Melihat YouTube untuk lebih produktif

Produktif dengan Menonton Video 5 YouTube Channel Ini


Di pandemi seperti sekarang, banyak aktivitas yang dilakukan secara jarak jauh. Salah satunya adalah bekerja. Kamu pernah bertanya-tanya gak sih, gimana cara agar produktif setiap hari meski saat bekerja jarak jauh? Apakah semakin menurun bila dibadingkan dengan bekerja di kantor?

Ternyata, sebuah survei yang dilakukan oleh salah satu kantor yang berpusat di California, mengungkapkan bahwa produktivitas karyawannya meningkat sebesar 47% selama new normal. Namun, hasil ini tentu tidak merepresentasikan semua orang. Mungkin, kamu adalah salah satu orang yang malah merasa tidak produktif ketika bekerja jarak jauh?

Apa yang dimaksud produktif? lalu bagaimana cara produktif di masa pandemi? untuk mengetahui lebih lanjut tentang produktif di masa pandemi, baca sampai bawah ya.

Pengertian Produktif

Produktif adalah ukuran kinerja yang menunjukkan seberapa efisien seseorang dalam mengubah input menjadi output atau hasil. Lebih mudahnya produktif adalah sebuah cara untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dengan sedikit waktu dan sedikit usaha. Ketika kamu bisa melakukan pekerjaan dengan produktif maka artinya kamu memiliki waktu lebih untuk mengerjakan hal yang lainnya.

Getting Things Done: The Art of Stress-Free Productivity, Daily Rituals: How Artists Work, atau The Power of Habit: Why We Do What We Do in Life and Business. Kamu pernah mendengar atau membaca buku-buku itu?

Buku-buku tadi membahas bagaimana cara meningkatkan produktivitas. Kamu bisa membacanya untuk mengetahuinya, kemudian menerapkannya di keseharian. Jika kamu konsisten dan benar menerapkannya, produktivitasmu tentu saja dapat meningkat.

Namun, membaca buku bukan satu-satunya cara untuk meningkatkan produktivitas. Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menonton YouTube! Loh, kok bisa?

Tips Produktif dengan Nonton Youtube

Bisa dong! Karena, di YouTube ada beberapa channel yang membahas produktivitas. Mungkin, dengan menonton video dari channel tersebut, kamu bisa belajar bagaimana cara untuk lebih produktif. Kira-kira apa saja, ya? Nih, kita kasih buat kamu!

Baca Juga: Productivity Shame: Merasa Bersalah karena Tidak Produktif

Thomas Frank

Thomas Frank merupakan pendiri dari College Info Geek, sebuah laman yang dibuat dengan tujuan untuk membantu pelajar dan profesional untuk belajar lebih efektif dan produktif. Ia sudah bergabung ke YouTube semenjak tahun 2006. Saat ini, angka subscriber-nya sudah mencapai 2,37 juta dengan total views lebih dari 151 juta.

Di kanalnya, kebanyakan ia membahas hal-hal yang berhubungan dengan belajar dan meningkatkan produktivitas. Dari mulai cara mengembangkan skill menulis hingga cara menghindari prokrastinasi atau menunda-nunda pekerjaan. Hingga saat ini, ia masih aktif di YouTube.

Lavendaire

Lavendaire adalah sebuah kanal yang dibawakan oleh Aileen, seorang content creator sekaligus entrepreneur. Terhitung sejak bergabung ke YouTube pada 2014 silam, jumlah subscriber Lavendaire sudah mencapai angka 1,6 juta.

Selain kerap membawakan konten tentang personal growth dan lifestyle design, perempuan yang menyebut dirinya sebagai “artist of life” ini juga sering membawakan konten mengenai mental health, personal branding, dan kreativitas di kanalnya. Aileen juga banyak membuat short video. Sangat cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan insight tentang produktivitas namun malas untuk menonton video panjang.

