Apa Itu Healing Time? Solusi Buat Kamu yang Butuh Istirahat!


Makin ke sini, makin banyak istilah-istilah populer yang digunakan untuk merujuk kegiatan yang dilakukan masyarakat. Healing menjadi salah satu kosa kata paling populer di kalangan masyarakat dalam beberapa waktu belakangan. Istilah tersebut biasanya merujuk pada kegiatan yang menyenangkan seperti liburan dan jalan-jalan. Padahal, sebenarnya konsep healing gak cuma itu. Kalau begitu, sebenarnya apa itu healing time dan mengapa setiap orang memerlukannya? Memang ada manfaatnya? Mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Apa itu Healing Time dalam Bahasa Gaul?

Dilansir dari laman Oxford Learner’s Dictionary, healing adalah proses penyembuhan diri setelah melewati suatu momen emosional untuk kembali ke kondisi semula. Pengertian tersebut selaras dengan apa itu healing time dalam bahasa gaul yang merujuk pada kegiatan yang dilakukan untuk mengalihkan diri dan menyembuhkan kondisi mental seseorang.

Adapun beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang membutuhkan healing time adalah sebagai berikut:

  • Kehilangan seseorang yang disayang;
  • Stres karena bekerja;
  • Lingkungan sekitar yang toxic;
  • Baru saja menemui kegagalan dalam hidup;
  • Pertikaian dengan orang sekitar;
  • Bosan dengan rutinitas;
  • dan lain-lain.

Apabila dilihat dari beberapa kondisi di atas, bisa dibilang kalau semuanya memang dapat menguras energi dan mental kamu dalam sekejap. Maka dari itu kamu memerlukan kegiatan yang dapat menyegarkan kembali kondisi mental, pikiran, dan tubuh kamu. Itu sebabnya healing time merujuk pada kegiatan-kegiatan yang dapat menyegarkan otak, seperti menonton film, berbelanja, dan liburan.

Baca juga: 10 Tips Liburan Murah yang Bisa Dicoba Bareng Bestie

Mengapa Kamu Memerlukan Healing Time?

Barusan kamu sudah menyimak penjelasan menganai apa itu healing time. Sekarang, mungkin kamu bertanya-tanya mengapa seseorang butuh healing time, maka jawabannya sudah pasti karena tiap orang membutuhkan waktu luang untuk beristirahat dan menjernihkan pikiran. Ada kalanya seseorang perlu rehat dari segala hiruk pikuk permasalahan di dunia ini, entah soal kehidupan pribadi, pekerjaan, keluarga, dan lain-lain. Bahkan, saat memasuki fase lelah dan terpuruk, ada beberapa orang yang lebih memilih untuk meluangkan waktu sendirian agar bisa mengembalikan tenaga dan mentalnya dengan me time. Maka dari itu, me time juga termasuk salah satu cara bagi seseorang untuk melakukan self-healing.

Menghabiskan waktu sendiri atau me time merupakan salah satu metode self healing time.
Menghabiskan waktu sendiri atau me time merupakan salah satu metode self healing time. (Gambar Sebastian Arie Voortman via Pexels)

Kalau bisa diibaratkan, healing time adalah waktu istirahat di tengah jam sekolah. Memang waktunya cenderung lebih singkat apabila dibandingkan dengan jam pelajaran, namun kamu dapat melakukan apa pun yang kamu inginkan di rentang waktu tersebut. Kamu bisa bermain, bergurau dengan teman-teman, bahkan kamu bisa mengisi perut. Akan tetapi, tujuannya bukan untuk bersantai-santai saja, melainkan agar kamu dapat kembali mengikuti jam pelajaran dengan baik.

Begitu pula dengan saat kamu meluangkan waktu untuk memulihkan keadaan. Tujuan dari healing time adalah agar kamu dapat mengisi tenaga dengan harapan supaya nantinya kamu bisa melakukan pekerjaan dan menjalani hidup dengan lebih baik lagi. Sementara itu, jika kamu tidak meluangkan waktu untuk beristirahat, maka besar kemungkinan kamu akan semakin down karena berpotensi terkena burnout. Kalau sampai kena, bisa-bisa nanti kamu jadi makin gak semangat dalam menjalani hidup, lho!

