juga: Contoh Kerja Freelance yang Bisa Kamu Coba

11. Tutor Online

Kalau kamu memiliki passion di bidang mengajar, tutor online bisa jadi ladang cuan untuk kamu. Pasalnya, menjadi seorang tutor online bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah untuk kantongmu. Seperti namanya, seorang tutor online memberikan materi pengajaran secara online.

12. Jasa Mendengarkan Curhat

Jasa mendengarkan curhat juga bisa kamu coba sebagai bisnis kreatif
Jasa mendengarkan curhat juga bisa kamu coba sebagai bisnis kreatif (Foto via Freepik)

Mungkin terdengar tidak umum, namun bisnis yang satu ini bisa jadi ide bisnis kreatif yang gak perlu modal, lho! Kamu bisa mendengarkan curhatan klienmu dengan saksama. Namun tentunya skill yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini adalah kemampuan komunikasi yang baik dan mampu menjadi good listener.

Kamu bisa merintis bisnis kreatif ini melalui sosial media. Perlu kamu garisbawahi, kamu harus menjadi penjaga rahasia yang baik, ya! Pasalnya, tidak semua orang memiliki pendengar untuk setiap masalah atau keluh kesahnya.

13. Jasa Titip Kucing atau Hewan Peliharaan Lainnya

Kamu suka kucing? Nah, bisnis kreatif seperti jasa penitipan kucing bisa kamu coba, lho! Kerap kali orang kebingungan untuk menitipkan hewan kesayangan mereka, apalagi saat akan bepergian ke luar kota. Berangkat dari problem ini, kamu bisa membuka peluang usaha untuk menghasilkan cuan.

Nah, itulah sederet contoh ide bisnis kreatif untuk mahasiswa yang minim modal dan dijamin cuan. Kalau kamu tertarik, kamu bisa memulai bisnis tersebut dari sekarang. Untuk mempermudah prosesnya, kamu bisa menggunakan aplikasi to-do list untuk merinci kegiatan yang harus kamu lakukan agar goals-mu tercapai.

MinCheck merekomendasikan aplikasi DoCheck karena memiliki berbagai fitur menarik yang tentunya dapat menjadi solusi pengembangan diri. Bersama DoCheck, kamu dapat mengatur goals, tasks, hingga mengintip berbagai goals super produktif dari para KOL. Aplikasi DoCheck dapat kamu download di Play Store dan App Store secara gratis!


Scroll to Top