manfaat sikap percaya diri yang perlu kamu tahu

Kurang Pede? Intip Dulu Manfaat Sikap Percaya Diri Ini!


Kamu pernah nggak sih merasa gak pernah cukup? Kamu selalu merasa minder akan kemampuan diri sendiri, padahal sebetulnya kamu punya potensi. Barangkali kamu nggak ngeh, namun sebetulnya kamu punya kelebihan yang orang lain belum tentu punya. Seringkali orang salah mengartikan kepercayaan diri. Pengertian sikap percaya diri dianggap sebagai kepedean. Namun tahu gak sih kalau kepedean dengan percaya diri merupakan dua hal yang sangat berbeda?

Agar kamu lebih tahu mengenai sikap yang satu ini, kali ini MinCheck akan sharing informasi mengenai sikap percaya diri. So, let’s check this out!

Pengertian Sikap Percaya Diri

Percaya diri adalah rasa percaya yang kamu tumbuhkan kepada dirimu sendiri. Selain itu, kepercayaan diri menjadi bentuk menerima atas diri sendiri. It’s about how you trust yourself and its potential. Melalui sikap ini, kamu jadi tahu kelebihan, kekurangan, serta lebih realistis dalam membuat goals dalam hidup.

Menurut Very Well Mind, sikap percaya diri merujuk pada perasaan percaya pada kemampuan diri dalam mengendalikan hidup atau bahkan kemampuan dalam mengendalikan situasi tertentu. Yup, percaya diri termasuk ke dalam salah satu soft skill yang wajib kamu miliki.

Baca juga: Yuk Simak Soft Skill yang Dibutuhkan di Dunia Kerja!

Manfaat Percaya Diri untuk Pengembangan Diri

Manfaat ini bisa kamu dapat kalau menerapkan sikap percaya diri.
Manfaat ini bisa kamu dapat kalau menerapkan sikap percaya diri. (Foto Moose Photos via Pexels)

Kamu pernah dengar kalimat seperti, bagaimana orang lain akan mempercayai dirimu kalau kamu sendiri nggak percaya diri? Tanpa kamu sadari, kepercayaan diri memiliki manfaat yang signifikan untuk kelangsungan hidupmu. Penasaran kira-kira apa saja manfaatnya? Simak ulasan MinCheck berikut ini.

1. Kamu Gak Gampang Terpengaruh

Kalau kamu percaya pada dirimu sendiri, kamu nggak bakal mudah terpengaruh oleh orang lain. Kamu jadi keukeuh pada pendirianmu. Pernah gak sih kamu dengar kata labil? Yup, salah satu alasan yang mendorong seseorang bersikap labil adalah kurangnya rasa kepercayaan diri.

Namun tentu saja kalau pendirian tersebut adalah hal yang baik. Melalui kepercayaan diri, kamu bisa memfilter hal-hal yang baik dan tidak untuk hidupmu. Kamu pun bisa menolak keinginan orang lain kalau nggak sejalan dengan prinsip hidupmu.

2. Tidak Mudah Down

MinCheck yakin setiap orang memiliki titik terendah dalam hidup. Namun, memiliki sikap percaya diri mampu membuatmu cepat bangkit menghadapi berbagai rintangan dalam hidup. Kamu pasti bisa melewati kegagalan, kehancuran, atau hal-hal yang berpotensi membuatmu down.

Kamu tahu kapasitas diri yang kamu punya, oleh karena itu MinCheck yakin kalau kamu percaya diri maka kamu akan berusaha semaksimal mungkin untuk bangkit. Sikap percaya diri dapat kamu jadikan sebagai habit agar kamu bisa terus berkembang.

3. Berpotensi Menjadi Pemimpin

Kamu tahu gak sih kalau salah satu modal utama menjadi seorang pemimpin adalah memiliki rasa percaya diri yang tinggi? Dilansir dari Studi Ilmu, untuk menjadi pemimpin yang percaya diri kamu perlu berdamai dengan keadaan dan berani mengambil keputusan.

Memang tidaklah mudah, namun kamu bisa belajar perlahan. Tidak ada sesuatu yang instan, lho!

Baca juga: Belajar Mengenai Self-esteem dari Spider-Man

4. Sikap Percaya Diri Mampu Meningkatkan Karier

Kalau kamu ingin kariermu berkembang dengan pesat, kamu perlu memiliki rasa percaya diri. Usut punya usut, kepercayaan diri yang kamu punya dapat meningkatkan motivasi kerja, lho! Kamu nggak mau kan kalau kariermu stuck di situ-situ saja alias diam di tempat?

Hal ini gak cuma berlaku untuk yang sudah menjadi karyawan lho. Kalau kamu seorang fresh graduate dan akan melakukan wawancara kerja, sikap percaya diri mampu membuatmu terihat menonjol di antara kandidat yang lain.

Baca juga: 6 Langkah Jitu untuk Persiapkan Kariermu

5. Menjadi Lebih Bahagia

Rasa percaya diri menumbuhkan pikiran yang positif dan bisa membuat kamu menjadi lebih bahagia. Kamu menjadi lebih enjoy menjalani hidup karena kamu tahu kelebihan dan kekuranganmu. Selain itu, kamu gak mudah iri dengan pencapaian orang lain karena kamu tahu kapasitasmu. Kamu menjadi tidak bahagia menjalani hidup akibat kurang percaya diri. Oleh karena itu, yuk coba cara meningkatkan rasa percaya diri!

