self improvement

15 Self Improvement Quotes untuk Menaikkan Semangat


Ada banyak cara untuk meningkatkan kualitas dan mengembalikan semangat diri. Salah satunya adalah dengan membaca atau mengumpulkan quotes self improvement.

Kutipan self improvement bisa jadi inspirasi bagi yang membacanya agar lebih percaya diri akan dirinya sendiri. Kutipan ini bisa darimana saja mulai quote dari selebritas, film, buku motivasi hingga orang terdekatmu.

Berikut quotes self improvement dan artinya yang bisa DoCheckers jadikan referensi untuk mengembalikan rasa cinta dan kepercayaan diri:

Table of Content

Self Improvement Quotes yang Cocok untuk Menaikkan Semangat

Berikut ini adalah sederet quotes yang sangat cocok kamu baca untuk menaikkan semangat.

1. “No matter who you are, no matter what you did, no matter where you’ve come from, you can always change, become a better version of yourself.”― Madonna

Quotes for self-love pertama datang dari Madonna, yakni salah satu penyanyi mendunia di zamannya. Self love adalah mencintai diri sendiri apapun kekurangan dan kelebihan yang Kamu.

Seperti kata Madonna siapapun dirimu dan apapun yang telah kamu lakukan, kamu selalu dapat melakukan perubahan dan menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri.

Maksud Madonna adalah cara mencintai diri sendiri adalah menerima diri terlebih dulu. Siapapun bisa melakukan perubahan tak pandang latar belakang yang dimilikinya karena setiap orang mampu menjadi yang terbaik. Bukan terbaik dari versi orang lain melainkan dari sudut pandangmu sendiri.

Baca juga: 5 Cara Sederhana jadi Pribadi yang Lebih Baik, Apa Saja?

2. “Always dream and shoot higher than you know you can do. Do not bother just to be better than your contemporaries or predecessors. Try to be better than yourself.”William Faulkner

self improvement
Self improvement quotes (Foto via Pexels)

William Faulkner juga sependapat dengan Madonna, bahwa menjadi versi terbaik dari diri sendirilah yang harusnya DoCheckers lakukan. Hal ini ditunjukan lewat quotes tentang confidence di atas.

Menurut William Faulkner kamu perlu bermimpi tinggi karena siapa tahu akan meraih mimpi tersebut. Tidak perlu merasa rendah diri karena setiap orang memiliki potensi dalam dirinya masing-masing.

Bermimpi juga harus secara realistis dan terukur sehingga dapat kamu raih saat waktunya. Berlombalah menjadi seseorang yang lebih baik dari dirimu sebelumnya.

3. “Those who cannot change their minds cannot change anything.” ― George Bernard Shaw

Self improvement adalah meningkatkan kualitas diri sendiri. Ini artinya DoCheckers melihat kemampuan pada diri sendiri dan terus belajar untuk meningkatkan skill. Cara meningkatkan kualitas diri mulai dengan mengubah pola pikir negatif menjadi lebih positif.

Seperti kata George Bernard Shaw bahwa siapapun yang tidak mampu mengubah pola pikirnya maka tidak akan bisa mengubah apa pun. Jika kamu terpuruk dalam pikiran kegagalan yang terus membayangi maka tidak akan ada langkah maju di masa depan.

Tak perlu memikirkan hal-hal buruk secara terus menerus dan ubah sudut pandang agar bisa kembali semangat. Jadikan kegagalan sebagai guru terbaik sehingga menghindari kesalahan yang sama ke depannya.

4. “Every moment of one’s existence, one is growing into more or retreating into less.” ― Norman Mailer

Self improvement adalah satu cara untuk mengembalikan semangat dan tujuan hidup. Dalam meningkatkan kualitas diri tak selalu perlu pengakuan dari orang lain. Setiap momen dalam hidupmu adalah bukti eksistensi yang tak terbantahkan.

Setiap orang bisa mengalami kemunduran ataupun kemajuan dalam hidup. Menurut Norman Mailer semua hal tersebut perlu kamu sikapi dengan bijak. Terima kelemahanmu lalu perbaiki agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

5. “There is nothing noble in being superior to your fellow man; true nobility is being superior to your former self.” ― Ernest Hemingway

Menjadikan orang lain sebagai sosok inspirasi dan memotivasimu adalah langkah yang cukup efektif. Walaupun begitu selalu ingat bahwa sebenarnya sosok yang paling menginspirasi dan mulia adalah diri sendiri.

