Playing mobile game

Game Bisa Buat Kita Produktif? Ini Dia Game-nya!


Bagi orang yang suka bermain game, mungkin akan setuju kalau kegiatan tersebut menyenangkan. Bahkan tidak hanya menyenangkan loh, tapi juga bermanfaat. Salah satunya, menurut sebuah penelitian, main game terbukti bisa mengrangi stres dan meningkatkan kesehatan mental.

Sayangnya, kenyataan bahwa bermain game itu menghabiskan waktu, membuat kamu berpikir dua kali sebelum melakukannya. Apalagi ketika kamu ingin memanfaatkan waktu yang dimiliki untuk sesuatu yang lebih produktif. Misalnya dengan belajar, mengerjakan tugas kuliah atau sekolah, dan lainnya.

Namun, kegiatan-kegiatan tersebut kadang sangat melelahkan dan tidak menyenangkan untuk dilakukan. Apakah tidak bisa menggabungkan keduanya? Mendapatkan kesenangan yang berasal dari bermain game sekaligus produktif seperti mengerjakan hal-hal tersebut?

Tenang! Ternyata, ada beberapa game yang bisa bikin kamu produktif, loh! Penasaran kan sama game-nya? Yuk, simak!

Baca Juga: Ragam Manfaat Bermain Video Game Online

Habitica

Game ini bisa merubah hidup kamu menjadi seperti permainan untuk membuatmu tetap termotivasi dan terorganisir. Kamu bisa memasukkan kebiasaan, daily goals, dan to-do list di sini. Kamu juga bisa membuat custom avatar di sini.

Menyelesaikan tugas, akan memberikanmu reward berupa item dalam game yang bisa memperkuat avatarmu. Habitica, memperlakukan tugas atau kebiasaan burukmu seperti ‘monster’ yang harus dilawan. Kamu juga bisa melawan ‘monster’ ini bersama teman.

Gambar dari dokumentasi pribadi

SuperBetter

Mengutip laman resminya, SuperBetter adalah game yang dibuat khusus untuk membangung resilience atau ketahanan – sebuah kemampuan untuk tetap kuat, termotivasi, dan optimis bahkan dalam memnghadapi perubahan dan tantangan yang sulit. Ide utama dari game ini adalah untuk membawa kekuatan psikologis dan pola pikir bermain game dalam menghadapi tantangan di kehidupan nyata. Hal ini dinilai mampu untuk membantu kita dalam mengembangkan kebiasaan baik, mempelajari keterampilan baru, dan membuat diri kita lebih baik lagi.

https://cdn.lifehack.org/wp-content/uploads/2015/05/SuperBetter.png
Gambar dari lifehack

Sebuah temuan dari studi terkontrol acak yang mengevaluasi aplikasi ini menyatakan bahwa bermain SuperBetter dalam 30 hari dapat meningkatkan mood serta kepercayaan pada kemampuan diri dalam berhasil mencapai sebuah tujuan. Pada penelitian lain yang dipublikasikan dalam Games for Health Journal, menemukan bahwa, SuperBetter adalah sebuah alat banttu mandiri (self-help tool) berbasis smartphone yang dapat mengurangi gejala depresi. Pembuatnya, Jane McGonigal pernah menjelaskan mengapa SuperBetter mampu meningkatkan ketahanan resilience atau ketahanan kita di TED.

Baca Juga: Ingin Jadi Gaming Content Creator? Cek Tips dan Trik Ini!

Bounty Tasker: To-do List RPG

Bounty Tasker adalah game lain yang memiliki kemiripan dengan Habitica. Dalam game ini kamu bisa mempersonalisasikan taskboard dengan tugasmu di dunia nyata. Kamu bisa membuat checklist yang jika sudah terpenuhi akan memberikanmu reward berupa equipment dalam game yang akan memperkuat karaktermu.

Kesederhanaan dan grafis gaya 8-bit yang ditawarkan game ini akan membuat pengalaman kamu dalam mengatur tugas menjadi lebih efisien dan menyenangkan!

Gambar dari dokumentasi pribadi

Zombies, Run!

Berolahraga tentu adalah sesuatu yang produktif. Beberapa hal yang mungkin kita jadikan alasan untuk berolahraga adalah kesehatan dan menurunkan berat badan. Hasil dari olahraga memang menjanjikan, tapi sering kali kita malas dalam melakukannya karena prosesnya membosankan.

Nah, “Zombies, Run!” bisa membantu kamu. Alih-alih hanya berjalan, jogging, atau berlari, game ini akan menempatkanmu di sebuah misi penting di dunia yang sudah dipenuhi zombie. Kamu hanya perlu menggunakan earphone selama jalan, jogging, atau lari.

Dengarkan misi dan musikmu melalui earphone tersebut, jika kamu dikejar zombie, maka kamu harus mempercepatnya. Secara otomatis, kamu akan diberi reward persediaan untuk membangun camp pengungsian.

Zombies, Run!
Gambar dari actitime

Baca Juga: E-sport: Langkah Awal Berkarir Menjadi Pro Player Handal

Forest

Forest adalah game yang bisa membantu kamu fokus kepada hal-hal penting di hidup. Kamu bisa menanam pohon digital di game ini. Ingin fokus? Bisa memulainya dengan menanam pohon di game ini. Pohonmu akan tumbuh, jika kamu tetap fokus pada apa yang sedang kamu kerjakan. Meninggalkan game, akan membuat pohonmu mati.

Gak hanya kamu bisa fokus dengan Forest, tapi game ini juga bekerja sama dengan organisasi penanaman pohon asli, loh! Jadi, setiap kamu menghabiskan koin yang kamu dapatkan digame-nya untuk menanam pohon di dunia nyata, tim Forest akan mendonasikannya untuk membuat pesanan penanaman. Kamu bisa tetap fokus sembari menjaga lingkungan deh kalau gini!

Forest app
Gambar dari actitime

Itulah beberapa game yang bisa membuat kamu lebih produktif. Dengan bantuan dari gamegame tersebut, kegiatan produktifmu akan semakin menyenangkan. Cocok banget deh buat yang suka bermain game!

Oiya, kalau kamu suka bermain, game dan tertarik dengan dunia gaming content creator, mending ikutan #BeAPOPStarWebinar: “A Guide to Becoming Gaming Content Creator”, deh. Nanti bakal ada MomoChan sebagai narasumbernya! Nah, webinar ini akan diadakan lewat Zoom pada Kamis, 27 Januari 2022 pukul 19.00 – 20.30. Jangan lupa daftar di sini, ya! Gratis!

Baca Juga: Gaming Content Creator: Momo Chan, dari Caster Hingga Brand Ambassador

Tau gak apalagi yang bisa bikin produktif, menyenangkan dan tentunya gratis? Benar banget, aplikasi DoCheck! Dengan aplikasi DoCheck, kami bisa membuat goals sekaligus membuat to-do list yang dibutuhkan untuk mencapainya. Kamu juga akan diberikan rekomendasi-rekomendasi yang akan memudahkanmu mewujudkan goals tersebut. Tunggu apa lagi? Yuk, segera download DoCheck di Google Play Store sekarang!


Scroll to Top