Content Creator dan Langkah Membuat Konten untuk Pemula

7 Tips Ampuh Cara Jadi Content Creator untuk Pemula


Content creator adalah pekerjaan yang sedang ramai diminati oleh banyak orang. Konon, ini menjadi kesempatan bagi mereka yang senang membuat konten untuk mewujudkan sebuah hobi yang dibayar. Media yang beragam dan proses pembuatan konten yang semakin familiar membuat orang semakin tertarik untuk menjadi konten kreator. Sebelum mengetahui cara jadi content creator, yuk simak dulu pengertiannya.

Apa itu Content Creator?

Lalu, apa itu content creator? Dalam HubSpot disebutkan bahwa content creator adalah pembuat materi (konten) yang memiliki nilai edukasi dan hiburan. Materi yang dibuat sebisa mungkin memenuhi kebutuhan dan sesuai dengan ketertarikan konsumen. Konten bisa disajikan melalui berbagai macam platform. Misalnya masyarakat Indonesia pasti familiar dengan Youtube, Instagram, Tiktok, Twitter, dan masih banyak lagi.

Lalu, kenapa sih banyak yang berbondong-bondong membuat konten? Pada Januari 2021 lalu, sebuah agensi marketing, We Are Social dan platform manajemen media sosial Hootsuite membuat laporan bahwa 170 juta penduduk Indonesia aktif menggunakan media sosial. Kemudian, setiap orang menghabiskan waktu rata-rata dua jam untuk berselancar disana. Bayangkan saja, total penduduk Indonesia adalah 274,9 yang artinya separuh dari total penduduk terbukti banyak menghabiskan waktu di media sosial.

Kini sudah paham kan kenapa membuat konten menjadi begitu menarik. Banyak aktivitas yang dilakukan disana sehingga karyamu juga lebih mungkin bisa dinikmati banyak orang.  Oh iya, konten kreator juga sangat dibutuhkan loh di perusahaan. Fungsinya adalah untuk membantu promosi dan membangun branding perusahaan.

Baca Juga: Gaming Content Creator: Momo Chan, dari Caster Hingga Brand Ambassador

Cara Jadi Content Creator untuk Pemula

Bagaimana cara jadi content creator untuk pemula? Memulai sesuatu bukan sebuah langkah yang mudah. Pada prosesnya, kamu harus bersabar dan memastikan satu per satu tahapan dilakukan dengan tekun. Melakukan riset seperti yang sedang kamu lakukan ini juga merupakan sebuah pilihan yang tepat. Banyak hal yang perlu kamu perhatikan untuk membuat karyamu berhasil dilihat dan disukai oleh banyak orang.

Konten kreator banyak berhubungan dengan sesuatu yang dinamakan engagement. Pakar komunikasi, Wilbur Schramm mengartikannya sebagai komunikasi dua arah. Artinya, konten yang berhasil dapat dilihat dari perhatian yang diberikan audiens dalam bentuk respon. Bagaimana cara jadi content creator? Yuk catat beberapa tips berikut ini!

Tips Cara Jadi Content Creator

Tertarik untuk memulai menjadi content creator? Ini 7 tipsnya!

1. Menjadi Content Creator yang Melibatkan Passion

Cara menjadi content creator yang pertama adalah mengenali diri, termasuk passion yang kamu miliki. Membuat konten tidak melulu soal mengikuti tren yang sedang viral. Ketika kamu mampu menyesuaikan konten dengan passion milikmu, hasilnya akan lebih maksimal karena kamu bisa menikmati prosesnya. Pastikan juga untuk selalu tampil menjadi diri sendiri ya!

Baca Juga: Passion dalam Bekerja, Bagaimana Cara Menemukannya?

2. Menentukan Platform Utama yang Digunakan

Berikutnya, tentukan media yang akan kamu gunakan untuk mengunggah karya/konten kamu. Apakah kamu akan membuatnya dalam bentuk video, gambar, atau tulisan? Platform yang dipilih harus sesuai dengan jenis konten dan audiens yang dituju. Platform utama ini ditentukan agar pembuatan konten bisa lebih fokus. Misalnya memilih Youtube untuk jenis video, Spotify untuk kamu yang ingin membuat podcast, atau Medium bagi kamu yang senang menulis.

3. Content Creator Harus Up to Date

Baik itu cara menjadi content creator Instagram atau media lainnya, menjadi up to date bagi kreator adalah langkah yang penting. Tahap ini berhubungan dengan ketertarikan dan intensitas pencarian sebuah tren yang dilakukan oleh netizen. Konten yang ketinggalan tren berisiko diabaikan karena orang lain sudah bosan duluan.

4. Wajib Melakukan Riset

riset konten media sosial
unsplash/@uxindo

Sebagai konten kreator, kamu harus memastikan kebenaran informasi yang disampaikan. Jangan sampai kamu terburu-buru mengunggah konten yang ternyata isinya adalah hoaks. Riset dalam menciptakan konten juga digunakan untuk mencari tahu topik yang tengah diminati banyak orang. Kamu bisa menggunakan Google Trends, Google Analytics, dan tools lainnya untuk mengetahui tren terbaru di internet.

5. Belajar dari Content Creator Lain

Jangan pernah lelah untuk terus menggali inspirasi dan mempelajarinya. Dengan mengamati konten yang diciptakan oleh content creator lain, kamu mungkin bisa mendapatkan ide baru. Misalnya dari segi aplikasi yang digunakan untuk membuat konten atau strategi menaikkan engagement atas konten yang sudah kamu buat.

Baca Juga: Ingin Jadi Gaming Content Creator? Cek Tips dan Trik Ini!

6. Memilih Waktu Unggah Konten yang Tepat

Sebagai seorang content creator, ini juga salah satu aspek yang harus diperhatikan. Kamu wajib mengetahui waktu aktif pengguna media sosial pada berbagai macam platform. Hal itu akan membuat konten lebih banyak mendapat impresi karena kamu mengunggahnya ketika banyak orang mengaksesnya juga. Misalnya berdasarkan riset Sprout Social tahun 2021 bahwa waktu terbaik untuk mengunggah konten di Instagram adalah pada pukul 11 sampai 2 siang . Kamu bisa mencari tahu juga waktu posting terbaik untuk platform lain.

7. Content Creator Harus Selalu Konsisten

Cara menjadi content creator Youtube, Facebook, Tiktok dan lain-lain tidak akan berhasil tanpa konsistensi. Selain baik untuk perkembangan diri dan konten yang kamu buat, ini juga berkaitan dengan naik turunnya engagement. Untuk itu, kamu perlu menyusun jadwal unggah konten beserta topik yang akan dikerjakan. Jika perlu, gunakan Creator Studio atau sejenisnya untuk membuat unggahanmu menjadi lebih terjadwal.

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Produktifnya Social Media Specialist

Demikian cara jadi content creator pemula yang bisa segera kamu praktikan. Masih banyak hal yang perlu digali dan diperhatikan untuk menjadi content creator. Kamu juga bisa menelusuri lebih banyak topik menarik seputar karir dan pengembangan diri hanya di Docheck.


Scroll to Top