Aileen hingga sekarang masih aktif mengunggah video ke Lavendaire. Saat ini, ia sedang mengadakan “10 day new year challenge” di kanalnya. Kamu bisa ikutan challenge ini agar lebih produktif!

Baca Juga: Work From Home: Cara Agar Tetap Produktif Sekaligus Menyenangkan

Satu Persen – Indonesian Life School

Satu Persen sebenarnya adalah sebuah startup yang bergerak di bidang pendidikan. Mereka mengajarkan pengetahuan dan kemampuan penting dalam hidup yang tidak diajarkan di sekolah dan masyarakat. Satu Persen cukup aktif mengadakan webinar, mentoring, konseling, dan kelas daring.

Selain itu, Satu Persen juga cukup aktif mengunggah video ke kanal YouTube-nya. Di sana, kamu akan menemukan video seputar kemampuan dasar kehidupan, pemahaman diri, hubungan sosial, makna hidup, dan tentunya produktivitas dan karir. Salah satu video di kanalnya yang paling banyak menarik perhatian adalah “Mengatasi Sifat Malas (Metode Disiplin Orang Jepang)”. Gimana? Dari judul saja sudah kelihatan kan ‘aroma’ produktivitasnya?

Hujan Tanda Tanya

Video-video Hujan Tanda Tanya biasanya mengangkat pertanyaan-pertanyaan random yang terkadang membuat kita susah tidur di malam hari. Setiap pertanyaan tersebut, ketika dibahas, akan memunculkan pertanyaan lain yang membuat pikiran manusia selalu dihujani tanda tanya.

Pertanyaan-pertanyaan seperti, “Kenapa gen z banyak ngeluh?”, “Kenapa kerja keras belum tentu bikin sukses?”, hingga “Kenapa kita cemas saat melakukan sesuatu pertama kali?”, dijawab dalam video-videonya. Tak hanya sampai situ, Hujan Tanda Tanya juga kerap membahas tips dan trik untuk lebih produktif yang dihubungkan dengan tokoh-tokoh fiksi. Seperti misalnya, tips belajar ambis ala Hermione Granger hingga cara menghafal ala Sherlock Holmes. Cocok banget nih buat kamu yang suka cerita fiksi dan sedang mencoba untuk lebih produktif!

Baca Juga: To-do List Agar Produktif Ala Raditya Dika

Keke Genio

Keke adalah seorang entrepreneur, content creator, freelancer, serta business mentor. Melalui kanalnya, perempuan lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut, membagikan video-video mengenai self-development, pendidikan, dan karir. Sehubungan dengan latar belakang bisnisnya, ia juga kerap membagikan tips untuk menambah penghasilan serta mengatur keuangan.

Kamu bisa mencari referensi mengenai ide bisnis, bagaimana cara berjualan, hingga cara untuk lebih produktif dan kreatif. Tak jarang, Keke juga melakukan campus tour. Cocok banget sih buat kamu yang ingin menginjak bangku kuliah, lebih produktif, dan baru mulai berbisnis!

Itulah beberapa kanal YouTube dengan bahasan produktivitas. Kamu bisa mempraktikkan pada keseharian beberapa tips dan trik yang dibahas dalam video di kanal-kanal tersebut. Tapi, ada satu lagi nih yang bisa membuat kamu lebih produktif, yaitu DoCheck!

Dengan aplikasi DoCheck, kamu bisa menentukan goals sekaligus to-do list apa saja yang diperlukan untuk mencapainya. Dengan adanya to-do list seperti ini, dijamin deh kamu bisa makin produktif! Tunggu apalagi? Yuk, segera download aplikasi DoCheck di Google Play Store sekarang. Gratis!

Baca Juga: Game Bisa Buat Kita Produktif? Ini Dia Game-nya!

Sekian dari DoCheck mengenai rekomendasi kanal YouTube yang membahas produktivitas. Semoga, kamu bisa semakin produktif dengan menonton video-videonya. Selamat menonton!


Scroll to Top