Ini 5 Langkah Ampuh untuk Melatih Cara Berpikir Kreatif


Pernahkah kamu melihat orang yang menurutmu kelakuannya kelewat kreatif? Kelewat kreatif di sini maknanya bukan negatif, ya. Misalkan nih, kamu melihat content creator di YouTube membuat konten yang menarik dan out of the box, misalkan Raditya Dika yang membuat konten membanding-bandingkan berbagai makanan dan minuman. Contoh lainnya, mungkin kamu melihat orang yang memiliki usaha dengan konsep yang unik. Setelah melihat mereka, pernah nggak sih, kamu berpikir, bagaimana mereka menerapkan cara berpikir kreatif?

MinCheck mengerti, sih. Salut juga ya kalau melihat orang bisa memiliki pola pikir kreatif seperti itu. Mungkin, terkadang kamu juga ingin mencoba untuk mengimplementasikan kreativitasmu, tetapi kamu tak tahu bagaimana caranya. Mungkin juga kamu merasa kaluu dirimu bukan orang yang kreatif. Tenang saja, DoCheckers, karena kamu datang ke tempat yang tepat untuk mengetahuinya. Namun, sebelum MinCheck bagikan ke kamu berbagai cara memingkatkan pola pikir kreatif, kamu perlu tahu dulu apa yang dimaksud dengan pemikiran kreatif itu sendiri.

Pengertian creative thinking.
Pengertian creative thinking. (Gambar Rodolfo Clix via Pexels)

Apa itu pengertian creative thinking? Menurut laman Very Well Mind, berpikir kreatif adalah kemampuan manusia untuk menggali gagasan dan mengimplementasikannya sebagai suatu solusi untuk mengatasi masalah dan berbagai situasi. Sebenarnya, pemikiran kreatif ini tidak hanya diperlukan oleh orang-orang yang berkecimpung di dunia kreatif, seperti penulis, content creator, dan pekerjaan sejenis saja. Akan tetapi, kamu sebenarnya perlu melatih kemampuan berpikir kreatif kamu untuk memecahkan permsalahan sehari-hari, meskipun pekerjaanmu tidak berada di ranah kreatif sekalipun.

Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif

Pada dasarnya, kemampuan berpikir kreatif ini sebenarnya dimiliki oleh semua orang, lho, DoCheckers. Dengan kata lain, kamu bisa melatih cara berpikir kreatif secara mandiri. Lalu, bagaimana caranya? Simak tips dari MinCheck berikut ini, ya!

1. Mengembangkan Rasa Ingin Tahu

Apakah kamu percaya kalau keingintahuan yang kamu miliki adalah akar dari pengembangan diri? Kalau MinCheck sendiri percaya, sih. Contohnya sekarang kamu sedang membaca artikel dari MinCheck soal cara berpikir kreatif. Mungkin, itu disebabkan kamu yang memiliki rasa penasaran mengenai cara melakukannya. Ini menandakan kamu sudah memasuki satu langkah untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif kamu, nih.

Akan tetapi, kamu perlu terus mengembangkan rasa ingin tahu dalam diri kamu untuk melatih kemampuan berpikir kreatif. Bahkan, rasa penasaran ini dapat menuntun kamu untuk terus berkembang, baik secara ilmu maupun kepribadianmu. MinCheck punya sedikit tips nih buat membantu kamu memantik rasa ingin tahu dalam dirimu.

Apakah kamu pernah membayangkan suatu skenario dalam kehidupan kamu? Misalnya, ketika kamu baru saja gagal menghadapi interview kerja. Kemudian, kamu membayangkan suatu skenario seandainya kamu kamu memberikan jawaban lain yang lebih tertata kepada HRD. Pemikiran-pemikiran liar soal keadaan “what if” seperti itu ternyata dapat meningkatkan cara berpikir kreatif kamu, lho. Hal ini dikarenakan pemikiranmu akan terbiasa untuk menggali solusi alternatif atas suatu persoalan dengan konsep “what if” tadi.

2. Berani untuk Mencoba Hal Baru

Mengeksplor hal-hal baru di sekitarmu ternyata bisa menjadi salah satu cara meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, lho. Apalagi jika hal-hal yang kamu eksplor ini berada di luar zona nyaman kamu. Hal ini dimaksudkan untuk membuka perspektif kamu secara lebih luas. MinCheck kasih contoh, deh. Kalau kamu anak yang malas gerak dan lebih senang menghabiskan waktu di rumah, cobalah untuk mengeksplorasi hal-hal baru yang jauh dari itu. Misalnya, kamu bisa membiasakan diri untuk travelling atau mulai rajin berolahraga.