Contoh Sikap Percaya Diri

Contoh sikap percaya diri yang bisa kamu terapkan.
Contoh sikap percaya diri yang bisa kamu terapkan. (Foto RODNAE Productions via Pexels)

Kalau kamu ingin memiliki kepercayaan diri, kamu bisa menerapkan berbagai contoh sikap sederhana seperti berikut ini.

Berani Menyampaikan Pendapat

Kalau kamu ingin membangun rasa percaya diri, kamu bisa mencoba dari hal-hal sederhana seperti berani menyampaikan pendapat dalam diskusi kelompok. Pasalnya, hal ini bisa kamu lakukan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan berlatih speaking. Mungkin awalnya akan terasa canggung, namun lama kelamaan kamu akan terbiasa.

Berani Bertanya

Pernahkah kamu malu-malu untuk bertanya padahal kamu nggak ngerti terhadap yang orang lain sampaikan? Kalau iya, stop yuk! Cobalah untuk memberanikan diri untuk bertanya untuk melatih sikap percaya diri.

Berusaha Tenang Menghadapi Kegagalan

Tidak semua orang mampu menghadapi yang namanya kegagalan. Padahal nyatanya, bersikap tenang menghadapi kegagalan merupakan salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya diri. Seperti yang MinCheck tekankan di atas, dengan kepercayaan diri kamu menjadi pribadi yang tidak takut gagal atau mudah down.

Berani Mengakui Kesalahan

Mengakui kesalahan juga bukanlah hal yang mudah. Namun untuk melatih sikap percaya diri, kamu bisa mengakui kesalahan apabila kamu telah berbuat salah. Kesalahan adalah hal yang wajar karena ada masanya manusia melakukan kesalahan, yang terpenting kamu mau belajar dari kesalahanmu dan tidak mengulanginya lagi.

Tidak Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Stop saying you are not good enough. You are more than enough. Seperti yang MinCheck sebutkan kalau setiap orang memiliki kelebihannya masing-masing. Maka dari itu, membandingkan dirimu sendiri dengan orang lain hanya akan memberi energi negatif pada dirimu sendiri. Jangan pernah membandingkan dirimu. It’s okay kalau kamu belum sukses, tapi kamu tetap berusaha dan tidak mudah menyerah.

Menerapkan berbagai sikap di atas tidaklah mudah, namun jangan pernah takut untuk mencoba, ya!

Tips Agar Percaya Diri

Mengatakan hal baik pada dirimu bisa membuatmu lebih percaya diri.
Mengatakan hal baik pada dirimu bisa membuatmu lebih percaya diri. (Foto Andrea Piacquadio via Pexels)

Terdapat banyak banget hal yang dapat kamu lakukan untuk melatih kepercayaan diri kamu. Kamu bisa mencoba untuk mengatakan hal-hal yang baik pada dirimu. Berusahalah untuk mengamini hal-hal baik tentang dirimu. Namun tentu saja secukupnya, kamu perlu tahu batasan. Alih-alih terlihat percaya diri, kamu bisa dianggap overproud. Selain itu, bertemanlah dengan orang-orang suportif yang mendukung kamu untuk terus berkembang. Let’s say goodbye to negative vibes!

Kamu juga bisa melakukan berbagai kegiatan yang menyenangkan hatimu. Sebagai contoh, aktif di kegiatan seperti volunteering atau kegiatan sosial, melakukan hobi yang kamu suka, menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan yang menambah insight baru bagi dirimu seperti webinar bareng DoCheck.

Setelah kamu mengetahui pengertian, manfaat, contoh dan tips agar memiliki sikap percaya diri, MinCheck berharap kamu memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan memberikan afirmasi positif pada dirimu sendiri. Ingat ya, sayang pada diri sendiri itu perlu. Percaya pada kemampuanmu sendiri merupakan tanda kalau kamu sayang pada dirimu.

Baca Juga: Suka Minder? Yuk, Coba Tips Praktis Tingkatkan Percaya Diri!

Nah kalau kamu ingin semakin percaya diri, caranya gampang banget! MinCheck punya rekomendasi aplikasi yang sangat berguna untuk pengembangan dirimu, lho! Aplikasi ini bernama DoCheck. Yup, aplikasi DoCheck merupakan first social to-do list di Indonesia yang membantu kamu mewujudkan mimpimu. Kamu bisa membuat goals dan tracking sejauh mana progres dari goals tersebut. Selain itu, DoCheck pun fitur reminder agar tasks-mu tidak terlewat. MinCheck jamin, kamu gak bakal rugi kalau pakai DoCheck.

Selain itu, kamu pun bisa mengcopy goals dari berbagai KOL terkenal yang super inspiratif, lho! Tunggu apalagi, yuk buruan download aplikasi DoCheck di Play Store dan App Store secara gratis! MinCheck tunggu ya goals keren dari kamu. Yuk produktif bareng DoCheck agar kamu satu langkah lebih dekat dengan mimpimu.


Scroll to Top