Hobi terbaik untuk melepas stres

5 Hobi Terbaik Untuk Melepas Stres, Wajib Dicoba!


Dengan banyaknya kegiatan yang dilakukan setiap hari, lambat laun kamu pasti merasa stres dan capek. Ketika kamu mengalami stres, apa yang biasanya kamu lakukan? Kalau kamu memilih untuk tidur, boleh-boleh saja. Namun, ada aktivitas lain yang lebih produktif dan bermanfaat untukmu, loh! Ya, namanya adalah melakukan hobi. Dilansir dari hello sehat, hobi terbukti secara ilmiah dapat melepas stres. Wah, bagaimana hasil penelitiannya?

Berdasarkan sebuah penelitian dalam jurnal Annals of Behavioral Medicine pada tahun 2015, 100 partisipan dewasa dipakaikan alat monitor jantung dan mengisi survei secara berkala selama tiga hari. Survei tersebut untuk mengetahui efek kegiatan sehari-hari terhadap perasaan mereka. Setelah masa percobaan selesai, para peneliti menemukan bahwa 34% orang yang melakukan aktivitas favoritnya tidak merasakan stres. Jadi, kamu bisa tarik kesimpulan bahwa hobi efektif mengurangi stres. Oleh karena itu, MinCheck ingin berbagi lima hobi terbaik melepas stres. Yuk, simak rekomendasinya di bawah ini!

1. Hobi Berkebun Bantu Melepas Stres

Memiliki hobi berkebun baik untuk melepas stres
Memiliki hobi berkebun baik untuk melepas stres (Foto oleh Karolina Grabowska/ Pexels)

Apakah di rumahmu ada lahan untuk berkebun? Tidak mengapa jika lahannya hanya sepetak. Karena hobi berkebun dapat membantu melepas stres. Dikutip dari Very Well Mind, sebuah penelitian menunjukan bahwa partisipan yang menghabiskan waktu 30 menit dengan berkebun setelah melalui hal yang berat, mereka mengalami kenaikan mood dan hormon stres pada diri mereka berkurang. Luar biasa sekali, ya!

Selain itu, sinar matahari yang kamu dapatkan ketika bercocok tanam pun sangat baik untuk kesehatan. Kamu akan mendapat asupan vitamin D yang berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Jadi, sambil menghilangkan stres dengan berkebun kamu juga mencegah kerapuhan atau osteoporosis pada tulang.

2. Yuk, Buat Karya Seni!

Gunakan imajinasi dan emosimu ke dalam karya seni
Gunakan imajinasi dan emosimu ke dalam karya seni (Foto oleh Olia Danilevich/ Pexels)

Melukis, mewarnai, atau merajut adalah hobi yang menyenangkan. Kamu bisa melepaskan ide kreatifmu dengan menghasilkan suatu barang yang cantik. Dikutip dari Real Simple, karena kamu sangat fokus ketika sedang membuat karya, kamu akan terlupa dengan masalahmu. Jadi, apabila kamu dilanda rasa cemas atau depresi, cobalah untuk menggambar atau mewarnai. Kamu bisa membeli buku mewarnai untuk dewasa atau mengunduh aplikasi gambar di hpmu.

3. Buat Jurnal Ternyata Ampuh Melepas Stres

Hobi membuat jurnal bermanfaat untuk melepas stres
Hobi membuat jurnal bermanfaat untuk melepas stres (Foto oleh Pixabay/ Pexels)

Menurut Bustle, banyak penelitian yang menunjukan hobi membuat jurnal ampuh untuk mengurangi stres dan gejala depresi. Bagaimana bisa? Jadi, ketika kamu menulis di jurnal atau buku harianmu, kamu dapat meluapkan emosi yang terpendam ke dalam tulisanmu. Sebab, menulis di jurnal pribadi tidak ada peraturannya. Aktivitas ini jauh lebih baik daripada mengungkapkan perasaan dengan cara yang merusak diri. Oleh karena itu, yuk mulai buat jurnal untuk melepas stres!

Baca juga: Journaling: Pengertian dan Manfaatnya

4. Segarkan Tubuh dan Pikiran dengan Olahraga

Olahraga yoga dapat menyegarkan tubuh dan pikiranmu
Olahraga yoga dapat menyegarkan tubuh dan pikiranmu (Foto oleh Alexy Almond/ Pexels)

Saat dilanda stres, badanmu akan merasa lemas, bukan? Walaupun sebenarnya tidak ada penyakit apa-apa. Lantas, apa solusinya? Dilansir dari Paradigm Treatment, kamu bisa berolahraga untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. Contohnya adalah lari pagi, yoga, atau hiking. Setelah melakukan aktivitas ini, hormon endorfin akan muncul ke dalam tubuhmu. Zat kimia ini berperan penting untuk menghilangkan rasa sakit dan memberikan perasaan senang setelah melakukan kegiatan.

Kemudian, yoga juga bisa dilakukan baik itu di rumah atau bersama kawan di tempat khusus yoga. Aktivitas ini mampu memberikanmu ketenangan dan bagus untuk kesehatan jantung. Apabila kamu tertarik untuk mencobanya, kamu bisa melakukan riset tentang tempat pelatihan yoga atau menonton video di YouTube.

5. Hobi Bermain Musik Bagus Untuk Melepas Stres

Yuk, lanjutkan hobi bermain musik untuk melepas stres!
Yuk, lanjutkan hobi bermain musik untuk melepas stres! (Foto oleh Clem Onojeghuo/ Pexels)

Dikutip dari Kentucky Counseling Center, hobi mendengarkan musik atau bermain alat musik bagus untuk melepas stres. Kamu tidak perlu menjadi pemain profesional untuk melakukannya. Cukup dengarkan saja lantunan lagu favoritmu ketika kamu merasa tidak nyaman. Selain itu, manfaat memainkan alat instrumen musik adalah meningkatkan daya kreativitas. Jadi, kamu bisa memanfaatkan emosimu dengan membuat lagu yang bagus seperti Taylor Swift atau penyanyi terkenal lainnya.

Itu dia lima hobi terbaik untuk melepas stres. Sekarang kamu tahu aktivitas apa yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan beban pikiranmu. Kamu juga bisa ajak keluarga atau temanmu melakukan hobi bersama. Jadi, kamu akan lebih bersemangat!

Untuk mewujudkannya, kamu butuh membuat agenda yang tersusun rapi. Jadi, antara hobi dan kegiatan lainnya tidak akan berbenturan. Lantas, bagaimana caranya? Kamu bisa menggunakan aplikasi DoCheck! Dengan aplikasi ini, kamu dapat mengatur jadwal sehari-hari dengan lancar, cepat, dan tentunya anti ribet. Mantap banget, bukan? Selain itu, kamu juga bisa mendapat rekomendasi aktivitas untuk menambah produktivitasmu. Jadi, tidak ada lagi kata mager dalam hidupmu. Yuk, download sekarang DoCheck di Play Store dan App Store!

Baca juga: Isi Waktu Luangmu dengan 5 Hobi yang Bikin Produktif ini!


Scroll to Top