Gaming content creator playing game

Ingin Jadi Gaming Content Creator Gaming? Cek Tips dan Triknya!


Menurut kamu, kira-kira industri hiburan yang paling besar berasal dari sektor apa? Ternyata, bukan musik atau film, loh. Tetapi sektor video game atau gaming content creator.

Menurut data yang dipublikasikan oleh Statista pada 2019, gaming menjadi industri hiburan yang paling menguntungkan. Dengan total pendapatan global $145,7 milliar, sektor tersebut berhasil mengalahkan sektor film dan musik yang masing-masing memiliki pendapatan global sebesar $42,5 miliar dan $20,2 miliar. Pendapatan global tersebut berasal dari platform mobile, console, dan PC (Personal Computer) masing-masing sebesar 45%, 32%, dan 23%.

Pada 2020, Microsoft mengakuisisi ZeniMax Media, sebuah game publisher dengan beberapa game studio terkenal di dalamnya seperti Bethesda, senilai $7,5 miliar. Namun, angka tersebut tidak ada apa-apanya dibanding dengan pada saat Microsoft mengakuisisi Activision Blizzard pada 18 Januari kemarin, yaitu senilai $68,7 miliar.

E-sport belakangan juga semakin populer. Hadiah turnamen e-sport ternama seperti The International (turnamen dunia DOTA 2) misalnya, dari tahun ke tahun selalu mengalami kenaikan. The International 10, yang digelar 2021 kemarin, total hadiahnya mencapai $40 juta.

Baca Juga: Game Bisa Buat Kita Produktif? Ini Dia Game-nya!

Hal-hal tersebut membuat industri gaming dijamin akan semakin membesar. Statista memperkirakan pada tahun 2025, industri total pendapatan global industri ini akan mencapai angka $268,8 miliar. Tak heran jika banyak orang yang akhirnya memutuskan untuk berprofesi di industri ini.

Cara Menjadi Content Creator Gaming

Salah satu profesi yang cukup populer di industri ini adalah gaming content creator. Nama-nama terkenal seperti Reza Arap, Jess No Limit, dan Windah Basudara menjadi salah satu di antara yang paling populer. Kalau kamu tertarik untuk menjadi gaming content creator, nih kita punya tips dan triknya!

1. Tentukan Tujuan

Ari KULGAR, seorang gaming content creator, pada acara Bincang Shopee “Terjun ke Dunia Gaming: Streamer atau Pro Player?”, mengatakan bahwa gaming content creator pemula perlu untuk menentukan tujuan. Apakah kita ingin menjadi content creator tersegmen atau tidak. Tersegmen berarti kita fokus memainkan game tertentu, sedangkan jika tidak, berarti kita bisa bermain game apapaun secara lebih umum.

Keduanya memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing. Jika kita tersegmen dan memutuskan untuk memainkan game yang saat itu sedang populer –misalkan seperti Mobile Legend— maka kita akan lebih mudah untuk mendapatkan massa. Namun, kekurangannya tentu saja jika kepopuleran game tersebut menurun, maka otomatis penonton kita juga akan menurun. Sebaliknya, jika tidak tersegmen, kita memiliki opsi kebebasan dalam memainkan game namun susah untuk mendapatkan audiens.

Baca Juga: Gaming Content Creator: Momo Chan, dari Caster Hingga Brand Ambassador

2. Tentukan Tipe Content Creator yang Diinginkan

Masih dalam kesempatan yang sama, Ari juga mengatakan bahwa content creator gaming memiliki beberapa tipe. Kamu harus memilih ingin menjadi sosok yang seperti apa. Tipe-tipe tersebut adalah creator gaming sebagai sosok pro player, sultan, ter-update, dan casual.

  1. Pro player: memiliki kapabilitas bagus dalam bermain game-nya. Jumlah penonton akan semakin banyak jika permainannya semakin bagus.
  2. Sultan: mengandalkan uang dalam mengemas kontennya. Misal, dengan memborong item-item tertentu di game-nya hingga menghabiskan budget yang tidak main-main.
  3. Ter-update: memberikan informasi-informasi terbaru mengenai game-nya secara cepat. Semakin cepat dalam memberikan informasi, maka penonton juga akan semakin banyak karena tidak bersaing dengan content creator lain.
  4. Casual: hanya memainkan game seperti biasa. Tipe ini harus mengandalkan sisi entertaining dalam membuat kontennya. Semakin menghibur, tentu akan semakin banyak penonton yang tertarik untuk melihat.

3. Memulai Gaming Content Creator

Siapa sih yang gak kenal Jess No Limit? Semua yang pernah main Mobile Legend pasti tahu sosoknya. Dalam sebuah video yang pernah diunggahnya, Jess No Limit pernah memberikan tips dan trik menjadi content creator gaming.

Menurutnya, mau memulai adalah hal terpenting dalam menjadi content creator. Kebanyakan dari kita memikirkan mengenai peralatan yang mahal. Padahal, bisa menggunakan apa saja yang kita miliki.

Sangat wajar jika kualitas konten kita jelek di awal. Karena memang semuanya juga mengalami hal itu termasuk dirinya, tambah orang yang memiliki nama asli Tobias Justin tersebut.

Baca Juga: Content Creator dan Langkah Membuat Konten untuk Pemula

Nah, itu dia beberapa tips dan trik yang pernah diberikan oleh para pelaku di industrinya. Ternyata, kita perlu menentukan segmentasi dan branding untuk menjadi gaming content creator yang mempunyai ciri khas. Namun, yang paling susah justru untuk memulainya.

Buat kamu yang masih penasaran tentang dunia gaming content creator, kamu bisa banget ikutan #BeAPOPStarWebinar: “A Guide to Becoming Gaming Content Creator” bersama MomoChan. Webinar ini akan diadakan lewat Zoom pada Kamis, 27 Januari 2022 pukul 19.00 – 20.30 WIB. Segera daftar di sini. GRATIS!

Baca Juga: A Guide to Becoming Gaming Content Creator

Bagi yang tertarik menjadi content creator, kamu bisa jadikan tips dan trik ini menjadi to-do list agar lebih mudah untuk memantau progres yang telah kamu lakukan untuk mewujudkan goals ini. Jangan lupa bikin to-do list-nya pakai aplikasi DoCheck, ya! Kamu nanti akan diberikan rekomendasi-rekomendasi yang akan memudahkanmu mewujudkan goals ini. Yuk, segera download aplikasi DoCheck di Google Play Store sekarang! Gratis!

Baca Juga: E-sport: Langkah Awal Berkarir Menjadi Pro Player Handal


Scroll to Top