Kamu terlalu mager untuk melakukannya? Tenang saja, DoCheckers. Kamu bisa mulai mengeksplorasi mulai dari hal-hal yang lebih simpel, kok. Contohnya melalui musik dan film. Jika kamu termasuk anak yang sangat fanatik dengan musik western pop, kamu bisa mengulik genre lainnya. Contoh lainnya, jika kamu adalah orang yang takut menonton film horor, kamu bisa mulai untuk menontonnya. Hal ini dimaksudkan agar kamu bisa melihat suatu hal dari berbagai perspektif yang berbeda. Intinya sih, kamu perlu keluar dari zona nyaman agar punya perspektif lebih luas.

Baca Juga: Hidup Gitu-Gitu Aja? Yuk Cobain Keluar dari Zona Nyaman!

3. Bertemu dan Berdiskusi dengan Orang Baru

Bertemu orang baru bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif kamu.
Bertemu orang baru bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif kamu. (Gambar Matheus Bertelli via Pexels)

Bertemu orang baru juga dapat membuat pemikiran kamu terpacu untuk jadi lebih kreatif, lho. Ditambah lagi, kalau orang-orang baru tersebut memiliki pemikiran dan latar belakang yang berbeda denganmu. Apalagi di era sosial media seperti sekarang ini, kamu bisa terkoneksi dengan orang dari berbagai kalangan, berbagai generasi, bahkan berbagai negara. Kemudahan ini bisa kamu manfaatkan untuk belajar memahami berbagai perspektif yang dimiliki manusia, sehingga pola pikir kreatif kamu terlatih. Jangan lupa untuk bertukar pikiran dengan orang-orang baru yang kamu temui.

Baca Juga: 5 Teknik Brainstorming Paling Ampuh untuk Menggali Ide

Kalau kamu sendiri, termasuk orang yang mudah bergaul nggak, DoCheckers? Kalau iya, mungkin kamu juga merasa lebih bisa memecahkan masalah dan menangani suatu kondisi dengan lebih baik, bukan? Hal ini dikarenakan kamu sudah terlatih dengan pola cara berpikir kreatif dengan bersosialisasi dan menjalin network dengan orang lain. Kalau kamu bukan tipe orang yang mudah bergaul dan cenderung introvert, jangan khawatir. Masih ada cara lain untuk melatih kemampuan berpikir kreatif kamu, kok. Simak sampai habis, ya!

4. Hindari Pemikiran Negatif

Kamu sadar nggak, sih, kalau pemikiran negatif dapat menghambat dirimu? Jika kamu terbiasa memikirkan hal-hal negatif seperti kegagalan, pemikiranmu akan terhambat untuk jadi lebih kreatif. Ketimbang berpikir demikian, lebih baik jika kamu berpikir optimis, paling tidak untuk berusaha sebaik mungkin. Menurut laman Klik Dokter, stimulus-stimulus positif yang kamu berikan ke otakmu ini juga bisa membantu kamu untuk menemukan solusi dari suatu permasalahan dengan lebih baik, lho. Jadi, jangan banyak berpikir negatif ya kalau ingin melatih cara berpikir kreatif kamu!

5. Menerapkan Gaya Hidup Sehat dapat Membantu Kamu Melatih Cara Berpikir Kreatif, lho!

Gaya hidup sehat dapat membantu kamu melatih cara berpikir kreatif.
Gaya hidup sehat dapat membantu kamu melatih cara berpikir kreatif. (Gambar Destiawan Nur Agustra via Pexels)

Selain melatih kepekaan otakmu agar cepat berpikir kreatif, kamu juga tetap perlu menerapkan gaya hidup sehat, DoCheckers. Alasannya simpel, otak kamu tidak akan bisa berpikir dengan maksimal saat tubuh kamu kelelahan, apalagi saat kamu sedang sakit. Kamu bisa menerapkan pola hidup sehat sebagai salah satu cara berpikir kreatif. Simpel saja, kamu bisa mulai menerapkan pola hidup sehat seperti berikut ini:

  1. Rajin berolahraga
  2. Menerapkan pola makan sehat
  3. Mengurangi kebiasaan begadang.

Baca Juga: 5 Efek Begadang bagi Wanita, Waduh Apa Saja Tuh?

Pasti kamu sekarang sudah lebih tahu kan, tentang bagaimana cara berpikir kreatif? Biar kamu bisa terus melatih pola pikir kreatif seperti yang MinCheck bagikan di atas, kamu bisa membuat to-do list menggunakan aplikasi DoCheck. Nanti kamu masukkan juga tuh tips-tips dari MinCheck, biar kamu bisa pantau progress yang telah kamu jalankan. Seru banget, kan? Makanya, download DoCheck di Play Store dan App Store sekarang juga.


Scroll to Top