Seseorang yang mampu menjadi versi terbaik dari dirinya sebelumnya adalah bangsawan sejati. Sebab, setiap orang menjalani kondisi yang berbeda sehingga membentuk jati dirinya sekarang.

6. “You cannot dream yourself into a character; you must hammer and forge yourself one.” ― Henry David Thoreau

Banyak memiliki mimpi boleh-boleh saja namun ingat untuk melakukan eksekusi. Jangan hanya memimpikan kesuksesan tersebut namun buatlah itu terjadi. Tempa diri sendiri agar mampu mencapai tujuan tersebut.

Buat daftar cara yang bisa kamu lakukan untuk meraih tujuan. Mulailah dari cara yang paling mungkin dilakukan dalam waktu terdekat. Evaluasi diri agar mengetahui langkah mana yang kurang tepat dan efisien.

Kamu bisa menggunakan aplikasi yang membantumu mencapai tujuan hidup. Aplikasi tersebut adalah to do list app bernama DoCheck. Yup, kamu bisa merinci goals yang hendak kamu capai. Aplikasinya pun gratis dan bisa kamu download di Play Store atau App Store.

Baca juga: Cara Membuat To Do List Pakai Social To Do List App DoCheck

7. “Personal development is a major time-saver. The better you become, the less time it takes you to achieve your goals.” ― Brian Tracy

Menurut Brian Tracy, pengembangan secara personal adalah cara yang paling efektif untuk meraih tujuanmu. Semakin baik meningkatkan kualitas diri maka sama halnya memperpendek waktu dalam meraih tujuan tersebut.

Jika kamu malas tentu goals tersebut akan semakin jauh dari jalanmu. Seseorang yang mendekati mimpinya cenderung berjalan ke jalur yang searah. Misalnya saja bila ingin mahir dalam berbahasa Inggris ia akan mulai belajar mengikuti kursus atau melihat video edukasi seputar bahasa Inggris.

Latihan yang kamu lakukan setiap hari tidak akan mengkhianati usahamu. Lambat laun DoCheckers menjadi memahami bagaimana berbicara bahasa Inggris dengan baik dan benar atau sekedar memahami apa yang native speaker katakan.

8. “Once we accept our limits, we go beyond them.”― Albert Einstein

Setiap orang pasti memiliki kesulitan masing-masing dalam meraih tujuannya. Terima batasan tersebut dan coba untuk melampauinya sebab pasti setiap rintangan memiliki solusinya tersendiri.

Jangan menyerah hanya karena satu kesulitan saja sebab hidup selalu penuh rintangan. Setiap individu harus bisa melewati rintangan tersebut agar mampu menjadi pribadi yang lebih baik.

Terima batasanmu kemudian lampaui batasan tersebut begitulah cara Albert Einstein menjalani hidup. Pria yang diklaim sebagai manusia paling jenius ini tentu memiliki kekurangannya sendiri dan memiliki tujuan yang sulit untuk diraih.

Meskipun begitu Albert Einstein pantang menyerah. Ia terus menantang diri sendiri agar bisa melewati kesulitan tersebut.

9. “Most misunderstandings in the world could be avoided if people would simply take the time to ask, “What else could this mean?”― Shannon L. Alder

Tak jarang seseorang merasa kesulitan dalam meningkatkan kualitas diri karena adanya prasangka dan kurang apresiasi diri. Prasangka ini timbul dari kesalahpahaman yang kamu simpulkan dari perkataan orang lain.

Padahal kesalahpahaman tersebut bisa saja DoCheckers hindari dengan menanyakan maksud sebenarnya dari pembicara. Tidak perlu mengambil perkataan yang mampu membuatmu terpuruk.

Ajak diskusi orang terdekat serta terbuka atas kritik dan saran yang membangun. Dengan begitu kamu bisa memperbaiki kekurangan dalam diri dengan baik. Biasanya penilaian dari diri sendiri terkadang kurang objektif sehingga masukan dari orang lain dirasa perlu.

