CV menarik untuk fresh graduate

Catat! 5 Cara Membuat CV Menarik Untuk Fresh Graduate


Setelah lulus dari perguruan tinggi, ada banyak opsi yang bisa dilakukan, salah satunya adalah memasuki dunia kerja. Namun, tahukah kamu bahwa persaingan untuk mendapatkan satu posisi dalam suatu perusahaan itu sangatlah ketat. Tanpa persiapan yang matang, kamu bisa gagal di proses rekrutmen. Menurut EduMor, salah satu penyebab paling umum seseorang tidak berhasil lanjut ke tahap seleksi selanjutnya adalah CV (Curriculum Vitae) yang kurang menarik dan tidak relevan.

Kenapa sih kamu perlu CV menarik untuk lolos di tahap rekrutmen? CV yang menarik adalah alat untuk mempromosikan dirimu sendiri di antara ratusan atau ribuan kandidat yang juga melamar untuk posisi yang sama. Ehef juga menyatakan bahwa jika kamu tidak memberikan hal yang berbeda dari orang lain, ada kemungkinan pihak rekruter tidak akan tertarik membaca lebih lanjut lamaranmu. Oleh karena itu, DoCheck akan berbagi cara membuat CV menarik untuk kamu. Simak baik-baik, ya!

1. CV yang Menarik Hanya Mengandung Informasi Penting!

Cukup tulis informasi penting tentang dirimu agar CV menarik
Cukup tulis informasi penting tentang dirimu agar CV menarik (Foto oleh cottonbro/ Pexels)

Pada bagian awal CV, kamu harus menulis identitas dirimu. Buatlah perkenalan diri yang singkat dan jelas, seperti nama lengkap dan pendidikan. Berdasarkan penelitian dari Amerika dan Kanada, rata-rata seorang HRD hanya memiliki waktu 6 hingga 8 detik untuk membaca CV-mu. Oleh sebab itu, jangan buat terlalu panjang ya! Lantas, apa yang harus ditulis? Dilansir dari MySkill, informasi pribadi yang wajib kamu cantumkan dalam CV agar menarik adalah sebagai berikut:

  • Nama lengkap;
  • Domisili;
  • Alamat email;
  • Nomor telpon aktif;
  • Tautan akun LinkedIn dan
  • Link Portofolio.

2. Cantumkan Riwayat Pendidikan yang Terbaru

Riwayat pendidikanmu cukup cantumkan yang terbaru
Riwayat pendidikanmu cukup cantumkan yang terbaru (Foto oleh Emily Ranquist/ Pexels)

Setelah kamu membuat profil singkat, kamu harus mencantumkan riwayat pendidikan. Kamu tidak perlu memasukkan seluruh riwayat pendidikanmu, cukup pendidikan yang terbaru. Jadi, kamu bisa mulai dari SMA/SMK/Sederajat dan perguruan tinggi. Kemudian, apa saja yang harus ditulis di bagian pendidikan? Yuk, perhatikan daftarnya di bawah ini!

  • Nama institusi pendidikan;
  • Lokasi sekolah / universitas;
  • Tingkat pendidikan (Sarjana/ Master/ Doktor);
  • Tahun masuk dan lulus;
  • Jurusan / gelar yang didapat;
  • IPK.

Selain itu, menurut Glints kamu juga harus memperhatikan urutan penulisannya. Jadi, cantumkan tingkat pendidikan yang terbaru dulu lalu diikuti oleh pendidikan sebelumnya. Misalnya adalah kamu menuliskan nama kampusmu sekarang, setelah itu baru sebutkan SMA-mu. Jika kamu memiliki prestasi selama masa sekolah atau kuliah, kamu juga boleh untuk memasukkannya di bagian penghargaan atau prestasi.

Baca juga: Pola F dalam CV, Rahasia Desain CV yang Mudah Dibaca HRD ala Vina Muliana

3. Skill yang Kamu Miliki Membuat CV Menjadi Menarik

Kemampuan komunikasi merupakan contoh soft skill
Kemampuan komunikasi merupakan contoh soft skill (Foto oleh Mikhail Nilov/ Pexels)

Hal penting lainnya yang tidak boleh kamu lupakan adalah menuliskan kemampuan yang kamu miliki. Pada bagian ini, kamu bisa sebutkan soft dan hard skills yang relevan dengan posisi yang kamu lamar. Apa bedanya soft dan hard skills? Jadi, dikutip dari Indeed hard skill merupakan kemampuan teknikal yang kamu dapat dari sekolah atau tempat pelatihan. Contohnya adalah kemampuan berbahasa asing, gelar, dan pemrograman komputer.

