hobi untuk meningkatkan IQ

Hobi untuk Meningkatkan IQ, Kamu Tertarik Coba?


MinCheck jadi ingat sewaktu di sekolah dasar pernah mengerjakan yang namanya tes IQ. Saat itu, setiap siswa diberi tahu skor IQ yang berbeda-beda. Hmm.. sebetulnya apa sih IQ itu? Dilansir dari Halodoc, IQ atau Inteligent Quotiens adalah kemampuan seseorang untuk menalar, memecahkan masalah, belajar, berpikir, dan memecahkan sesuatu berdasarkan logika. IQ memang kecerdasan yang dibawa sejak lahir, namun bukan berarti gak bisa ditingkatkan. Salah satu cara untuk meningkatkan IQ adalah dengan melakukan beberapa aktivitas atau hobi yang kamu suka. Hmmm.. menarik. KIra-kira apa saja sih hobi yang bisa meningkatkan IQ seseorang? Yuk simak ulasan MinCheck berikut ini dan jangan sampai kamu skip artikelnya yaaaa~

Ragam Hobi untuk Meningkatkan IQ

Ternyata ada hobi untuk meningkatkan IQ, apa saja?
Ternyata ada hobi untuk meningkatkan IQ, apa saja? (Foto Andrea Piacquadio via Pexels)

1. Belajar Bahasa Asing

Belajar bahasa asing salah satu hobi yang meningkatkan IQ.
Belajar bahasa asing salah satu hobi yang meningkatkan IQ. (foto Thirdman via Pexels)

Annyeong! Akhir-akhir ini MinCheck sedang senang untuk belajar bahasa Korea melalui tontonan drama korea atau drakor dan musik k-pop. Pasalnya dilansir dari Alodokter, belajar bahasa asing membuat kemampuan kognitif atau kinerja otak menjadi terasah. Melalui belajar bahasa baru, kamu akan mendapat pengetahuan mengenai kosakata baru. Wihhh, menarik ya?

Selain bisa membuat otak jadi lebih ‘encer’, kemampuan bahasa asing memang dibutuhkan pada zaman sekarang. Coba deh kamu perhatikan berbagai lowongan kerja, terdapat syarat seperti fluent in English atau menguasai bahasa Mandarin untuk bisa lolos ke tahap berikutnya. Ternyata memiliki kemampuan berbahasa asing juga penting ya buat kariermu?

Kamu bisa masukkan hobi yang satu ini ke dalam list career preparation. Menurut MinCheck, nggak ada salahnya juga untuk menguasai berbagai skill termasuk keterampilan bahasa karena bisa mempermudah skill komunikasimu juga lho. Kalau menurut kamu, gimana?

Baca juga: Cara Sederhana Meningkatkan Skill Komunikasi

2. Bermain Catur, Salah Satu Hobi untuk Meningkatkan IQ

Bermain catur bisa meningkatkan fungsi dan kesehatan otak.
Bermain catur bisa meningkatkan fungsi dan kesehatan otak. (Foto Pixabay via Pexels)

Hobi yang satu ini bisa membantu meningkatkan IQ juga lho! Dilansir dari Alodokter, bermain catur dapat meningkatkan fungsi dan kesehatan otak. Anak-anak yang bermain catur rata-rata memiliki IQ yang lebih baik daripada mereka yang tidak. Selain itu, apa saja sih manfaat bermain catur? Simak berikut ini.

  • Bermain catur dapat meningkatkan konsentrasi
  • Meningkatkan kreativitas
  • Mencegah pikun dengan bermain catur
  • Melatih ketajaman memori

Nah, selain bisa dijadikan sebagai hobi untuk mengisi waktu luang, kamu bisa memanfaatkan bermain catur untuk self improvement. Kalau sedang gabut, yuk main catur!

Baca juga: Buku Self-improvement: Bacaan Untuk Motivasi Diri

3. Bermain Teka Teki Silang atau TTS

Ingin meningkatkan IQ? Coba main TTS yuk!
Ingin meningkatkan IQ? Coba main TTS yuk! (Foto cottonbro via Pexels)

Bermain Teka Teki Silang atau TTS merupakan salah satu permainan yang memang membutuhkan konsentrasi dan pengetahuan. Biasanya, kamu akan diminta untuk mengisi kotak-kotak putih kosong sesuai dengan clue yang tersedia. Melalui bermain teka teki silang, kamu dapat melatih otakmu untuk berpikir. Tahukah kamu kalau bermain TTS ternyata sangat baik bagi perkembangan diri dalam meningkatkan kemampuan kognitif seseorang.

Selain itu, dilansir dari Klik Dokter, mengisi TTS dapat mempertajam ingatan. Pasalnya, pertanyaan atau clue yang muncul menuntutmu untuk mengingat kembali nama tempat, istilah tertentu, nama kota, dan lain-lain. Dengan begitu, kemampuan bahasamu semakin terasah.

Permainan TTS memang sudah populer sejak dahulu, biasanya dibuat dalam sebuah buku. Namun sekarang, sudah tersedia berbagai aplikasi permainan TTS yang dapat didownload di smartphonemu. Tentunya, menjadi lebih simpel.

4. Ingin IQ Meningkat? Coba deh Meditasi!

Meditasi bisa menjernihkan pikiran, bahkan meningkatkan IQ seseorang lho!
Meditasi bisa menjernihkan pikiran, bahkan meningkatkan IQ seseorang lho! (Foto Andrea Piacquadio via Pexels)

Meditasi merupakan salah satu aktivitas dengan segudang manfaat. Meditasi dapat meredakan stres dan mampu membuat proses kognitif mendalam menjadi semakin efisien. Selain itu, dilansir dari SehatQ, dengan melakukan meditasi dapat meningkatkan suasana hati. Cobalah untuk luangkan waktu setidaknya 20 menit setiap harinya untuk melakukan meditasi.

Berikut ini step by step meditasi untuk pemula menurut Halodoc:

  • Pertama, kamu perlu membuat pikiranmu tenang dengan cara mengosongkan pikiran saat duduk.
  • Sebagai pemula, buatlah waktu meditasi. Cukup waktu yang singkat sekitar tiga sampai lima menit.
  • Fokus pada napas dengan cara menarik napas dalam-dalam hingga perut mengembang, kemudian hembuskan secara perlahan.
  • Jaga pikiran agar tetap fokus dan hilangkan pikiran-pikiran negatif.
  • Terakhir, akhiri meditasi dengan perlahan.

Baca juga: Anxiety dan Cara Mengatasinya melalui Meditasi

Nah, itulah beberapa hobi yang dapat meningkat IQ, kamu bisa membuat list hobi di atas di aplikasi social to-do list DoCheck. Ada juga fitur reminder agar kamu gak kelupaan tasks yang sudah kamu buat. Selain itu, banyak banget goals dari KOL terkenal dan super insightful, cocok banget untuk generasi muda yang ingin mengembangkan diri.

For your information, KOL adalah Key Opinion Leader yang membagikan tips dan trik mereka di goals aplikasi DoCheck. Kamu bisa intip goals dari mereka untuk mencapai mimpimu! Tunggu apalagi, yuk download aplikasi DoCheck di Play Store dan App Store secara gratis!


Scroll to Top