Baca juga: Apa Arti Self Reward, Contoh, dan Tips Self Reward Anti Boros

10. “When you see a good person, think of becoming like her/him. When you see someone not so good, reflect on your own weak points.”― Confucius

self improvement
Good person (Foto via Freepik)

Setiap orang pasti memiliki sisi baik dan buruknya masing-masing. Menurut Confucius jika seseorang tersebut adalah orang yang baik maka pikirkanlah menjadi seperti mereka.

Tapi jika DoCheckers melihat seseorang yang buruk sikapnya maka jadikan hal tersebut sebagai refleksi diri. Belajar juga keburukan diri sendiri dan bagaimana cara untuk menghilangkan keburukan tersebut.

Tidak ada makhluk yang sempurna sehingga jangan mudah mengolok-olok kekurangan orang lain. Intropeksi diri karena bisa saja kamu memiliki sisi buruk yang melebihi kekurangan orang tersebut.

Fokus pada diri sendiri dan mulailah langkah menghilangkan kebiasaan buruk. Dengan begitu kamu bisa lebih bermanfaat untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar.

11. “The only person you are destined to become is the person you decide to be.” ― Ralph Waldo Emerson

Ada kalanya untuk mendapatkan penyemangat jangka panjang DoCheckers memilih sosok inspiratif sebagai panutan. Pilih sosok yang tepat agar ke depannya bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Jika kamu memilih sosok yang memiliki tabiat buruk maka takdirmu bisa saja menjadikanmu seperti sosok tersebut. Itulah mengapa harus bijak dalam memilih panutan karena mempengaruhi pola pikir dan langkahmu ke depannya.

12. “Change equals self-improvement. Push yourself to places you haven’t been before.” ― Pat Summitt

Jangan takut akan perubahan, karena dengan melakukannya sama seperti meningkatkan kualitas diri. Dorong dirimu ke hal-hal baru yang belum pernah dicoba karena siapa tahu DoCheckers menemukan potensi dirimu yang sebenarnya.

Tak jarang kemampuan diri tertutupi karena kurang aktifnya DoCheckers menggali kemampuan diri sendiri. Takut akan keluar dari zona aman serta pikiran bahwa akan selalu gagal walaupun belum mencobanya.

13. “There is only one corner of the universe you can be certain of improving, and that’s your own self.”― Aldous Huxley

Ingat perkataan Aldous Huxley, bahwa dunia seluas ini pasti ada tempat untuk meningkatkan kualitas dirimu. Jika tak menemukannya mulailah dari tempatmu berdiri sekarang.

Tidak ada salahnya melakukan perubahan dari hal yang kecil. Misalnya membiasakan diri bangun pagi dan merapikan tempat tidur. Dari langkah sederhana ini kamu bisa melatih diri menjadi pribadi yang disiplin dan tertata.

14. “Let us cultivate our garden.”― Voltaire, Candide

Ayo mulailah menggali kemampuan dirimu sendiri. Tidak ada kata terlambat untuk melakukannya, berapapun usiamu. Kata terlambat hanya untuk mereka yang menyia-nyiakan waktu untuk bermimpi tanpa mencoba mengeksekusi.

Setiap orang walaupun memiliki privilege yang berbeda nyatanya memiliki kesempatan yang sama. Jadikan dirimu sebagai wadah untuk mampu menjadi lebih baik dalam segala hal yang ingin DoCheckers raih.

Sumber: YT Pure Devine Energy

15. “Be wiser than other people if you can; but do not tell them so.”― Dale Carnegie

Jadilah lebih bijaksana serta hindari sikap sombong karena sifat ini akan menjatuhkanmu suatu hari nanti. Tak jarang apa yang menjadi pencapaianmu hanya perlu DoCheckers ketahui sendiri.

Jangan bertumpu pada pencapaian orang lain, sebab kamu paham betul apa yang sudah diperjuangkan. Bila orang tersebut sukses meraih cita-citanya sementara kamu gagal maka berbahagialah untuknya.

Jangan iri dan dengki terhadap pencapaian orang lain sebab siapa tahu ke depannya ada kesempatan yang lebih besar untuk Kamu. Itulah sekiranya quotes dari orang ternama yang bisa jadikan motivasi diri.

Kamu bisa memasang quotes self improvement pada layar ponsel atau dinding kamar. Tujuannya agar selalu teringat dan bisa diimplementasikan dalam keseharian.


Terbaru

Kategori

Scroll to Top