Baca juga: Simak Ciri-ciri Emotional Burnout dan Cara Mengatasinya

Manfaat Healing Time

Pada dasarnya, setiap orang perlu yang namanya istirahat, entah itu sekadar istirahat biasa maupun istirahat dengan melakukan healing. Dilansir dari laman Flow, kurang istirahat dapat menimbulkan kelelahan yang akan berdampak pada masalah kesehatan yang lebih serius. Contohnya seperti stroke, serangan jantung, tekanan darah meningkat, dan lain-lain. Gak cuma itu, kamu juga akan merasakan beberapa masalah lain, seperti menurunnya produktivitas. Maka dari itu, penting bagi setiap orang untuk meluangkan waktu dan beristirahat. Lalu, apa itu manfaaat healing time yang dapat kamu rasakan? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

1. Healing Time dapat Meredakan Stres

Salah satu manfaat healing time adalah dapat membantu meringankan kondisi kamu yang tengah dilanda perasaan campur aduk dan bikin gak nyaman. Hal ini dikarenakan segala permasalahan yang timbul berpotensi dapat menyebabkan stres. Namun, apabila terlalu terpaku dengan masalah tersebut, justru bakal bikin kamu overthinking. Beristirahat sejenak dengan melakukan healing dapat membantu kamu melupakan segala masalah yang ada.

2. Meningkatkan Mood dan Semangat

Setelah menjalani momen yang menyenangkan, besar kemungkinan kalau mood kamu juga akan terbawa menjadi bagus pula. Dengan demikian, akan lebih mudah bagi kamu untuk menumbuhkan semangat untuk beraktivitas kembali. Sementara itu, kamu bakal cenderung susah untuk membangkitkan mood dan semangat apabila sudah terlalu lelah dengan segala urusan. Maka dari itu, kamu harus buru-buru menemukan apa itu healing time terbaik yang paling cocok untuk kamu.

3. Berpikir Positif

Ketika mood kamu sedang naik, maka otak dan tubuh kamu juga akan merespons dengan baik. Biasanya, ketika kamu merasa senang, maka otak kamu akan cenderung untuk fokus pada hal-hal yang positif. Hal ini juga sekaligus dapat mengurangi perasaan negatif yang menumpuk dan dapat memicu stres.

Contoh Healing Time Terbaik

Setiap orang mempunyai cara sendiri untuk mendefinisikan apa itu healing time bagi mereka. Pada akhirnya, tiap orang juga memiliki cara masing-masing untuk melaukan healing, mulai dari liburan hingga belanja. Akan tetapi, memang kebanyakan orang mencoba untuk mengurangi beban pikiran dengan berlibur. Apalagi, di momen akhir tahun seperti sekarang ini, sangat cocok dipakai untuk healing karena banyak waktu liburan yang teredia.

Baca juga: 5+ Tips Liburan Akhir Tahun Biar Nggak Jadi Wacana

Namun, itu bukan berarti bahwa liburan hanyalah satu-satunya cara untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Berikut merupakan beberapa hal lain yang bisa kamu coba untuk mengisi healing time.

Berolahraga

Olahraga memang bikin capek, tapi di sisi lain juga bikin kita tambah fresh. Sebagai contoh, saat kamu baru bangun tidur dan tidak melakukan apa pun, maka rasa malas bakal makin merasuki kamu. Namun, jika kamu meniatkan diri untuk “bergerak” dengan berolahraga, maka kamu akan mendapatkan energi positif untuk makin produktif. Bahkan, menurut laman Halodoc, olahraga mampu meningkatkan hormon endorfin yang bikin mood kamu naik. Maka dari itu, kamu amat disarankan untuk tidak menuruti rasa malas “bergerak” yang timbul. Jangan sampai kamu jadi remaja jompo nantinya!

Akan tetapi, kamu tak perlu memaksakan diri untuk melakukan olahraga yang intensitasnya tergolong berat. Maka dari itu, kamu cukup melakukan olahraga yang cukup ringan, tapi sekaligus bisa menjernihkah pikiran dan menyegarkan tubuh. Contohnya adalah yoga, jalan santai, ataupun menari.