Sedangkan soft skill adalah kebiasaan yang membentuk bagaimana kamu bekerja. Kemampuan ini berkaitan erat dengan bagaimana seseorang berinteraksi dengan orang lain. Misalnya adalah komunikasi, kepemimpinan, fleksibilitas, dan manajemen waktu.

4. Ingat, Tuliskan Pengalaman Organisasi atau Kerja yang Relevan!

Riwayat kerja yang relevan dapat membuat CV-mu menarik
Riwayat kerja yang relevan dapat membuat CV-mu menarik

Ketika suatu perusahaan membuka lowongan kerja, mereka pasti sudah memiliki kriteria orang yang dicari. Contohnya seperti pengalaman kerja minimal 1 tahun dan pernah terlibat dalam suatu projek. Bagaimana mereka mengetahui hal tersebut? Tentu melalui pengalaman organisasi atau kerja pada CV-mu. Oleh karena itu, agar CV semakin menarik di mata HRD kamu harus menuliskan pengalaman organisasi atau kerja yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Mengapa demikian? Berdasarkan katalis, riwayat kerja atau organisasi dapat memudahkanmu mendapat pekerjaan impian, perekrut bisa mengetahui penerapan soft skill yang kamu miliki, dan menunjukkan kesiapanmu untuk bekerja. Kemudian, hal yang harus diperhatikan untuk menulis bagian pengalaman ini adalah urutan kegiatan wajib dimulai dari yang paling baru hingga lama, jabatan, durasi bekerja atau berorganisasi, dan tanggung jawab atau deskripsi pekerjaannya. Jadi, mulai sekarang jangan asal tulis, ya!

5. Prestasi Cemerlang Boleh Kamu Tulis

Prestasi hebatmu dapat membuat CV semakin menarik di mata HRD
Prestasi hebatmu dapat membuat CV semakin menarik di mata HRD (Foto oleh Lukas/ Pexels)

Apabila kamu memiliki prestasi yang cemerlang selama kuliah atau magang, kamu patut menuliskannya di CV! Karena poin ini bisa menambah daya tarikmu dibandingkan orang lain. Namun, jangan lupa bahwa prestasi yang kamu tulis harus berkaitan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Menurut Glints, pencapaian yang bisa kamu masukkan ke dalam CV bisa hal yang dapat diukur dan tidak. Ayo, perhatikan contohnya berikut ini!

  • Prestasi yang dapat diukur: Meningkatkan pendapatan perusahaan hingga Rp 10 juta/ bulan.
  • Prestasi yang tidak dapat diukur: Menjadi asisten dosen mata kuliah Biologi dari tahun 2020 – 2021.

Setelah kamu menuliskan prestasi, kamu juga harus memberikan penjelasan lebih lanjut tentang apa yang kamu tulis. Misalnya, kamu terpilih menjadi intern of the month di tempat kamu magang. Keterangan yang bisa kamu tulis adalah bagaimana kamu bisa mendapat penghargaan tersebut. Jadi, rekruter dapat memahami dengan jelas pencapaian hebat yang telah kamu raih.

Itu dia lima hal yang harus diperhatikan dalam membuat CV yang menarik untuk kamu yang fresh graduate. Hal ini sangat penting untuk diterapkan karena ini adalah “tiket”mu untuk mendapat pekerjaan impian. Selain tips ini, kamu juga bisa loh mendapat to-do list dari Vina Maulina, seorang influencer terkenal yang fokus tentang karier, untuk membantumu merancang CV yang stand out di mata HRD. Ingin tahu gimana caranya?

Kamu tinggal download aplikasi DoCheck di Play Store dan App Store secara GRATIS di hpmu. Kemudian, kamu bisa menyimpan tips dari Vina Maulina dengan mencari di bagian rekomendasi pada aplikasi DoCheck. Gampang bukan? Yuk, coba sekarang aplikasinya!

Baca juga: Sukses Wawancara Magang dengan 5 Tips Ini!


Scroll to Top