hard skill dunia kerja yang perlu kamu tahu

Contoh Hard Skill Dunia Kerja yang Perlu Kamu Tahu


Untuk masuk ke dunia kerja memang tidaklah mudah. Persaingan yang ketat membuatmu perlu memiliki skill yang mumpuni agar bisa unggul dibanding yang lain. Skill yang perlu kamu miliki salah satunya adalah hard skill. Ternyata terdapat beragam hard skill dunia kerja yang perlu kamu kuasai. Hard skill merupakan kemampuan yang bisa diasah, so let’s check this out for more information about hard skill!

Pengertian Hard Skill

Hard skill merupakan kemampuan yang kamu peroleh melalui pendidikan, pelatihan, dan pengalaman yang berkaitan langsung dengan pekerjaan tertentu. Hard skill sama pentingnya dengan soft skill, keduanya menunjang kariermu di dunia kerja.

Mengapa Hard Skill Penting?

apa itu hard skill
Apa yang dimaksud dengan hard skill? (Foto luis gomes via Pexels)

Tentu saja hard skill menjadi penting untuk pengembangan diri dan karier yang kamu punya. Biasanya nih, beberapa job requirement mencantumkan beberapa syarat seperti memiliki keahlian seperti harus menguasai ms. office, tools design, dan lain sebagainya. Gak cuma nilai akademik yang menjadi pertimbangan. Kalau kamu seorang fresh graduate, kamu juga perlu mencantumkan hard skill yang kamu punya di dalam CV.

Baca juga: Belum Punya Pengalaman Kerja? Tips Membuat CV untuk Fresh Graduate!

Contoh Hard Skill Dunia Kerja

Contoh hard skill dunia kerja
Contoh hard skill dunia kerja yang perlu kamu tahu. (Foto Tranmautritam via Pexels)

Berikut ini MinCheck akan berbagi bermacam hard skill yang dibutuhkan di dunia kerja. Yuk simak hard skill apa yang dibutuhkan dan baca artikel dari MinCheck sampai selesai, ya!

Suka Ngoding? Yuk Belajar Bahasa Pemrograman!

Salah satu hard skill yang dapat kamu kembangkan adalah bahasa pemrograman. Kalau kamu tertarik belajar ngoding, coba deh untuk selalu upgrade minat dan kemampuanmu tersebut. Pasalnya, saat ini banyak banget pekerjaan yang membutuhkan kemampuan bahasa pemrograman. Berikut ini adalah list bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari, antara lain.

  • Java
  • Visual Basic
  • Python
  • PHP
  • Ruby on Rails
  • Rust
  • Go
  • Kotlin
  • TypeScript
  • C#
  • Swift
  • C

UI/UX Design, Hard Skill Dunia Kerja yang Patut Dicoba

Mungkin kamu familier dengan profesi yang satu ini. Pasalnya, profesi seperti UI dan UX Design happening dan dibutuhkan di berbagai perusahaan. Namun ternyata UI dan UX itu berbeda lho! UI adalah kependekan dari User Interface, dimana tugasnya adalah membuat tampilan website atau aplikasi menjadi eye catching. Nah, di sinilah peran seorang UX design. UX design merupakan User Experience berfokus pada penggunaan website atau aplikasi agar mudah digunakan oleh user atau user friendly.

Kalau kamu tertarik dengan skill yang satu, berikut ini MinCheck berbagi tips untuk memulai karier sebagai UI/UX Designer, antara lain.

  • Mempelajari konsep dasar dari UI/UX design seperti warna, tipografi, kontras, dan sistem grid.
  • Belajar design thinking.
  • Menguasai tools UI/UX design.
  • Praktikkan dalam proyek pribadi.

Menurut Glints, kamu pun bisa mencari mentor yang berpengalaman di bidang ini. Selain itu, kamu juga bisa gabung ke komunitas atau forum diskusi UI/UX Design.

Kamu Orang yang Teliti? Bisa Coba Analisis Data!

Contoh hard skill dunia kerja yang lain adalah analisis data. Kalau kamu tertarik dalam mengumpulkan data, kamu bisa mencoba dan belajar mengenai analisis data. Dilansir dari Qiscus, analisis data adalah proses pemeriksaan dan pengolahan data menjadi informasi. Sebagai contoh, kamu menganalisis data konsumen secara real time untuk membantu pemilik bisnis dalam membuat keputusan.

Hard Skill Dunia Kerja yang Banyak Dicari yaitu Marketing Skill

Sebuah perusahaan gak bisa dikenal publik tanpa adanya bantuan dari marketing. Oleh karena itu, marketing skill merupakan skill yang cukup krusial yang dibutuhkan pebisnis. Marketing skill seperti kemampuan menganalisis pasar, riset, dan pemasaran sosial media menjadi faktor pendukung untuk keberhasilan sebuah perusahaan. Hard skill yang satu ini banyak ditemukan di berbagai platform lowongan kerja, lho!

Baca juga: 5 Mindset Digital Marketer Yang Wajib Kamu Ketahui

Search Engine Optimization (SEO)

Di balik artikel SEO friendly, ada peran seorang Search Engine Optimization di sana. Yup, salah satu tugas seorang SEO Specialist adalah mengoptimasi website agar mendapat ranking teratas di mesin pencarian seperti Google. Hard skill yang satu ini juga gak kalah penting untuk dikuasai. Bayangin deh, setiap harinya akan selalu ada artikel baru di mesin pencarian. Lalu, gimana caranya artikel dari website dapat bertahan di posisi pertama? Di situlah peran SEO Specialist dibutuhkan.

Dilansir dari Niagahoster, SEO juga membantu menjaring audiens yang tepat. Menerapkan SEO di dalam website membantu peluang traffic dan konversi meningkat dan membangun brand awareness bisnismu.

Baca juga: Fase Pengembangan Bisnis ala Rawtype Riot

Photo Editing

Photo editing juga termasuk ke dalam hard skill yang dibutuhkan di dunia kerja. Kalau kamu jago memotret dan mengedit foto jadi aesthetic, kamu bisa kembangkan skill tersebut. Biasanya nih, skill yang satu ini dibutuhkan di industri kreatif. Meskipun saat ini kamu bisa dengan mudah edit foto pakai tools gratis, namun hasilnya akan berbeda lho dengan skill profesional dari seorang photo editor.

Setelah kamu mengetahui hard skill dan contohnya, MinCheck berharap kamu akan terus mengembangkan diri dan tahu potensi yang kamu punya. Nah, kalau kamu ingin membuat list hard skills di atas, kamu bisa pakai aplikasi to-do list DoCheck. Melalui aplikasi DoCheck, kamu bisa membuat goals dan to-do list harian agar goals-mu tercapai. Yuk download aplikasinya sekarang di Play Store dan App Store secara gratis!


Scroll to Top