Healing Time Terbaik dengan Menghabiskan Waktu Bersama Orang Tersayang

Kamu tak perlu berlibur ke berbagai destinasi wisata untuk mengembalikan energi. Berdasarkan pengertian apa itu healing time yang MinCheck paparkan tadi, menghabiskan waktu bersama orang-orang tersayang di rumah bisa jadi salah satu cara paling mudah untuk dijadikan menyegarkan pikiran. Paling tidak, kamu bisa menepikan perasaan tak karuan karena dikelilingi rekan kerja menyebalkan, tugas yang menumpuk, kesedihan, dan berbagai problematika lainnya. Bahkan, bisa dibilang kalau cara ini adalah salah satu healing time terbaik yang layak untuk dicoba.

Bermain dengan Hewan Peliharaan

Bermain dengan hewan peliharaan dapat menghilangkan rasa stres dan lelah.
Bermain dengan hewan peliharaan dapat menghilangkan rasa stres dan lelah. (Gambar Yerlin Matu via Unsplash)

Kalau kamu punya hewan peliharaan, tentu kegemasan mereka bisa jadi obat tersendiri yang dapat menghilangkan rasa penat setelah seharian beraktivitas. Hal ini pun sesuai dengan pernyataan dari laman Healthguide yang mengatakan bahwa hewan peliharaan dinilai mampu mengurangi rasa stres para majikannya. Hal ini dikarenakan seseorang akan mendapatkan suntikan hormon endorfin dan dopamin ketika menghabiskan waktu bersama peliharaan mereka. Bahkan, orang yang tak mempunyai hewan peliharaan diklaim bakal lebih mudah terkena stres dan depresi ketimbang mereka yang punya.

Kamu punya anabul? Buruan ajak mereka main!

Baca juga: 2 Kafe Kucing Bandung untuk Berakhir Pekan, Cocok buat Cat Lover

Belanja

Berbelanja merupakan suatu kegiatan yang amat menyenangkan. Oleh karena itu, belanja bisa jadi sebuah metode healing time yang cukup simpel, namun sekaligus ampuh. Namun, kamu bisa kalap dan membeli barang ini itu yang belum tentu kamu perlukan kalau tak hati-hati. Maka dari itu, kamu perlu memahami betul apa itu berbelanja sebagai sarana healing time, serta perhatikan betul nafsu belanjamu, ya, DoCheckers. Jangan sampai kamu yang niatnya mau healing malah jadi impulsive buying!

Gak Ngapa-ngapain Juga Termasuk Healing Time

Loh, gak salah, nih?

Tentu tidak, dong. Nyatanya, tidak melakukan apa-apa dalam rentang waktu tertentu terbukti bisa mengurangi rasa stres serta mengistirahatkan tubuh dan otak kamu, lho. Cara menghabiskan healing time dengan do nothing adalah cukup hanya beristirahat dan melepaskan semua beban yang ada. Sebagai contoh, jika kamu baru saja kena omel oleh atasan, maka biasanya kamu akan merasa bersalah dan kurang maksimal dalam mengerjakan tugas. Apabila tak diatasi dengan segera, maka besar kemungkinan kamu akan kehilangan motivasi. Maka dari itu, kamu bisa coba menghilangkan beban tersebut untuk sementara waktu saat ada momen untuk do nothing.

Penutup

Sekarang kamu sudah tahu bukan mengenai apa itu healing time dalam bahasa gaul serta manfaatnya. Ternyata, memang penting banget ya untuk menyegarkan kondisi fisik dan mental. Soalnya, bakal repot juga kalau kamu kondisi kesehatan kamu terganggu. Nah, kalau kamu ingin mengagendakan healing time, baik sendiri maupun bareng orang-orang tersayang, yuk coba pakai aplikasi DoCheck.

DoCheck merupakan social to-do list app yang berguna untuk menunjang segala aktivitas kamu sehari-hari. Kamu bisa menyusun rencana healing time yang akan kamu lakukan agar lebih terorganisir dan makin seru. Mau healing bareng teman atau keluarga? Bisa! Kamu dapat bekerja sama dengan teman-temanmu untuk merencanakan kegiatan, serta saling bertukar komentar. Dengan demikian, kamu bisa berkoordinasi langsung dalam menyiapkan agenda healing langsung dari aplikasinya, lho! Pastinya, rencana kamu bakal makin lancar dengan fitur-fitur ini.

Kamu bisa mengunduh aplikasi DoCheck di Play Store atau App Store secara gratis. Yuk, susun rencana healing kamu dengan aplikasi DoCheck!


Terbaru

Kategori

Scroll to Top